√ 4 Cara Cek Resi JNE dengan Mudah dan Praktis

  • Whatsapp
cara cek resi jne
cara cek resi jne

Cara Cek Resi JNE – Dunia perdagangan yang kian berkembang pesat, mengakibatkan terjadi banyak inovasi di berbagai lini, termasuk dalam hal distribusi barang. Selain itu, dengan adanya online shop, membuat orang-orang tidak lagi repot bila harus mengirim atau menerima barang tanpa terikat jarak dan waktu.

Sehingga muncullah banyak jasa pengiriman barang. Termasuk JNE. Orang-orang yang telah terbiasa dengan transaksi jual beli barang, pasti tidak asing lagi dengan resi. Sebelum membahas lebih lanjut mengenai cara cek resi Jne dengan praktis (Jalur Nugraha Ekakurir), alangkah lebih baik jika Anda mengetahui terlebih dahulu tentang definisi resi itu sendiri.

Apa itu resi?


Di dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, resi berarti tanda penerimaan secara tertulis. Sementara itu, nomor resi merupakan bukti pengiriman barang baik dari jasa logistik maupun ekspedisi yang terdiri dari 12-13 karakter huruf atau gabungan huruf juga angka. Umumnya, resi berbentuk lembaran yang memuat nomor seri tertentu. Di nomor tersebut pula tercantum beberapa informasi penting seperti nama, alamat, tujuan dan alamat pengirim, tanggal pengiriman, isi paket, jenis ataupun ongkos kirim. Resi terletak di bawah barcode.

Baca Juga :  √ Cek Resi J&T Cepat dan Akurat 2020

Apa saja fungsi resi?


Resi berfungsi sebagai bukti bahwa paket pesanan Anda telah benar-benar dikirim oleh toko online tempat Anda memesan. Selain itu, resi juga berfungsi sebagai tanda bahwa paket Anda telah dikirim, untuk melakukan pelacakkan barang.

Serta untuk mengetahui kondisi barang, meningkatkan kepercayaan pelanggan, serta mengambil barang ekspedisi.


Akan tetapi, Anda sebaiknya tidak langsung percaya ketika telah mendapatkan resi. Sebab, kejahatan pemalsuan kian merajalela, oleh karenanya Anda lebih baik memeriksa kembali nomor resi tersebut.

Resi bisa dicek dengan beberapa metode, seperti cara cek resi jne berikut yang menggunakan 4 metode pengecakannya.

Cara Cek Resi JNE (Jalur Nugraha Ekakurir)

cara cek resi jne
Cara cek resi JNE

1. Memeriksa resi di cekresi.com

Untuk mengecek nomor resi JNE baik itu OK, YES maupun Reguler, ada beberapa cara gampang yang patut Anda coba. Seperti di bawah ini :
Web satu ini memang sudah terkenal karena melayani pengecekan resi untuk berbagai jenis ekspedisi, termasuk JNE. Di bawah ini tahapan yang harus Anda lalui untuk memanfaatkan situsnya :
a. Masuklah ke website cekresi.com.
b. Silakan ketik nomor resi JNE paket milik Anda pada kolom yang telah disediakan.
c. Selanjutnya, klik CEK RESI untuk melakukan pengecekan. Untuk melihat riwayat cek resi yang pernah dilakukan, Anda tinggal klik tanda panah ke bawah di samping kiri CEK RESI.
d. Tunggulah sampai hasil pengecekan ditampilkan. Silakan scroll ke bawah setelah tulisan pencarian/searching.

Baca Juga :  √ Cek Resi J&T Cepat dan Akurat 2020

Akan tetapi, bagi Anda yang kerap mengalami kendala sinyal untuk browsing, alangkah baiknya jika Anda men-download aplikasi aplikasi cek resi yang ada di Google Play Store.

Sebaiknya Anda memilih dengan cermat terkait aplikasi tersebut, pilihlah aplikasi yang menggunakan icon resmi dan periksa review-review ataupun rating sebelum mengunduh.


Setelah pengunduhan berhasil, Anda tinggal memasukan nomor resi paket, lalu klik OK. Meskipun tahapan cek resi JNE via hp dan website tergolong mirip, akan tetapi via ponsel tentu lebih simpel dan cepat.

2. Melalui Facebook JNE


Akun FB JNE berguna untuk Anda yang ingin mengecek paket karena lebih akurat dan dapat berkomunikasi langsung dengan staf. Caranya mudah sekali. Simak langkah-langkahnya :
a. Masuk ke akun FB Anda.
b. Searching halaman (fanpage) resmi JNE.
c. Kirim pesan tentang paket yang ingin Anda ketahui.
d. Tunggu tanggapan dari staf yang akan memberi jawaban terkait data paket Anda.
Umumnya, memang harus mengirim resi terlebih dahulu, akan tetapi Anda dapat mencoba mengirim pesan berupa alamat, nama penerima, nama pengirim dan ciri-ciri paket.

Baca Juga :  √ Cek Resi J&T Cepat dan Akurat 2020

3. Melalui aplikasi MyJNE


Karena kebutuhan konsumen yang semakin banyak, JNE meluncurkan aplikasi guna mempermudah pelanggan melakukan pemeriksaan status pengiriman barangnya. Sehingga Anda tidak perlu repot membuka browser untuk mengeceknya. Anda cukup mengunduh aplikasi MyJNE di ponsel Anda.


Aplikasi MyJNE memiliki beberapa fitur menarik antara lain, My Shipment, My Tariff, My Location, My COD. Untuk menggunakannya, Anda harus mendaftar terlebih dahulu menggunakan email.

4. Pergi ke Kantor JNE


Apabila Anda tidak bisa menggunakan situs karena terkendala sinyal dan lain sebagainya, Anda dapat pergi langsung ke kantor JNE terdekat di daerah Anda tinggal. Atau manfaatkan call center JNE untuk mendapat informasi ataupun komplain di (021) 29278888. Pelayanan ini dihargai pulsa sebesar Rp. 1.500 per menit.

Itulah empat cara cek resi JNE dengan mudah dan Praktis. Namun, apakah bisa melacak resi hanya menggunakan nama? Jawabannya adalah tidak bisa. Ini dikarenakan nama bukan sesuatu yang unik. Berbeda dengan nomor atau kombinasi pada resi yang berbeda di tiap paket. Adapun perbedaan tersebut dimaksudkan untuk mengurangi atau mencegah terjadinya penipuan. Semoga tulisan di atas dapat bermanfaat!

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *