Apa itu Virus Komputer dan bagaimana cara menghilangkannya ?

Apakah kamu mengetahui apa itu virus komputer? Cara menggunakan komputer dan orang yang menggunakan komputer pasti sudah mendengar nama virus

portaljawa.com – Apakah kamu mengetahui apa itu virus komputer? Semua orang tahu cara menggunakan komputer dan orang yang menggunakan komputer pasti sudah mendengar nama virus.

Virus komputer, nama ini adalah sesuatu yang sangat akrab di dunia internet. Bersamaan dengan ini, ini juga merupakan nama yang sangat menakutkan karena sangat berbahaya untuk komputer Anda dan gadget elektronik lainnya. Artinya, jika memasuki sistem sekali, maka itu juga dapat merusaknya dan juga dapat menghancurkan data Anda.

Sama seperti Virus tidak baik untuk kesehatan kita dan mereka menyebarkan banyak penyakit di tubuh kita, dengan cara yang sama, Virus ini juga menyebabkan banyak kerusakan pada sistem komputer. Karena itu, baik bagi semua pengguna komputer untuk menyimpan informasi tentang mereka.

Banyak orang juga akan tahu sesuatu tentang Virus Komputer dan apa fungsinya dan apa fungsinya. Tetapi ada banyak orang yang mungkin pernah mendengar nama virus tetapi mereka tidak akan tahu apa yang dapat dilakukan virus di komputer Anda.

Jadi hari ini saya akan memberi tahu Anda dalam artikel ini tentang apa itu virus dan bagaimana cara membunuh virus itu. Semoga Anda akan mengenal banyak dengan membaca artikel ini.

Apa itu Virus Komputer


Virus Komputer adalah program perangkat lunak kecil yang dirancang untuk menghapus operasi komputer Anda dan data komputer atau mengaksesnya.


Virus komputer tanpa sepengetahuan kita dapat merusak sistem sedemikian rupa sehingga bukan hanya tentang kita untuk memperbaikinya. Komputer berjalan dari banyak program perangkat lunak, tanpa program apa pun, komputer tidak dapat bekerja.


Program perangkat lunak dibuat untuk membuat komputer berfungsi dengan baik dan beberapa program juga dibuat untuk merusak pekerjaan komputer.


Komputer diciptakan oleh manusia, manusia membuat programnya untuk menjalankan komputer, dan seperti yang saya katakan virus juga merupakan program kecil, ia juga dibuat manusia.

Virus komputer itu tidak alami, tidak dibuat dengan sendirinya, ia juga dibuat oleh programmer secara sadar sehingga mereka dapat merusak komputer lain.


Atau kita dapat juga mengatakan bahwa virus sebenarnya adalah program komputer yang merusak daripada produktif. Tujuan dasarnya adalah membawa kerusakan pada tempat memberikan bantuan.

Sejarah virus komputer


Robert Thomas, ia adalah insinyur pertama yang mengembangkan virus komputer saat bekerja di BBN Technologies pada tahun 1971.
Virus pertama ini bernama virus “Creeper”.

Itu adalah program percobaan yang telah dilakukan Thomas sendiri untuk menginfeksi mainframe ARPANET. Setelah menginfeksi sistem Virus, itu ditampilkan pada layar pesan berikut, “Menambah creeper: Tangkap saya jika Anda bisa.”


Virus komputer liar asli yang pertama kali dilacak adalah “Elk Cloner.” Dalam sejarah seluruh virus komputer, Elk Cloner ini sebelumnya telah menginfeksi sistem operasi Apple II melalui floppy disk. Richard Skrenta mengembangkan virus ini pada tahun 1982, yang saat itu masih remaja.

Misalkan virus komputer dirancang menurut prank, tetapi tampaknya jika program jahat dipasang di memori komputer maka ia dapat melakukan banyak hal seperti itu dengan menjalankan sistem kepada pengguna. Anda dapat berhenti lebih jauh dan mereka tidak akan memiliki kendali atas program jahat ini.


Orang pertama yang menamai Program Berbahaya ini sebagai “Virus Komputer” adalah Fred Cohen, yang menamainya pada tahun 1983. Nama ini muncul ketika ia menamai program-program ini dalam makalah akademis berjudul “Virus Komputer – Teori dan Eksperimen” di mana ia menulis informasi lengkap tentang program jahat ini seperti cara kerjanya, apa yang dapat dilakukannya, dll.

Baca juga : Pengertian Internet , Ethernet dan Extranet secara lengkap?

Apa yang bisa dilakukan oleh virus komputer


Virus komputer dapat merusak atau menghapus data di komputer. Anda dapat sepenuhnya menghilangkan data yang tersimpan di hard disk Anda. Virus komputer juga merusak komputer mereka dengan masuk ke komputer lain melalui lampiran email.


Virus memperlambat kecepatan komputer Anda. Itu menghancurkan file dan program Anda.

Apa itu malware


Nama lengkap Malware adalah perangkat lunak berbahaya. Ini juga merupakan program perangkat lunak yang memberikan akses ke komputer. Perangkat lunak berbahaya berarti perangkat lunak buruk yang tidak bagus sama sekali dan begitu masuk ke sistem Anda, itu dapat merusak sistem Anda.


Malware juga merupakan nama virus yang mulai menghapus data sistem Anda secara perlahan.


Di mana Malware masuk ke komputer kita? Malware dapat berasal dari banyak tempat di sistem kami dan sumber yang paling banyak digunakan yang merupakan sumber umum saat ini adalah internet.

Di Internet, kami mendapatkan beberapa informasi setiap hari. Jika kami mengunjungi situs jahat apa pun untuk mendapatkan informasi yang sama atau mengunduh perangkat lunak, permainan, dan film bajakan dari suatu tempat, maka malware online masuk ke komputer kami dari sana.

Ini tentang bagaimana malware online masuk ke komputer kita, sekarang kita akan tahu bagaimana malware offline masuk ke komputer kita.
Kita semua menggunakan Flashdisk, CD, DVD di komputer kita. Ketika kami menyambungkan Flashdisk dan CD dari tempat kami untuk mendapatkan data dari komputer kami, maka malware masuk ke komputer kami dari semua hal ini dan komputer kami menghancurkan data.

Jenis Malware


Malware terdiri dari tiga jenis – Virus, Worms, dan Trojan horse. Ketiganya berbeda, pekerjaan mereka juga berbeda. Ketiganya merusak komputer Anda dengan berbagai cara. Marilah kita tahu tentang ketiganya dan apa yang mereka lakukan.

Apa itu virus


Virus dapat merusak file dan perangkat lunak di komputer Anda. Misalkan ada dokumen kata dalam sistem Anda di mana virus telah datang, maka itu akan menghapus data dokumen Anda atau merusak dokumen yang darinya Anda tidak akan mendapatkan informasi apa pun darinya.
Atau bisa jadi virus ini benar-benar dapat merusak perangkat lunak pengolah kata Anda. Dalam situasi seperti itu, jika Anda menyalin atau berbagi file yang rusak, maka virus ini masuk ke komputer lain dan juga merusak sistemnya.

Jenis virus


Virus komputer adalah jenis malware yang jika dimasukkan ke dalam memori komputer, maka ia dapat berkembang biak secara otomatis dan juga dapat mengubah program, aplikasi.
Di sini komputer menginfeksi terjadi ketika kode berbahaya ini terus menggandakan diri. Di sini saya akan memberikan informasi kepada Anda tentang jenis-jenis virus komputer ini.

Virus sektor boot


Jenis virus ini menginfeksi rekaman master boot dan menghapusnya adalah tugas yang sangat sulit dan seringkali sistem harus diformat untuk menghapusnya. Ini terutama disebarkan oleh media yang dapat dipindahkan.

Virus aksi langsung


Mereka juga disebut virus non-residen, setelah diinstal, ia tetap tersembunyi di memori komputer. Itu tetap melekat pada jenis file tertentu yang menginfeksi. Mereka tidak menginfeksi pengalaman pengguna dan kinerja sistem.

Virus residen


Seperti virus aksi langsung, virus residen juga diinstal di komputer. Terlepas dari ini, mengidentifikasi mereka juga senyuman.

Virus multipartit


Jenis virus ini dapat mempengaruhi sistem dalam berbagai cara. Ini menginfeksi sektor boot dan file yang dapat dieksekusi secara bersamaan.

Virus Polimorfik


Mengidentifikasi jenis virus ini adalah hal yang sangat lucu untuk program anti-virus tradisional, karena virus ini sering mengubah pola tanda tangan mereka setiap kali mereka mereplikasi diri mereka sendiri.

Timpa virus


Jenis virus ini menghapus semua file yang terinfeksi. Untuk menghapus virus ini dari sistem, pengguna harus menghapus semua file yang terinfeksi, menyebabkan kehilangan data.


Merupakan hal yang sangat menyenangkan untuk mengenali virus-virus ini karena mereka menyebar melalui email.


Virus Spacefiller – Juga disebut “Virus Rongga”. Mereka telah diberi nama ini karena mengisi semua ruang dalam kode, sehingga tidak merusak file.

File infectors Virus Komputer


Beberapa virus infektor file dilampirkan ke file program, seperti file .com atau .exe. Beberapa virus file infector juga menginfeksi file dengan .sys, .ovl, .prg, dan .mnu.


Dengan cara yang sama, ketika program tertentu juga dimuat, virus juga akan dimuat secara otomatis. Virus ini masuk ke komputer pengguna dengan email.

Virus Komputer makro


Seperti yang disarankan dalam namanya, virus makro ini terutama menargetkan perintah bahasa makro hanya di beberapa aplikasi seperti Microsoft Word.


Virus makro ini telah dirancang sedemikian rupa sehingga dengan mudah menambahkan kode berbahaya ke urutan makro asli.

Timpa Virus


Virus ini telah dirancang sedemikian rupa sehingga dapat menimpa dirinya sendiri dan menghancurkan file atau data aplikasi apa pun. Itu mulai menimpa kode sendiri setelah memulai serangan.

Virus Komputer Polimorfik


Jenis virus ini lebih sering digunakan oleh penjahat cyber. Ini adalah jenis tipe malware yang dapat dengan mudah mengubah atau mengubah kode dasarnya dan tanpa mengubah fungsi atau fitur dasar.


Ini tidak membuatnya rentan terhadap yang anti-malware. Setiap kali anti-malware mendeteksi itu, ia memodifikasi sendiri, membuatnya sangat tersenyum untuk menangkapnya.


Virus ini menanamkan dirinya dalam memori komputer. Pada dasarnya, tidak diperlukan program virus asli untuk menginfeksi file atau program apa pun. Bahkan jika kita menghapus virus asli, versi itu disimpan dalam memori, yang dengan sendirinya mengaktifkan dirinya sendiri.


Ini terjadi ketika OS komputer memuat beberapa aplikasi atau fungsi. Karena tersembunyi di RAM sistem, seringkali tidak dapat mendeteksi antivirus atau antimalware apa pun.

Virus komputer Rootkit


Virus rootkit ini adalah jenis malware yang diam-diam memasang rootkit ilegal di sistem yang terinfeksi. Dengan ini, itu membuka pintu bagi para penyerang yang memberi mereka kendali penuh atas sistem.


Dengan ini, penyerang secara fundamental dapat memodifikasi atau menonaktifkan program atau fungsi. Virus rootkit ini dapat memotong perangkat lunak antivirus dengan sangat mudah. Pemindai rootkit diperlukan untuk mengambilnya.

Virus Komputer Boot-record Infectors


Infor boot-record ini menginfeksi kode yang dapat dieksekusi yang ditemukan di area sistem disk tertentu. Seperti namanya, mereka menginfeksi USB thumb drive dan sektor boot DOS lebih banyak.
Virus-virus boot ini tidak terlihat banyak akhir-akhir ini karena sistem saat ini tidak bergantung pada banyak media penyimpanan fisik.

Apa itu Cacing


Cacing juga seperti virus, tetapi mereka menggandakan diri dan mencoba menyebarkan diri mereka sebanyak mungkin. Ini berarti bahwa jika ada worm di sistem Anda, maka mereka mulai membuat banyak salinan file yang berbeda, yang menyebabkan sistem melambat.


Jika kita menyalin dan berbagi file yang sama dengan komputer lain, maka worm akan pergi ke sana dan memperlambat komputer itu dengan membuat banyak salinan file.

Apa itu Trojan Horse?


Trojan Horse adalah malware yang sangat berbahaya. Malware ini datang dengan menyembunyikan identitas Anda di komputer Anda.


Misalnya, jika Anda menggunakan internet dan Anda telah mengunjungi sebuah situs, ada tambahan seperti “klik di sini untuk memenangkan ponsel cerdas” dan jika Anda mengkliknya, maka malware trojan horse masuk ke komputer Anda hanya melaluinya.

Akan pergi dan Anda bahkan tidak akan tahu tentang hal itu dan sistem Anda akan benar-benar merusaknya.


Ini juga hadir di internet dalam bentuk banyak perangkat lunak, Anda akan berpikir bahwa itu adalah perangkat lunak asli, tetapi pada kenyataannya itu tetap trojan yang tersembunyi di dalam perangkat lunak itu dan begitu mereka datang di komputer Anda.

Maka itu akan berada di komputer Anda. Mulai melambat. Dengan itu, ia akan membuka pintu sehingga berbagai jenis virus dan cacing masuk ke komputer Anda.

Tanda-tanda Infeksi Virus komputer dalam Sistem


Cara mengetahui apakah sistem Anda terinfeksi Virus atau tidak. Itulah sebabnya saya akan memberi tahu Anda tentang beberapa tanda peringatan di sini.

Yang sangat penting untuk diketahui bagi semua pengguna komputer

  • 1.Kinerja sistem yang lebih rendah
  • Munculan yang sering muncul di layar pada program
  • File secara otomatis mengalikan / menggandakan
  • File dan program baru diinstal secara otomatis di komputer
  • File, folder atau program secara otomatis dihapus dan rusak
  • Suara aneh dari hard drive

Jika Anda menunjukkan peringatan seperti itu di sistem Anda, maka Anda harus tahu bahwa sistem Anda dapat terinfeksi oleh virus. Karena itu, segera unduh dan pindai perangkat lunak antivirus yang bagus.


Cara Melindungi Sistem Anda dari Virus dan Cacing


Di sini saya akan memberi Anda beberapa tips yang akan membuatnya lebih mudah bagi Anda untuk menghindari virus ini.
Apa yang harus dilakukan
 

  1. Selalu pasang antivirus yang baik di sistem Anda dan terus perbarui dari waktu ke waktu.
  2. Jika Anda tidak tahu tentang pengirimnya maka Anda tidak boleh membukanya.
  3. Jangan mengunduh apa pun dari Situs Web Tidak Resmi seperti MP3, Film, Perangkat Lunak, dll.
  4. Dapatkan semua hal yang diunduh dipindai dengan benar. Karena mereka lebih cenderung memiliki virus.
  5. Gunakan media yang dapat dilepas seperti Pendrive, hanya setelah memindai disk.
  6. Jika Anda mengunjungi situs web apa pun, maka Anda harus mengurus satu hal yang merupakan situs web populer dan terdaftar dan jangan mengklik tautan apa pun yang akan menyebabkan masalah Anda di kemudian hari.

Hal – hal yang tidak boleh di lakukan

1. Jangan pernah membuka lampiran email apa pun yang tidak Anda ketahui tentang pengirim itu.

2. Jangan mencoba membuka file yang dapat dieksekusi yang tidak diminta, dokumen, spreadsheet, tanpa pemindaian.

3. Jangan mengunduh dokumen atau perangkat lunak yang dapat dieksekusi dari situs web yang tidak terpercaya.

4. Iklan yang memberi Anda keserakahan, klik di sini dan menangkan lotere, jangan pernah mengklik pasangan tersebut. Kami juga mendapatkan keserakahan yang serupa di email kami, jadi jangan pernah membuka email itu karena ada lebih banyak peluang malware di dalamnya.

Kesimpulan :


Saya harap Anda menyukai artikel ini tentang virus komputer internet saya – Apa itu Komputer. Itu selalu menjadi usaha saya untuk memberikan informasi lengkap tentang jenis virus kepada pembaca sehingga tidak perlu mencari mereka dalam konteks artikel itu di situs atau internet lain.


Ini juga akan menghemat waktu mereka dan mereka juga akan mendapatkan semua informasi di satu tempat. Jika Anda memiliki keraguan tentang artikel ini atau Anda ingin ada perbaikan di dalamnya, maka untuk ini Anda dapat menuliskan komentar.


Jika Anda menyukai posting ini apa itu Virus Komputer atau harus mempelajari sesuatu, maka silakan bagikan posting ini di jejaring sosial seperti Facebook, Twitter, dan situs media sosial lainnya.

Default image
Admin
Saya Suka Menulis dan Membagikan Ilmu yang saya Miliki.

Leave a Reply