9 Cara Mempercepat Koneksi Internet Hingga 2x Lipat

9 Cara Mempercepat Koneksi Internet Hingga 2x Lipat

Penggunaan internet saat ini sudah menjadi kebutuhan pokok bagi sebagian orang. Tapi, tidak dapat dipungkiri bahwa setiap orang pasti menginginkan internet yang cepat. Semakin cepat koneksi internetnya maka semakin nyaman untuk digunakan.

Mayoritas pengguna internet pasti pernah mengalami suatu keadaan dimana koneksi internet yang digunakan sangat lambat. Hal ini tentunya sangat mengganggu, apalagi jika kamu sedang ada deadline pekerjaan atau sedang mendownload file berukuran besar, pasti kesal rasanya.

Terkait permasalahan internet yang lambat, kali ini saya akan berbagi pengalaman mengenai cara mempercepat koneksi internet hingga 2x lipat.

Faktor Penyebab Internet Lambat

  • Provider yang digunakan tidak mumpuni
  • Kondisi cuaca buruk
  • Terlalu banyak perangkat yang terkoneksi
  • Bandwidth terbagi akibat sedang download
  • Dan lain-lain
Diatas adalah beberapa faktor penyebab internet menjadi lambat.

Cara Mempercepat Koneksi Internet di HP Android

Oke, berikut adalah tips mempercepat koneksi internet yang lambat hingga 2x lipat. Mari simak penjelasannya dibawah ini.

1. Gunakan Provider Yang Bagus

9 Cara Mempercepat Koneksi Internet Hingga 2x Lipat

Provider memegang peranan penting bagi keandalan internet. Dengan memilih provider yang tepat maka kualitas dan kecepatan internet yang didapatkan juga akan membuat pengguna puas.

Berdasarkan data yang saya kutip dari situs dailysocial.id, saat ini telkomsel lebih unggul dalam sisi kecepatan upload dan performa browsing dari beberapa provider lainnya. Rata-rata kecepatan upload telkomsel yaitu 4,41 Mbps, sedangkan untuk rata-rata performa browsingnya yaitu 28,87%.

Dari sisi kecepatan download, smartfren unggul jauh dari pesaingnya yaitu dengan rata-rata kecepatan download 13,94 Mbps. Sedangkan untuk hal streaming, xl axiata unggul tipis dengan rata-rata performa streaming yaitu 65,16%.

Untuk data selengkapnya, kamu bisa baca disini.

2. Hindari Tethering ke Banyak Perangkat

9 Cara Mempercepat Koneksi Internet Hingga 2x Lipat
Picture by geek.com

Arti tethering yaitu membagi koneksi ke perangkat lain melalui hotspot atau wifi dengan tujuan agar bisa mengakses internet ataupun bertukar data. Jika kamu membagikan koneksi ke perangkat lain, pastinya bandwidth internet kamu akan dibagi sesuai dengan banyaknya perangkat yang terhubung.

Untuk memaksimalkan kecepatan internet, pastikan bahwa kamu hanya mengkoneksikan maksimal 1-2 perangkat saja agar koneksi internet kamu bisa stabil. Atau jika tidak diperlukan, jangan melakukan tethering.

3. Matikan Aplikasi Yang Menggunakan Internet

Banyak sekali aplikasi-aplikasi yang berjalan dibalik layar dan pastinya ada beberapa yang menggunakan internet. Nah, jika aplikasi tersebut dibiarkan saja maka akan menyebabkan koneksi internet akan terbagi-bagi sehingga menyebabkan koneksi internet menjadi lambat.

Untuk mengatasi hal ini, coba matikan paksa aplikasi tidak digunakan di menu pengaturan. Atau kamu juga bisa memanfaatkan mode ultra hemat yang biasanya sudah tersedia tanpa harus instal aplikasi lagi.

4. Jangan Gunakan Aplikasi Penghemat Kuota

Menggunakan aplikasi penghemat kuota sebenarnya tidak akan berpengaruh apa-apa, bahkan dampak buruknya adalah hp kamu akan jadi boros baterai karena aplikasi ini berjalan meski tidak digunakan.

Efek buruk lainnya adalah akan sering munculnya iklan dihalaman depan android kamu. Untuk menampilkan sebuah iklan pastinya membutuhkan koneksi internet. Bukannya hemat kuota, malah internet kamu akan semakin boros dan jadi semakin lambat karena bandwidth-nya tersedot aplikasi ini.

5. Jangan Gunakan VPN

Katanya kalau menggunakan VPN, internet akan menjadi cepat. Itu bohong kecuali jika kamu menggunakan yang versi berbayar. Jika kamu menggunakan VPN gratisan yang ada koneksi internet kamu akan semakin lambat karena jalurnya malah jadi muter-muter. Kenapa bisa begitu? Coba lihat gambar dibawah.

9 Cara Mempercepat Koneksi Internet Hingga 2x Lipat

Penjelasannya begini. Kamu menggunakan internet indonesia, kemudian kamu menggunakan VPN yang servernya di amerika. Nah, ketika kamu ingin mengakses web yang berasal dari indonesia ternyata kecepatannya menjadi lambat. Kenapa bisa begitu? Karena jalurnya akan muter-muter seperti yang ada pada gambar.

Tapi kenapa ketika menggunakan VPN amerika dan mengakses web luar kecepatannya masih lambat? Karena biasanya VPN gratisan akan membatasi bandwidth yang digunakan. Jadi saya pikir percuma saja menggunakan VPN jika kecepatannya dibatasi.

6. Gunakan Internet Ketika Tengah Malam

Sebenarnya cara ini tidak saya sarankan karena mau tidak mau kamu harus begadang. Tapi berdasarkan pengalaman saya sendiri, ketika menggunakan internet ketika jam 12 sampai jam 4 pagi, saya mendapatkan kecepatan internet yang sangat optimal.

Tapi dampak buruknya adalah waktu tidur kamu jadi terganggu dan pastinya kondisi tubuh kamu menjadi tidak fit keesokan harinya. Sekali lagi, cara ini tidak saya sarankan kecuali jika memang kamu merasa tidak masalah ya oke-oke saja.

Cara Mempercepat Koneksi Internet di PC

Jika diatas saya sudah menjelaskan tentang bagaimana mempercepat koneksi internet di android, kali ini saya akan memberikan tips versi komputer. Berikut penjelasannya…

1. Nonaktifkan Windows Update

Secara default, windows update akan otomatis dijalankan ketika ada pembaruan terkait sistem operasi yang kamu gunakan. Kegiatan ini pastinya menggunakan akses internet, dan ketika proses update sedang berlangsung maka koneksi internet kamu akan terbagi sehingga berpotensi menjadi lambat.

Untuk menonaktifkan windows update caranya cukup mudah. Berikut caranya…

  • Tekan tombol Windows+R atau klik icon windows lalu ketik run
  • Ketik services.msc lalu enter
  • Cari service yang bernama windows update, kemudian klik kanan dan pilih properties
  • Pada bagian startup type, ganti menjadi disable dan klik ok

2. Gunakan DNS Google

Jika kamu sering menggunakan internet untuk browsing maka saya sarankan untuk menggunakan dns dari google. Sebenarnya kebanyakan settingan default di komputer sudah menggunakan dns milik google, hanya saja jika menggunakan wifi di tempat-tempat tertentu biasanya settingannya sudah diubah sedemikian rupa.

Berikut adalah cara menggunakan dns google di komputer

  • Klik logo windows dan pilih control panel
  • Pilih network and internet, kemudan klik network anda sharing center
  • Selanjutnya klik change adapter setting
  • Klik kanan pada adapter yang kamu gunakan, kemudian pilih properties
  • Klik 2x pada TCP/IPv4
  • Pada bagian bawah, pilih use the following dns server address
  • Isi preferred dns server dengan 8.8.8.8 dan isi alternate dns server dengan 8.8.4.4 kemudian klik ok

3. Gunakan Software “Internet Download Manager” Untuk Kegiatan Download

9 Cara Mempercepat Koneksi Internet Hingga 2x Lipat

Jika kamu suka download file, mp3, film ataupun sebagainya. Saya sarankan untuk menggunakan software yang bernama internet download manager. Software ini sangat bermanfaat sekali karena kecepatan download kamu akan naik 2x lipat dibanding kecepatan aslinya.

Kesimpulan

Oke beberapa cara diatas sudah saya lakukan sendiri dan efeknya juga sangat optimal. Jika kamu sudah mengikuti saran saya diatas dan ternyata internet kamu masih lambat maka kamu bisa bertanya di kolom komentar yang telah saya sediakan. Terima kasih….

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Kuota habis !!
%d bloggers like this: