Istilah Adat Ngalor Ngetan bagi Masyarakat Jawa

Istilah adat Ngalor Ngetan bagi Masyarakat Jawa – Kalian pernah ngga sob dengar mitos atau fakta mengenai istilah adat jawa ngalor – ngetan di masyarakat Jawa tengah. Mungkin istilah ini dulu sangat kental sekali di bandingkan sekarang.

Jodoh Ngalor Ngetan yaitu ketika rumah calon suami atau istri kalian membentuk sudut siku. Namun lebih jelasnya ialah bentuk sudut tersebut menunjukan arah Ngalor Ngetan (Utara – Timur).

Sebenar nya gak semua orang percaya dengan istilah “Ngalor-Ngetan” apa lagi di jaman yg modern yang serba canggih. Seperti sekarang ini adat istidat dan aturan jaman2 dulu itu sudah lama gak di pakai. Sudah mulai di tinggal kan karna di gerus kemajuan jaman .

Tapi masih banyak juga sih yang percaya tapi gak sedikit juga yang cuek. Tidak mempercayai nya kalau orang bilang itu TAHAYUL , Masih banyak juga orang2 tua atau mbah’e2 jaman dulu yg masih percaya.

Baca Juga :  √Update Info Lowongan Pekerjaan 2021 [Loker] beserta Email Rekrutment

Bahkan menganut paham – paham seperti ini. Nama nya juga orang tua orang jaman dulu jadi masih kental banget adat dan peraturan jawa nya . Tapi kalau pendapat saya pribadi banyak adat jawa yg gak sesuai dan bertentangan sm ajaran agama .

Adat Jawa Ngalor Ngetan

Karena kalau kita berbicara tentang adat istiadat dan agama memang kedua hal yg bertentangan. Karena adat istiadat biasa nya bersifat kepercayaan berdasarkan warisan nenek moyang suku bangsa. Sedang agama adalah suatu kepercayaan yg mendatang kan kehidupan teratur yg berazas kan ketuhanan.

Tapi di sini saya gak mau ngebahas tentang perbedaan adat dan agama. Namun perlu di garis bawahi juga sebagai orang jawa sendiri. Kita perlu yg nama nya melestarikan kebudayaan dan adat istiadat jawa itu sendiri . Kalau bukan kita siapa lagi ??

Baca Juga :  Peluang Usaha Sampingan tanpa modal paling menguntungkan 2021

kadang kita terlalu cuek gak mau tau gak mau mengakui adat dan kebudayaan kita sendiri . Kalau udah di klaim sama bangsa lain baru deh koar2 sana sini .

Ya itu lah kelemahan bangsa kita kurang menjaga tapi giliran di ambil bangsa lain baru terasa .

Menurut saya istilah “NGALOR NGETAN” cuma suatu kepercayaan warisan nenek moyang leluhur kita jaman dulu. Untuk masalah benar atau tidak nya masalah yg timbul kalau kita sampai melanggar. Sebenar nya masih bias dalam artian cuma suatu kepercayaan yg di kait kait kan
dan belum bener2 terbukti kebenaran nya ( klise ) .

Seperti menanam kan sebuah sugesti atau kepercayaan dalam diri kita sendiri

Jika misal kita melanggar dan percaya efek buruk nya bakalan terjadi ya beneran akan terjadi

tapi jika kita tidak percaya dan menganggap semua akan baik2 saja tidak akan terjadi apa-apa .
ada banyak juga orang2 yang tetep kekeuh menikah “NGALOR-NGETAN tapi baik2 saja ya WAALLLAHUALAM sih .

Baca Juga :  7 Foto Yang Tidak Boleh Diupload Di Media Sosial

Karna sugesti atau kepercayaan yg kita tanam kan dalam diri memang kadang bisa beneran terjadi .

karna mitos kepercayaan masyarakat jawa ini sudah menjadi kepercayaan turun temurun dari generasi ke generasi .

Sehingga sampai sekarang masih banyak masyarakat setempat mempercayai istilah adat jawa Ngalor-ngetan ini. Sebagai sebuah pantangan untuk hubungan yang serius akan  melanjut kan kejenjang ikatan pernikahan .

Jadi sebenarnya istilah Ngalor-ngetan itu sendiri apa ??  Ngalor-ngetan adalah istilah yang sebenar nya di ambil dari bahasa jawa , kalau di artikan ke bahasa indonesia

Utara     berarti : Ngalor 
Timur    berarti :  Ngetan 
Ngalor-ngetan………


walau terlihat simpel makna nya tapi  banyak masyarakat percaya. Bahwasan nya ada banyak nilai-nilai historis serta misteri yang terkandung di dalam adat istiadat Ngalor Ngetan .

Sejarah Adat Ngalor Ngetan

adar jawa ngalor ngetan

Untuk sejarah dari istilah Ngalor-ngetan sendiri ,kalau tidak salah ,dari versi salah satu cerita yang pernah saya dengar

Baca Juga :  5 Jasa Catering di Cikarang Paling Murah

kata nya , berawal dari cerita Kesongo yang ada kaitan nya dengan Bleduk-Kuwu yang terletak di Desa Kuwu Kecamatan Kradenan Grobogan.

Tapi untuk sejarah pasti nya saya sendiri juga tidak begitu paham. Sempet nyari informasi yang beredar tentang asal muasal cerita Ngalor-ngetan ” ini di internet .

tapi juga tidak menemukan penjelasan pasti nya. karna kebanyakan artikel-artikel yang di tulis berkaitan Ngalor-ngetan.

Kisah Cinta Ngalor – Ngetan

sebatas menceritakan kisah-kisah cinta semata , tidak ada yang menceritakan detail sejarah dan asal muasal dari Ngalor-ngetan tersebut .

Mungkin kalau kita tanya sama orang tua kakek atau nenek kita. Mungkin mereka  tau. Cuma versi cerita nya tiap orang juga akan berbeda-beda.

Inti nya sih begini, kalau misal ada pria dan wanita  yang lagi di mabuk cinta. Serta mereka punya niat dan hajat baik pengen cepet nikah.

Baca Juga :  Kedai BearDua, Franchise Terbaik Karya Pemuda Ciwidey [2021]

Tapi arah jalan yang di lalui antara rumah salah satu pasangan tersebut mengarah ke arah timur dan utara (Ngalor- Ngetan). Menurut masyarakat setempat adalah sebuah pantangan .

yang berarti tidak boleh di langgar sekaligus bendera merah bagi hubungan mereka .

Rumah Lokasi 1 menuju rumah Lokasi 2 Ini sangat memenuhi syarat di sebut Ngalor-Ngetan. Karena rumah menuju Lokasi 1 ke Lokasi 2 arah yang harus di lalui jalan nya adalah ke utara menuju timur.

Jadi kalau misal tetep nekat mau melanjut kan hubungan tersebut dalam satu ikatan pernikahan. Menurut pepatah di percayai akan terjadi suatu hal yg tidak di ingin kan.

Entah itu menimpa diri nya sendiri, keluarga atau orang tua nya. Serta bahkan kata nya bisa berujung dengan kematian Seremm kan. Ya cerita Ngalor-Ngetan ini emang lebih serem dan  horor ketimbang cerita tali pocong atau si manis jembatan ancol ????????

Baca Juga :  Gokil Foto keluarga lucu dulu vs sekarang, ini hasilnya

Tapi sebenernya masih ada pengecualian atau syarat yang bisa di lakukan. Kalau memang pasangan tersebut masih kekeuh banget mau melanjut kan pernikahan.

asal kan salah satu di antara pasangan tersebut mau pindah rumah. Hayoooo…siapa mau pindah rumah demi cinta ?? Hehehe ????

saya sendiri sering menjumpai banyak orang yang mengalami ikatan cinta terlarang karna adat Ngalor-Ngetan ini

dan kebetulan saya sendiri juga pernah mengalami betapa pilu dan pedih nya hubugan tanpa restu orang tua tersebut ????????

Jadi cerita nya dulu mimin juga sempet punya pacar. Yang arah rumah mimin menuju ke rumah pacar dulu memenuhi syarat untuk di sebut Ngalor ngetan.

kami bertemu dalam satu perkenalan dan menjalin hubungan cinta yang normal . Layaknya anak muda yang menjalin hubungan percintaan di jaman sekarang.

Bagi kami kepedulian adat-istiadat begituan nomer sekian. Karena yang penting dalam sebuah hubungan percintaan toh saling suka sama suka,  urusan adat istiadat mah belakangan.

Baca Juga :  3+ Cara Mendapatkan Domain Gratis Tanpa Biaya Sepeserpun

nama nya juga anak muda yang lagi di mabuk cinta

 “jalanan yang berduri tetap di gagahi biar gunung yang tinggi pasti kan di daki ????????

Ayoooo  …. tebak ini lirik lagu nya siapa ?? 
Iya betul …pinter sekali ,ini lagu nya “Eye”……he.he.he.

tapi ndelalaaahh… Keluarga saya termasuk keluarga yang masih memegang teguh dan percaya banget tentang adat-istiadat jawa nya .

jadi hubungan kami dulu pada akhir nya tidak dapat restu dari keluarga. dan ending nya seperti lagu nya “ARMADA”

 “Mau di bawa ke mana hubungan kita la..la…la..la.. .

hik hik hik ……tolong ambilkan tisu sebentar , izin kan saya mengelap pipi saya yang basah kuyup karena air mata ????????????

Hmmm tidak tidak…. ini hanya cerita masalalu , tidak perlu di sesali. Tidak ada yang perlu di tangisi dan edegan mengelap air mata tadi hanya fiktif tidak benar-benar terjadi ????????

Baca Juga :  6 Cara Memulai Bisnis Makanan yang Jitu

Semua sudah berlalu dan saya juga tidak mau membuat anda ikut bersedih. Ketika anda membaca tulisan ini ???? karena apa pun yang terjadi saya selalu percaya .

“GOD’S PLAN IS ALWAYS MORE BEAUTIFULTHAN  OUR DESIRE “

 “Rencana tuhan selalu lebih indah dari keinginan kita  “

Yap” Rencana tuhan selalu lebih indah dari keinginan kita ” selama kita masih mau terus berusaha ….

jadi sebenarnya kami menulis ini , tidak bertujuan untuk melampiaskan rasa kecewa. Karena hubungan Mimin dengan pacar dulu , tidak di restui orang tua. Gara-gara Ngalor-ngetan , tidak tidak ..!!

tujuan saya nulis ini, cuma ingin menyampaikan pendapat pribadi saja tentang adat-istiadat ini .

Karena banyak juga ternyata orang-orang di luar sana yang mengalami kisah cinta memilukan karna adat-istidat Ngalor-ngetan ini. Jadi apakah kita harus percaya atau tidak.

Baca Juga :  8 Pengertian Bisnis Menurut Para Ahli 2021

Kesimpulan

Kalau pendapat saya pribadi , saya tidak percaya dengan adat istidat Ngalor-ngetan ini .

karena menurut saya “Ngalor Ngetan
hanya lah sebuah dongeng, sebuah kisah fiksi yang sebenar nya tidak benar-benar terjadi .

Namun sengaja di tuturkan sampai turun temurun. Sehingga terkadang dalam beberapa masyarakat, dongeng dan cerita Ngalor ngetan tersebut menjadi sebuah standart bagi kebenaran.

.
banyak masyarakat yang benar-benar mempercayai adat “Ngalor-ngetan apa ada nya dan menganggap itu sebagai kisah yang nyata .

Menurut saya “Ngalor-ngetan ” hanya lah sebuah dongeng layak nya dongeng Gunung Tangkubanprahu di jawa barat. Atau dongeng cerita  Timun emas yang sering di ceritakan guru-guru di sekolah.

Tapi karena pengetahuan masyakat yang kurang, Serta tidak adanya penjelasan lebih jauh mengenai sejarah pasti Ngalor-ngetan tersebut . Akhir nya masyarakat jadi percaya dan menganggap nya sebagai sebuah fakta yang nyata .

Bayangkan berpuluh-puluh tahun lama nya banyak masyrakat setempat percaya. Suatu hal yang sebenar nya sifat nya rancau dan tidak bisa di buktikan secara pasti .

Baca Juga :  6 Organ Pernapasan Hewan

yang justru kepercayaan itu kemudian menjerat dan menyusah kan diri nya sendiri dan anak cucu nya di kemudian hari .

“Jika tuhan saja mempertemukan kenapa adat istiadat dan budaya memisah kan ??ketulusan yang sudah tidak lagi berarti karena peraturan-peraturan yang di buat oleh manusia itu sendiri” 

Hingga akhir nya saya jadi ingat apa yang di kata kan Adolf Hitler  :

“suatu kebohongan sekalipun kalau di ucap kan terus-menerus akan menjadi suatu kebenaran

ini cuma pendapat pribadi saya , tapi kalau anda tetep percaya adat istiadat Ngalor ngetan  ya silah kan , monggo sah-sah saja 

Mungkin hanya itulah sedikit informasi yang dapat portaljawa berikan mengenai adat jawa ngalor ngetan. Terimakasih kepada larepurwodadi dan pengunjung hang sudah berkontribusi dalam pembuatan artikel ini.

Satu pemikiran pada “Istilah Adat Ngalor Ngetan bagi Masyarakat Jawa”

  1. Abang curhat yah wkwkwk, tapi gpp bang lucu kok wkwkwkwk????

    Balas

Tinggalkan komentar