5 Bahaya Menggunakan WIFI Publik , Ini Resikonya

  • Whatsapp
bahaya menggunakan wifi publik

portaljawa.com – Wifi memang erat kaitannya dengan internet, saat ini banyak sekali tempat-tempat yang menyediakan wifi gratis seperti di kafe, stasiun ataupun tempat makan. Tapi taukah kamu bahwa bahaya menggunakan wifi publik? Perlu kami ingatkan bahwa jangan membuka atau mengakses apapun yang bersifat privasi menggunakan wifi publik, karena wifi yang disediakan dibeberapa tempat belum tentu aman dan bisa jadi wifi tersebut digunakan untuk pencurian data.

bahaya menggunakan wifi publik ,Pada kesempatan kali ini kami akan membahas tentang hal apa saja yang tidak boleh dilakukan ketika menggunakan wifi publik. Alasannya adalah keamanan. Karena kejahatan cyber saat ini sudah banyak dan jika kamu tidak hati-hati maka bisa saja kamu menjadi korban. Untuk lebih jelasnya mari simak penjelasannya dibawah ini.

WiFi publik, juga dikenal dengan nama “hotspot” umum, merupakan lokasi fisik tempat Anda bisa mendapatkan akses internet menggunakan teknologi WiFi melalui jaringan area lokal nirkabel (WLAN) menggunakan router. Wifi ini tersambungkan dengan suatu penyedia layanan internet. Meskipun ini kelihatannya ini bagus bagi siapa saja yang tidak ingin memboroskan data seluler mereka, WiFi publik sebenarnya adalah titik paling mudah bagi orang lain untuk melihat informasi Anda. Ketika Anda menyambung dengan jaringan Wi-Fi, Anda mengirimkan informasi pribadi Anda sendiri melalui situs web atau aplikasi ponsel, dan itu sangat mudah bagi para peretas untuk mencegat dan merusak informasi Anda. (Begitu mudahnya, bahkan yang berusia sebelas tahun pun dapat melakukannya).

5 Bahaya Menggunakan WIFI Publik 

Berikut ini merupakan dampak buruk ketika kalian sembarangan menggunakan wifi publik, Bahaya menggunakan wifi publik yang harus kalian ketahui , Sebagai berikut ;

Jangan Menggunakan Layanan Internet-Banking

Jangan Melakukan Hal Ini Ketika Menggunakan Wifi Publik, Bahaya

Layanan i-banking adalah layanan yang bersifat privasi yang disediakan pihak bank kepada para nasabahnya, menggunakan i-banking tentu saja pasti akan memasukan username dan password. Hal ini tidak boleh dilakukan ketika menggunakan wifi publik karena data-data dan riwayat pada smartphone kamu bisa terekam oleh wifi tersebut.

Baca Juga :

Belanja Online

Belanja online adalah hal yang biasa dilakukan oleh banyak orang karena lebih mudah, tetapi jangan sekali-kali berbelanja online menggunakan wifi publik apalagi jika kamu menggunakan kartu kredit, bisa-bisa kartu kredit kamu dibobol sama orang.

Jangan meremehkan hal kecil berikut ini juka tidak mau terjadi hal – hal yang tidak diinginkan. Alangkah baiknya kalian berbelanja online melihat reputasi atau carilah marketplace yang aman dan terpercaya.

Baca Juga :  Cara Membuat Database dengan XAMPP untuk Pemula Lengkap

Login Sosmed

Login Sosmed

Saat ini banyak sekali kasus dimana akun sosial media seseorang dibobol dan digunakan untuk melakukan penipuan, ini bisa terjadi ketika kamu melakukan login ke sosial media menggunakan wifi publik. Seperti yang saya bilang diatas, bahwa data-data yang kamu ketik bisa saja direkam oleh wifi yang kamu gunakan, jadi hati-hati dalam menggunakan wifi.

Login Ke Akun Jasa Pembayaran

Saat ini sistem pembayaran sudah banyak beralih ke online, beberapa jasa pembayaran seperti paypal, payooner dan uang digital seperti bitcoin sering digunakan sebagai alternatif pengiriman uang. Jika kamu juga menggunakan jasa pembayaran online sebaiknya jangan gunakan wifi publik karena sangat berbahaya.

Mengakses Data-data Kantor

Data-data kantor adalah rahasia yang seharusnya hanya dibuka dikantor ataupun dirumah, jika kamu mengakses data-data kantor menggunakan wifi publik bisa saja data-data tersebut dicuri dan dimanfaatkan untuk tindak kejahatan.

Kesimpulannya adalah sebaiknya gunakanlah data internet pribadi ketika ingin mengakses hal-hal yang bersifat privasi diluar rumah, lebih baik privasi kita aman daripada wifi gratis yang harganya ga seberapa. Jika ingin menggunakan wifi, gunakanlah wifi kantor atau wifi.id karena jika terjadi apa-apa tentu saja ada pihak yang bertanggung jawab.

Mau mengubah file Word ke PDF? Baca Cara Merubah File Word ke PDF Online Tanpa Software

Kesimpulan :

Kalian boleh saja menggunakan atau menikmati adanya WIFI Publik , Namun kalian harus tetap mewasapadai. Berhati – hatilah ketika menggunakan Smartphone dengan akses internet WIFI Publik.

Baca Juga :  Inilah Sistem Operasi Pengganti Android buatan Google

Sekian artikel ini kami buat, jika kamu merasa artikel ini bermanfaat mohon bagikan kepada orang lain yang membutuhkan, dan jika kamu merasa artikel ini tidak bermanfaat yasudah tidak usah dibaca. Terima kasih.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *