Apa itu SEO dan manfaatnya bagi Blog ?

Apa itu seo


Apa itu SEO dan manfaatnya bagi Blog sobat – SEO merupakan singkatan dari Search Engine Optimation, SEO sering digunakan untuk mengoptimasi website dan blog. Penggunaan SEO sangat penting bagi blog karena membuat Blog nangkring di Page one. Ilmu SEO sering di terapkan untuk meraup visitor blog.

Search Engine Optimation sangat membantu blog anda bersaing di Hasil penelusuran Google. Beda dengan blog yang tidak menerapkan Ilmu SEO, Blog yang cuek soal SEO kurang sanggup untuk bermain di Google jika bersaing dengan blog yang menerapkan ilmu SEO.

Dalam menerapkan ilmu SEO ada langkah – langkah yang harus kalian ketahui. Banyak materinya yang sudah di publikasikan oleh pakar SEO Indonesia. Namun para pemula kurang mengerti apa isi Materi tersebut.

Disini saya akan memberikan materi SEO untuk kalian sobat blogger. Dan akan saya jelaskan. Secara detail dan mudah untuk kalian pahami. Sekali lagi karena SEO sangat penting dan wajib kalian pelajari sejak dini. Sebelum kalian nyesel tidak menerapkan Ilmu SEO di website sobat.

Pada materi Ilmu SEO yang akan saya berikan untuk kalian adalah :

1. SEO ON PAGE
2. SEO OFF PAGE

Pada materi awal akan saya jelaskan mengenai SEO ON Page

1. SEO ON Page

SEO ON Page merupakan salah satu optimasi yang dilakukan pada blog atau melakukan optimasi didalam blog sobat sendiri. SEO ON Page digunakan untuk memenuhi kriteria – kriteria halaman blog sobat agar SEO.

Teknik SEO ON Page bisa kalian terapkan dengan melakukan optimasi pada bagian bagian blog tertentu, mari kita simak penjekasanya dibawah ini

  • Judul Blog
  • Judul artikel
  • Deskripsi dan meta deskripsi 
  • Isi artikel yang disajikan
  • Link artikel
  • Image / gambar
A. Judul Blog 
Disini saya akan menjelaskan bagaimana cara optimasi SEO ON Page bagian Judul Blog. Menurut saya Judul blog yang mengandung Keyword akan lebih baik dibanding judul blog yang tidak mengandung kata kunci. Misalkan judul blog “Pakar-SEO” nah didalam judul blog terdapat 2 Keyword utama pakar dan SEO. 
Itu akan lebih baik dan dimata Google lebih mampu bersaing. Selain itu penggunaan Keyword pada judul blog akan lebih relevan dengan isi yang akan blog kalian bahas. Nah tapi jika kalian sudah menentukan judul blog pakar SEO pastinya kalian akan membahas mengenai SEO didalamnya. 
B. Judul Artikel
Langkah kedua dalam optimasi ON Page SEO ialah dengan membuat Judul artikel yang mengandung Keyword utama. Namun dalam penerapannya masih sering salah. Terkadang sobat blogger masih bingung akan optimasi dan manfaat Melakukan optimasi pada Judul artikel. 
Optimasi judul artikel bisa kalian lakukan dengan menyisipkan Keyword utama dalam judul artikel sobat. Contohnya 
“Jasa SEO paling murah di Jakarta” 
Dalam judul tersebut terdapat kurang lebih 4 kata utama dan satu kata sambung. Disini kita akan menargetkan Keyword Jasa SEO sebagai Keyword utama/Short tail keyword. Dan kalimat berikutnya merupakan Keyword panjang atau long tail keyword. 
Jadi kesimpulannya yang dapat kita ambil dalam penerapan SEO pada judul artikel ialah, menerapkan kata kunci utama pada awal judul. Namun jangan salah terkadang judul dengan Keyword di tengah atau di belakang juga bagus. Namun saya sering menerapkan kata kunci utama di awal judul artikel. 
C. Meta deskripsi 
Langkah ketiga dalam optimasi SEO ON Page ialah Meta deskripsi blog maupun meta deskripsi artikel. Nah untuk meta deskripsi blog biasanya kalian bisa mengatur ya di Draft Blogger bagi yang menggunakan platform Blogger. 
Untuk optimasi meta deskripsi bisa kalian lakukan dengan menyisipkan Keyword yang dituju dan tambahan penjelasan lainnya mengenai isi blog sobat yang akan kalian sajikan kepada pengunjung. 
Untuk meta deskripsi artikel bisa kalian lakukan cara ini. Dengan memasukkan Keyword yang dituju sesuai judul artikel dengan menambahkan kata kata menarik lainnya. Tujuannya ialah untuk membuat pengunjung lebih tertarik ke blog kita hanya dengan melihat meta deskripsi. 
Karena pada dasarnya penerapan meta deskripsi sangat memperngaruhi banyaknya visitor yang berkunjung ke blog kita. 
D. Isi artikel blog SEO
Langkah keemoat dalam penerapan SEO onpage ialah dengan melakukan optimasi pada isi artikel blog yang akan di sajikan. Dengan cara melakukan tanam keyword, Maksudnya tanam Keyword ialah menyisipkan beberapa Keyword utama dalam paragraf. Dan dalam isi artikel pastinya kalian sudah mempunyai Keyword utama yang akan disajikan. 
Untuk lebih optimal penerapan Keyword dalam artikel ditaruh di paragraf pertama dan kedua. Dan pada isi artikel sebaiknya di buat sebuah Heading blog. Jika kalian ingin isi artikel sobat lebih di sukai Google buatlah TOC, Apa itu TOC? TOC merupakan Table Of Content, atau daftar isi konten yang akan kalian sajikan. 
Dengan memberikan TOC pengunjung akan lebih mudah mencari informasi dengan cepat pada artikel sobat. 
E. Link artikel SEO
Pada langkah kelima ialah optimasi link artikel yang akan sobat blogger publikasikan. Dalam riset link artikel bisa kalian buat dengan hanya memberikan Keyword utama pada link artikel sobat. Misalnya sebagai berikut
Artikel sobat berjudul “Mengenal lebih dalam apa itu SEO” 
Nah untuk melakukan optimasi link sebaiknya sobat bikin link url postingan menjadi 
“Apa itu SEO” nah link url sobat akan diperpendek menjadi 3 angka dan itu lebih baik dibanding dengan memasukan semua kata pada judul blog menjadi link postingan sobat. 
Jadi hasilnya akan seperti ini contohnya
https://ilmukuseo.blogspot.com/apa-itu-seo.html
Kurang lebih akan seperti itu gan
F. Image 
Pada langkah terakhir untuk optimasi onpage SEO ialah dengan melakukan optimasi pada bagian Image atau gambar. Pada optimasi Image bisa kalian lakukan dengan membuat gambar yang menarik dan sesuai dengan isi blog sobat. Kemudian kalian atur Image dan tambahkan properti pada gambar. Silahkan isi properti Image dengan kata kunci yang kalian tujukan. 

2. SEO OFF Page 

SEO off Page merupaka.serangkaian optimasi yang dilakukan diluar blog anda. Optimasi ini dilakukan dengan melakukan beberapa optimasi diluar website. Faktor tersebut bisa membuat website sobat meningkat rangkingnya di search Engine. 
Biasanya SEO off Page sering berkaitan dengan backlink. Teknik ini sering digunakan untuk menaikkan peringkat website kalian. Backlink biasanya dilakukan dengan cara membangun backlink ke situs lain menuju situs kalian. 
Apa gunanya membangun backlink untuk blog? Gunanya ialah untuk menaikkan popularitas situs Web kalian di mesin pencarian. Ada beberapa backlink terbaik yang bisa kalian terapkan Sebagai metode optimasi off Page.

1. Jejaring sosial seperti Twitter, Facebook, Google+, Youtube, dan lain-lain
2. Web 2.0 properties 
3. Forum signature 
4. Social bookmark
5. Komentar blog orang lain dengan  meninggalkan komentar serta tautan.
6. Guest post ke situs lain dengan manyisipkan url di artikelnya

Namun dalam penerapan backlink jangan asal asalan. Karena dalam melakukan backlink terkadang Google sendiri membenci backlink yang sembarangan. Untuk lebih jelasnya silahkan kalian pelajari cara penerapan backlink yang benar dimata Search Engine. 
Nah mungkin itulah sedikit ulasan mengenai Apa Itu SEO. Semoga artikel ini bermanfaat untuk sobat blogger semuanya. Jika ada pertanyaan silahkan hubungi kami atau komtar dibawah ini. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Kuota habis !!
%d bloggers like this: