Cara Edit Foto Jadi Anime Favoritmu Paling Mudah 2020

Cara Edit Foto Jadi Anime dan Rekomendasi Aplikasinya – Anime merupakan salah satu budaya khas Jepang yang mendunia. Serial animasi tersebut telah sangat dikenal di seluruh dunia, termasuk di Indonesia

Gaya animasi dan penulisan cerita yang khas dari anime, mampu menarik banyak penggemar di Indonesia. Banyaknya penggemar yang membludak itu menarik para pengembang untuk membuat aplikasi khusus segmen anime. Satu di antara banyaknya tipe aplikasi yang diminati oleh para penggemar anime yaitu aplikasi edit foto anime di smartphone.

Apabila ditelisik lebih jauh, Anda pasti akan menemukan berbagai jenis aplikasi untuk mengedit foto menjadi anime yang menawarkan berbagai fitur terbaiknya. Namun, tidak sedikit pengguna aplikasi yang membutuhkan trik atau cara agar fotonya bisa diedit menjadi anime dengan aplikasi-aplikasi tersebut.

Maka dari itu, dalam artikel kali ini akan dibahas mengenai bagaimana caranya untuk mengedit foto menjadi anime dan daftar rekomendasi aplikasi yang bisa digunakan.

Cara Edit Foto Jadi Anime Paling mudah 2020

Apliksi edit foto yang digunakan kali ini bernama Proyeksi. Untuk mengetahui bagaimana cara edit foto jadi anime menggunakan aplikasi tersebut adalah sebagai berikut: 

1. Proyeksi

Langkah Pertama – Buka aplikasi Proyeksi

Hal pertama yang perlu Anda lakukan tentunya membuka aplikasi Proyeksi. Namun, sebelumnya Anda harus memiliki aplikasi tersebut atau telah terinstall di smartphone Anda. Apabila belum ada, Anda bisa mengunduh aplikasi tersebut secara gratis di Playstore.

Langkah Kedua – Pilih ikon (+)

Setelah aplikasi terbuka, Anda ketuk ikon bertanda plus (+), lalu masuk ke folder penyimpanan galeri untuk melihat foto yang Anda miliki.

Langkah Ketiga – Pilih foto

Langkah ketiga adalah pilih foto yang akan diedit menjadi anime. Kemudian, tekan tombol merah pada bagian bawah untuk melanjutkan edit foto tersebut.

Langkah Keempat – Ketuk timeline foto

Setelah foto yang akan diedit telah dipilih, selanjutnya Anda ketuk pada timeline tersebut hingga muncul bingkai merah pada foto.

Langkah Kelima – Beri efek anime

Setelah bingkai merah muncul pada foto, geser ikon-ikon menu yang terdapat pada bagian bawah untuk menuju ke menu efek anime. Kemudian, pilih menu efek anime pada ikon yang ada di bagian bawah.

Langkah Keenam – Tunggu Prosesnya dan Screenshot

Cara edit foto jadi anime selanjutnya adalah tinggal menunggu hingga prosesnya selesai. Kemudian, screeshot foto untuk menyimpan hasilnya. Anda cukup menekan tombol ikon full-screen dan screenshot layar seperti bisaa.

Agar hasil editan lebih bagus, Anda dapat memotong (crop) bagian yang tidak dibutuhkan.

Mengapa Anda harus melakukan screenshot layar secara manual? Sebab, apabila Anda menyimpannya secara normal, aplikasi tersebut akan menghasilkan file output dengan format video.

Demikianlah cara yang bisa Anda lakukan untuk mengedit foto menjadi anime menggunakan aplikasi Proyeksi. Namun, untuk menggunakan aplikasi tersebut, pastikan Anda memiliki koneksi internet yang aktif.

Selain Proyeksi, ada beberapa aplikasi lainnya yang bisa Anda gunakan untuk mengedit foto menjadi anime, di antaranya adalah sebagai berikut:

2. Everfilter

Aplikasi ini dikembangkan oleh TopBuzz. Everfilter merupakan salah satu aplikasi edit foto anime yang terkenal di Jepang dan menyediakan filter khusus untuk membuat foto Anda tampak seperti anime.

Selain itu, cara edit foto jadi anime dengan apliksi ini juga sangat mudah. Foto yang Anda ambil akan diproses secara otomatis oleh Everfilter menjadi seperti anime, tanpa terlebih dahulu memilih filter. Namun, meskipun tidak ada pilihan filter, tetapi Anda tetap dapat mengatur ambient foto, misalnya foto anime Anda ingin diberikan filter malam atau siang hari.

3. Prisma

Lain halnya dengan Everfilter, Prisma merupakan aplikasi edit foto yang menyediakan berbagai macam preset filter untuk dicoba oleh pengguna. Uniknya lagi, aplikasi edit foto anime ini menggunakan AI yang dapat mengaplikasikan filter secara merata di seluruh komponen foto.

Tidak sulit menggunakan aplikasi Prisma. Anda tidak perlu lagi melakukan proses editing yang berbagai macam, tetapi cukup dengan memilih filter dan sedikit dilakukan penyesuaian saja.

Anda dapat menerapkan sejumlah filter dalam satu foto. Dengan menerapkan filter yang tepat, Anda dapat mengubah foto biasa menjadi foto anime yang sangat menarik menggunakan aplikasi ini.

4. GoArt

GoArt tergolong salah satu aplikasi edit foto anime yang terbaik di smartphone Android. Cara edit foto jadi animemenggunakan aplikasi ini sama dengan mekanisme kerja Prisma. Dalam aplikasi ini, Anda dapat berkreasi dengan menerapkan sejumlah filter di dalam satu foto untuk menghasilkan efek menarik layaknya anime.

GoArt juga menggunakan Teknologi AI yang memungkinkan Anda untuk mengubah foto yang Anda ambil menjadi bentuk sebuah karya seni, termasuk seperti gambar yang ada pada anime-anime populer.

5. Meitu

Jika Anda ingin memiliki foto yang tampilannya mirip dengan putri-putri di film anime atau wanita Korea, aplikasi Meitu adalah pilihan yang tepat. Aplikasi ini didesain khusus yang ‘Asia banget’ sehingga Anda dapat mengubah foto wajah Anda mirip dengan karakter anime Korea yang lucu.

Tak hanya itu, aplikasi ini juga dapat membuat foto Anda jadi lebih cantik dengan fitur retouch body features.

6. PicsArt – Photo Studio

Apabila dibandingkan dengan aplikasi edit foto anime yang telah disebutkan sebelumnya, PicsArt merupakan aplikasi edit foto anime yang paling lengkap. Ada beragam fitur yang ditawarkan secara gratis di aplikasi ini.

Cara edit foto jadi anime dengan PicsArt juga lebih menarik karena tersedia beragam pilihan filter foto anime terbaik yang bisa digunakan dengan mudah. Selain itu, ada banyak tools yang dapat Anda gunakan untuk memaksimalkan foto Anda, seperti fitur sketch, remix, skicker maker, dan fitur lainnya. 

Uniknya lagi, aplikasi ini didukung oleh komunitas yang aktif membagikan foto serta tutorial agar pengguna lain semakin kreatif. 

7. MomentCam Cartoons & Stickers

Tak hanya menjadi gambar kartun animasi saja, MomentCam juga akan mengubah struktur foto Anda menjadi karikatur lengkap dari kaki hingga kepala.

Uniknya, karikatur ini terinspirasi dari berbagai karakter anime dan mempunyai struktur animasi yang mirip, sehingga membuatnya terlihat lucu dan menarik.

Cara edit foto jadi anime menggunakan aplikasi ini juga terbilang mudah. Anda hanya perlu mengambil gambar dan memilih filter yang paling sesuai dengan keinginan Anda saja.

8. Cartoon Photo Editor

Aplikasi edit foto anime ini mempunyai banyak fitur menarik yang akan mengubah foto Anda menjadi karakter anime yang menarik dalam serial anime romantis. Anda bisa menggunakan berbagai fitur tersebut secara gratis.

Selain itu, Anda juga bisa mengaplikasikan fitur di dalamnya secara real. Di mana, hasil akhir dari proses editing tersebut akan terlihat saat pengambilan gambar.

Jika kamu masih kesusahan, Bisa melihat tutorial mengubah foto jadi anime lewat video dibawah ini.

Itulah langkah atau cara edit foto jadi anime yang bisa Anda lakukan dengan mudah dan gratis. Dengan bantuan aplikasi-aplikasi di atas, foto Anda akan jadi lebih menarik seperti karakter anime. Selamat mencoba dan lihat hasilnya!

Default image
Admin
Saya Suka Menulis dan Membagikan Ilmu yang saya Miliki.

Leave a Reply