Berbagai Tips Belajar Investasi dengan Platform P2P Lending

Berbagai Tips Belajar Investasi dengan Platform P2P Lending – Kini platform untuk melakukan investasi sudah mulai beragam, ada yang menggunakan emas, saham, forex, bahkan mata uang crypto. Apabila Anda ingin melakukan investasi dengan gaya baru, maka Anda bisa menggunakan peer to peer lending.

Berbeda dengan gaya investasi pada umumnya, gaya investasi dengan menggunakan P2P Lending masih belum banyak dipakai dan diketahui oleh masyarakat. Padahal model investasi ini cukup menguntungkan, tidak hanya untuk investor namun juga kreditur yang melakukan peminjaman. Dengan hadirnya banyak platform yang memberikan pilihan untuk melakukan peer to peer lending, Anda bisa memilih mana yang sekiranya tepat dengan gaya investasi.

Sebagaimana platform atau media untuk melakukan investasi, Anda harus memilih dengan seksama platform yang hendak digunakan. Jangan sampai investasi yang dilakukan malah akan merugikan Anda ke depannya karena tidak memberikan keuntungan sesuai dengan inflasi yang terjadi setiap tahun.

Tips Memulai Belajar Investasi Lewat P2P Lending

Pilihan untuk menggunakan platform peer to peer lending sebagai media untuk melakukan investasi, dianggap lebih menguntungkan karena ia bisa membuat usaha kecil mengembangkan bisnisnya. Sebagai investror, Anda bisa mengembangkan dana lebih yang dimasukkan ke peer to peer lending untuk berbagai bisnis dan usaha yang bermanfaat dan menjadi media pengembangan dana dalam bentuk usaha secara praktis.

Ketika Anda hendak belajar investasi atau langsung melakukan investasi dengan platform tersebut, mengikuti tips berikut ini akan membuat Anda bisa meminimalisir adanya kerugian. Sebab ia akan membantu Anda memilih platform yang tepat dan bagaimana teknis memilih usaha yang menjanjikan di masa yang akan datang.

Pilih Lembaga P2P yang Terdaftar OJK

Selalu pilih lembaga keuangan yang telah resmi terdaftar sebagai anggota OJK, atau beraktifitas dengan diawasi oleh lembaga tersebut. Bagi yang belum mengetahui, OJK merupakan orotitas jasa keuangan resmi milik Negara, sehingga mereka hanya mendaftar lembaga yang sudah legal dan memenuhi syarat untuk melakukan usaha keuangan.

Apabila lembaga P2P atau fintech tidak terdaftar dalam lembaga OJK, maka ia merupakan lembaga yang tidak resmi dan rentan melakukan kecurangan. Selain kecurangan, lembaga tersebut juga tidak resmi karena semua aktifitas keuangan yang dilakukan belum legal.

Anda yang memang ingin melakukan investasi melalui media peer to peer landing, sebaiknya ketahui dengan benar apakah lembaga tersebut sudah terdaftar OJK atau belum. Untuk melihat daftarnya, Anda bisa mengakses di website resmi milik OJK dan melihat lembaga P2P Lending yang sudah resmi dan legal untuk melakukan aktifitas keuangan.

Memiliki Informasi yang Lengkap dan Bisa Diakses

Karena tidak banyak orang yang mengetahui mengenai platform peer to peer lending, ada baiknya platform yang Anda pilih merupakan platform yang aktif. Dimana mereka memiliki situs resmi atau akun media sosial sebagai media untuk memberikan edukasi kepada masyarakat mengenai investasi yang mereka kembangkan.

Agar para calon pemberi dana mengetahui secara pasti mengenai produk investasi yang mereka miliki, ada baiknya platform P2P selalu aktif memberikan informasi mengenai teknis melakukan investasi, tips, hingga perkembangan dunia investasi terkini. Selain menambah pengetahuan pemberi dana, msyarakat awam juga semakin tertarik untuk melakukan investasi disana.

Pilih yang Terpercaya dan Berkualitas


Anda yang memiliki dana lebih memang dianjurkan untuk belajar investasi di platform peer to peer lending. Sebab disana berbagai bisnis dan usaha milik UMKM terpercaya membutuhkan modal, dan sebagai pemilik dana Anda bisa berperan untuk mengembangkan usaha mereka dengan resiko yang rendah.

Keuntungan menggunakan platform peer to peer lainnya adalah ia cocok untuk calon investor yang tidak memiliki waktu untuk melakukan analisis terhadap produk investasi yang mereka miliki. Sehingga ia memberikan pilihan yang praktis, mudah, namun menguntungkan karena resiko kerugian yang lebih kecil.

Sebelum memberikan pinjaman kepada pemilik UMKM atau usaha, pihak peer to peer biasanya akan melakukan dua tahap sebagai media uji kelayakan usaha. Uji kelayakan pertama mengenai peminjam yang hendak melakukan kredit, sedangkan uji kelayakan kedua mengenai kesanggupan pihak peminjam untuk melakukan pengembalian dana.


Aspek Penting Ketika Sedang Belajar Investasi di P2P Lending

Ketika hendak memulai investasi, ada baiknya Anda mengetahuhi berbagai aspek penting dalam melakukan investasi, apapun bentuk yang digunakan. Misalnya, bahwa investasi tetap memiliki resiko namun dalam spectrum yang berbeda.

Untuk P2P Lending resikonya memang kecil, namun ia tetap memiliki resiko sehingga sebelum melakukan investasi sebaiknya dipilih dengan benar bisnis atau usaha yang hendak dinanai. Jangan sampai Anda memilih investasi tanpa mengetahui resiko yang akan dihadapi nantinya. Berikut ini adalah aspek penting yang perlu Anda ketahui sebelum melakukan investasi dana di platform P2P, diantaranya:


Pahami Dasar Ketika Hendak Melakukan Investasi

Pahami dengan benar jenis investasi yang Anda miliki, apakah investasi tersebut sesuai dengan gaya investasi Anda atau tidak. Dengan memahami dasar investasi, Anda bisa mendapatkan hasil yang lebih optimal, dengan resiko loss yang lebih rendah.

Tetapkan Tujuan Investasi


Investasi memang dilakukan untuk menjadi pemasukan dana secara pasif dalam pendapatan Anda, namun sebaiknya tujuan Anda tidak hanya itu. Jangka waktu melakukan investasi juga menjadi aspek yang penting, sebab beberapa orang cenderung melakukan investasi jangka pendek antara 2-3 tahun.

Tujuan investasi lain, misalnya untuk tabungan dalam melakukan pembelian rumah, property, atau hendak melakukan investasi ke media yang lebih besar. Sebagai pemula, Anda disarankan untuk melakukan investasi jangka pendek agar dana yang dimiliki bisa diputar dengan baik.

Lakukan Diversifikasi


Ketika hendak melakukan investasi atau belajar investasi pada usaha atau produk apapun, selalu ingat untuk melakukan diversifikasi. Ia akan membantu Anda untuk menekan kerugian dan memaksimalkan keuntungan yang didapatkan dari instrument investasi yang digunakan.

Mulai dari Nominal yang Kecil


Walaupun Anda memiliki banyak dana untuk digunakan sebagai media investasi, ada baiknya tetap memulai investasi dengan dana yang kecil. Ini akan membantu Anda memahami bagaimana jalannya investasi, mempertimbangkan kerugian dan keuntungan, serta menilai apakah jenis investasi yang dilakukan sesuai dengan gaya Anda.

Dengan nominal yang kecil, Anda bisa mengoptimalkannya di masa yang akan datang ketika mengetahui bahwa model investasi tersebut memang menguntungkan dan bisa dipertahankan. Melakukan investasi secara perlahan juga memberikan manfaat, sebab nilai asset yang Anda miliki bisa berkembang secara pasti untuk memberikan keuntungan ke depannya.

Itulah beberapa informasi penting yang harus Anda ketahui sebelum melakukan investasi di platform P2P Lending. Jangan lupa, melakukan investasi sejak dini akan membantu Anda untuk merdeka finansial dan terbebas dari inflasi yang terjadi setiap tahunnya. Tidak ada batasan ketika hendak melakukan investasi, memulainya sejak dini akan memberikan lebih banyak kemudahan untuk Anda

Originally posted 2021-03-17 11:06:49.