Cara Cek Saldo E-Toll di Hp

  • Whatsapp
cara cek saldo e-toll di hp
cara cek saldo e-toll di hp

Begini Cara Cek Saldo E-Toll di Hp – Memilih menggunakan jalan tol adalah pilihan yang banyak dilakukan orang saat ini. Sehingga perjalanan bisa dilakukan dalam waktu yang lebih singkat dan tentu saja akan lebih menghemat bahan bakar. Hanya saja, Anda harus menyisihkan sejumlah uang agar bisa mengakses jalan tanpa hambatan ini.

Kebiasaan lama pengguna jalan tol adalah dengan menggunakan pembayaran secara tunai di pintu penjaga tol. Namun seiring berkembangnya zaman dan kebiasaan orang yang moneyless, membuat Jasa Marga sebagai pengelola jalan tol membuat sistem pembayaran yang menggunakan sistem e-Toll. Sebutan lain dari istilah ini adalah elektronik tol atau uang elektronik tol.

Dimana penggunanya hanya perlu menempelkan sebuah kartu, pada sebuah mesin khusus yang digunakan untuk membayar penggunaan jalan tol. Namun sebelumnya pengguna kartu ini telah melakukan pengisian saldo yang bisa dilakukan melalui atm Bank, NFC (Near Field Communication), mini market bahkan market place. Jika kartu tidak memiliki saldo, pastinya Anda tidak bisa mengakses jalan tol.

Cara Cek Saldo E-Toll dengan Mudah

cara cek saldo e-toll di hp

Karenanya itu alangkah baiknya jika Anda mengecek saldo di kartu e-Toll terlebih dahulu, sebelum masuk ke jalan tol. Lantas, bagaimana sebetulnya cara cek saldo e-Toll, bisakah dilakukan di handphone? Berikut ini penjelasannya untuk Anda.

Aplikasi Bank

Cara cek saldo e-Toll di hp yang pertama adalah dengan menggunakan aplikasi Mandiri. Aplikasi ini bisa Anda unduh melalui Google Play Store secara gratis. Namun sebelum mengunduh aplikasi ini, pastikan juga Anda telah mengaktifkan NFC terlebih dahulu.

Langkah selanjutnya adalah login ke dalam aplikasi kemudian pilih logo e-Money. Kemudian pilih menu “Lihat/Perbaharui Saldo”, kemudian letakkan kartu e-Toll Mandiri di bagian belakang handphone.

Tunggu beberapa saat, Anda akan melihat di layar ponsel sisa jumlah saldo yang ada.
Selain Bank Mandiri, Anda juga bisa menggunakan aplikasi bank lain, seperti BRI, BNI juga BCA. Untuk pengguna e-Toll BRI, maka Anda cukup mengunduh aplikasi m-banking BRI.

Temukan menu BRIZZI kemudian Anda bisa melakukan hal yang sama, yaitu meletakkan kartu e-Toll dibagian belakang handphone Anda.

Sementara itu bagi pengguna kartu e-Toll bank BNI, maka sebaiknya Anda telah memiliki aplikasi BNI Tap Cash Go. Dan untuk pelanggan yang menggunakan layanan BCA, bisa menggunakan fitur Flazz di BCA mobile atau m-banking BCA.

Namun sekali lagi, aplikasi-aplikasi di atas bisa digunakan bila Anda telah memiliki aplikasi NFC sebelumnya.

Marketplace

Cara cek saldo e-Toll di hp yang kedua bisa Anda lakukan melalui marketplace. Hingga saat ini, hanya ada dua marketplace yang mampu memberikan pelayanan yang satu ini, yaitu Tokopedia dan Bukalapak.

Cara ini juga terbilang praktis dan bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja.
Untuk Anda yang biasa menggunakan Tokopedia, maka yang harus Anda lakukan setelah login adalah menemukan fitur tagihan. Selanjutnya ketuk “Cek Saldo” pada menu e-Money.

Letakkan kartu di belakang ponsel Anda, pastikan posisi kartu tidak bergeser, tunggu sebentar dan Anda bisa melihat sisa saldo kartu Anda.

Sama halnya dengan cek saldo e-Toll melalui marketplace Bukulapak. Pada langkah akhir, Anda akan diminta untuk meletakkan kartu di belakang handphone. Adapun menu yang harus Anda pilih pada aplikasi adalah “Top up & Isi Pulsa”, kemudian pilih “Uang Elektronik.”

Selain mengetahui jumlah saldo yang tersisa, Anda juga bisa melakuka top up atau pengisian saldo melalui marketplace tersebut. Caranya juga cukup mudah, Anda hanya perlu mencari menu e-Money, kemudian pilih menu pengisian saldo e-Toll dengan memasukkan kartu e-toll pada kolom nomor kartu yang disediakan.

Berikutnya pilih nominal yang akan Anda lakukan, dimana penggisian e-Toll sendiri, minimal adalah Rp. 10.000,-. Selanjutnya Anda harus segera membayar tagihan sesuai dengan jumlah nominal tadi.

Setelah berhasil melakukan pembayaran, sebaiknya Anda kembali melakukan pengecekan. Caranya kembali ke menu e-Money kemudian ketuk “Update Saldo” dan aktifkan fitur NCF.

Mini market

Cara cek saldo e-toll di hp memang mewajibkan Anda untuk menanamkan fitur NFC terlebih dahulu. Cara ini mungkin tidak praktis untuk beberapa orang. Dan cara lain yang bisa digunakan oleh pengguna jalan tol adalah dengan mengunjungi mini market yang memiliki mesin EDC.

Indomaret dan Alfamart merupakan mini market yang paling banyak digunakan untuk mengaskes pengecekan saldo e-Toll ini. Selain itu, Anda juga bisa sekaligus melakukan top up saldo sambil berbelanja. Namun karena ini masa pandemi, bukan berarti semua orang juga memilih cara yang satu ini.

Bank Mandiri

Pilihan lainnya bila Anda terkendala dengan cara cek saldo e-toll di hp, maka mengunjungi bank Mandiri adalah jawaban lainnya. Hanya saja, untuk mengunjungi bank, Anda memerlukan waktu khusus untuk melakuka n antrian pada jam kerja yang cenderung padat pegunjung.

Di bank Mandiri, biasanya Anda akan diarahkan untuk berbicara dengan customer servive. Langkah selanjutnya hampir sama dengan yang dilakukan di mini market. Yaitu melakukan pengecekan melalui mesin EDC.

ATM

Jika Anda enggan melakukan antrian yang cukup panjang di bank. Pilihan lain selain dari cara cek saldo e-toll di hp adalah dengan mendatangi ATM. Lagi-lagi yang harus Anda gunakan adalah ATM dari Bank Mandiri, namun pastikan juga ATM Mandirinya sudah memiliki e-money reader.

Saldo pada kartu e-toll Anda akan segera diketahui, setelah Anda menempelkan kartu pada reader yang terdapat di mesin ATM. Jika Anda sudah mengetahui sisa saldo e-Toll dan tidak cukup untuk melakukan perjalan di jalan tol, segera lakukan top up di ATM tersebut.

Telkomsel m-Banking

Masih ada cara cek saldo e-toll di hp yang bisa digunakan, terutama bila ponsel tidak support NFC. Yaitu menggunakan salah satu probider telekomunikasi, Telkomsel. Caranya mudah namun pastikan Anda juga pengguna layanan Telkomsel.

Kemudian lakukan panggilan dengan format 1416#, selanjutnya ikuti instruksi yang diberikan. Anda akan diminta untuk menyebutkan nomor yang tertera pada kartu e-Toll Anda, Jika salah menyebut angka maka Anda tidak akan bisa melihat saldo e-toll pada layar ponsel Anda. Dan untuk menggunakan layanan yang satu ini, sebaiknya Anda telah mengisi pulsa terlebih dahulu.

Internet Banking

Satu lagi cara lainnya untuk m elakukan pengecekan saldo e-Toll adalah dengan menggunakan internet banking. Caranya, Anda harus terlebih dahulu terdaftar sebagai nasabah di Bank Mandiri kemudian meminta diaktifkan layanan internet bankingnya.

Baru Anda bisa melakukan pengecekan apapun terkait transaksi bank dan tentu saja e-Toll tadi.

Untuk masuk ke internet banking Bank Mandiri, maka Anda harus mengetuk menu “Uang Elektronik”, kemudian pilih Mandiri e-Money dan informasi saldo. Selanjutnya Anda akan disuguhi kolom berupa kotak-kotak yang harus diisi dengan nomor kartu e-Toll Anda.

Pastikan nomor yang dimasukkan berjumlah 16 angka kemudian ketuk tombol kirim.

Itulah cara cek saldo e-Toll di hp yang ternyata cukup mudah. Anda juga bisa melakukan secara langsung di ATM, Bank ataupun minimarket. Mana cara yang paling mudah, silahkan Anda tentukan sendiri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *