3 Cara Mendapatkan Domain Gratis Tanpa Biaya Sepeserpun

  • Whatsapp
cio 2Bcom
Daftar Penyedia Domain Gratis Terbaru 2019

Dendisam – Domain merupakan salah satu elemen penting yang ada pada suatu web atau blog. Nah, sebagian orang masih suka bertanya-tanya, fungsi domain itu apa sih? Pada dasarnya domain itu berfungsi sebagai pengenal dari alamat IP komputer server seperti web server dan mail server.

Domain itu sendiri bisa didapatkan dengan cara membeli di registrar atau web-web penyedia domain seperti niagahoster dan lainnya. Selain dengan cara membeli, kamu juga bisa mendapatkan domain gratis. Bagaimana caranya?

Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan domain gratis, yaitu:

  • Mendaftar di situs penyedia domain gratis
  • Mengikuti kuis berhadiah domain di sosial media
  • Mengikuti undian domain gratis di web penyedia hosting

Oke sekarang saya akan bahas 3 poin diatas satu-persatu.

# Penyedia Domain Gratis: Freenom

Penyedia Domain Gratis Terbaru 2019

Bagi kalangan para blogger, freenom tentunya sudah tidak asing lagi. Freenom itu sendiri merupakan penyedia domain gratis yang sampai saat ini masih bekerja. Domain gratis yang ditawarkan juga cukup unik, yaitu “cf .tk .ml .gq dan .ga”.

Sempat ada berita bahwa freenom sudah tidak menyediakan domain gratis lagi, tetapi faktanya sampai saat ini setelah saya coba lagi, ternyata situs freenom masih bekerja. Serius kah masih bisa? Iya, masih bisa. Hanya saja kamu harus menggunakan VPN amerika, karena untuk IP indonesia sepertinya sudah diblokir agar tidak bisa mendaftarkan domain lagi.

Baca Juga :  2 Cara Mengatasi RAM Penuh Supaya Hp Tidak Lemot

Tapi sebelum kamu memutuskan untuk menggunakan domain gratis dari freenom, kamu harus tau dulu mengenai dampak negatifnya.

Kekurangan Domain Dari Freenom

1. Tidak memberikan akses penuh

Walaupun domain yang diberikan bersifat gratis, tapi freenom sama sekali tidak pernah memberitahu bahwa setiap pengguna mendapatkan akses penuh terhadap domain yang di daftarkan. Artinya, pihak freenom dapat menghapus suatu domain secara sepihak dengan atau tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.

2. Sulit masuk ke page one google

Perlu kamu ketahui bahwa domain yang disediakan freenom merupakan jenis ccTLD yang merupakan inisial dari negara di afrika. Mengapa saya katakan sulit masuk page one? Karena tentunya google akan secara otomatis menargetkan negara pemilik domain tersebut.

Contohnya saja jika kamu menggunakan domain .ml maka google pasti akan menargetkan negara Mali. Hal ini tentunya sangat berdampak buruk bagi SEO dan pastinya blog dan artikel kamu akan sulit untuk berada di posisi page one google indonesia.

3. Sulit Diterima Adsense

Google adsense dari tahun ke tahun terus melakukan update terkait aturan dan kebijakan mereka. Saat ini, hanya blog-blog berkualitas yang akan diterima oleh adsense. Domain gratis dari freenom nampaknya sudah di nilai buruk oleh google, bahkan saya pribadi lebih memilih menggunakan subdomain blogspot dari pada domain dari freenom.

Baca Juga :  Pengertian Firewall ,Fungsi ,dan Cara Kerjanya bagi Komputer ?

4. Terindikasi Spam

Pernah dapat sms atau chat yang berisi penipuan berkedok undian berhadiah? Coba lihat domainnya, mayoritas kalau tidak blogspot.com pasti domain dari freenom. Nah, jika kamu masih mau menggunakan domain gratis dari freenom maka konsekuensinya adalah blog kamu terlihat tidak profesional bahkan dianggap jelek oleh pengunjung.

Freenom memang memberikan domain gratis dengan cara yang mudah, tetapi dibalik itu semua, ada banyak sekali kekurangannya. Sebenarnya masih banyak penyedia domain gratis lainnya selain freenom, tapi saya tidak akan menjelaskan satu-satu karena pada dasarnya dampak negatifnya juga sama saja.

Oke, jika barusan saya sudah menjelaskan tentang domain gratis dari freenom. Sekarang saya akan memberitahu kamu cara mendapatkan domain TLD yang pastinya aman karena domain ini didapatkan dari penyedia resmi dari indonesia.

Cara ini agak sulit bahkan dibilang untung-untungan jika kamu ingin mendapatkan domain secara gratis. Mau tanya gimana caranya? Let’s read…

# Mengikuti Kuis Berhadiah Domain

Saat ini banyak sekali kuis-kuis di sosial media yang memberikan domain sebagai hadiahnya. Contohnya saja rumahweb. Di akun facebooknya, rumahweb sering sekali mengadakan kuis berhadiah domain com ataupun id. Saya sendiri minggu lalu menjadi pemenang dan berhak mendapatkan domain gratis selama 1 tahun. Tidak percaya? Ini screenshootnya.

Penyedia Domain Gratis Terbaru 2019

Nah, jika kamu ingin mendapatkan domain gratis seperti ini, caranya cukup mudah. Cek beberapa akun sosial media dari penyedia layanan hosting seperti rumahweb, niagahoster, jagoanhosting dan lainnya. Setelah itu like fanspagenya agar kamu mendapatkan notifikasi jika ada kuis terbaru.

Baca Juga :  Update PUBG Mobile Versi 0.12.0 Fitur baru Evo Zone

# Web Bagi-bagi Domain Gratis

Penyedia Domain Gratis Terbaru 2019

Kalau diatas adalah kuis di sosial media, kali ini adalah domain gratis yang bisa kamu dapatkan langsung dari web resminya. Saat ini ada 2 penyedia layanan hosting yang memberikan domain gratis dengan cuma-cuma, yaitu niagahoster dan idwebhost.

Untuk cara mengikuti program bagi-bagi domain syaratnya cukup mudah. Kamu hanya perlu mengunjungi halaman domain gratis dari niagahoster atau idwebhost. Selanjutnya like fanspage dan share postingan, setelah itu silahkan isi data diri berupa nama, email, nomor hp dan juga nama email yang ingin kamu miliki.

Oh iya, domain yang akan diberikan niagahoster adalah web.id dan co.id, untuk pengumuman pemenang dapat kamu lihat setiap hari jumat di akun facebook dari niagahoster. Sedangkan idwebhost memberikan domain xyz dan .online, pengumuman pemenang setiap hari rabu di akun facebook idwebhost.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *