5 Cara Edit Video Agar Tidak Kena Hak Cipta dan Copyright

81 / 100

Cara Edit Video Agar Tidak Kena Hak Cipta dan Copyright – Maraknya perkembangan dunia digital membuat orang berlomba-lomba untuk membuat konten video baik untuk media Youtube maupun lainnya. Memang saat membuat video dibutuhkan kreativitas supaya konten video yang kita buat banyak ditonton orang.

5 Cara Edit Video Agar Tidak Kena Hak Cipta dan Copyright

Adapun cara untuk melakukan edit video supaya tidak kena hak cipta dan copyright adalah sebagai berikut.

1.Kompilasikan Video Sekreatif Mungkin

Jika kamu sudah kehabisan ide untuk membuat konten video, kamu dapat membuat kumpulan potongan video atau kompilasi video secara kreatif. Artinya jangan asal ambil video karya orang lain, namun lakukan kompilasai video secara kreatif.

Nah, dengan melakukan kompilasi video, kemungkinan besar kamu tidak kena hak cipta. Hal tersebut karena kamu hanya mengambil potongan video saja. Namun, perlu kamu ingat meskipun kamu mengambil potongan video alangkah baiknya jika kamu tetap menyertakan sumber video di kompilasi video yang kamu buat. Hal tersebut dapat digunakan sebagai post credit kepada pemilik video aslinya.

2. Pakai Video yang Menggunakan Licence Creative Commons

Pastinya jika kamu mengambil video orang lain begitu saja tanpa izin atau link sumber video, kemungkinan besar kamu masih akan terkena pelanggaran hak cipta dan copyright. Oleh karena itu, disarankan untuk memilih video yang memiliki licence creative commons.

Adapun tips mencari video yang memiliki licence creative commons adalah sebagai berikut.

  • Kunjungi Youtube.
  • Ketik keyword di menu pencarian Youtube, kemudian tekan enter.
  • Jika video yang memiliki licence creative commons sudah muncul, klik Filters dan pilih Creative Commons.
  • Unduh video yang sudah kamu pilih. Lakukan editing sekreatif mungkin supaya menarik. Kemudian buatlah kompilasinya.

Ikuti tips tersebut supaya video kompilasi yang buat tidak kena hak cipta dan copyright.

3. Ubah Resolusinya dan Tambahkan Efek Baru pada Video

Salah satu cara editing video supaya tidak kena hak cipta dan copyright adalah dengan mengubah resolusi video aslinya. Misalnya: video asli 720p, kamu ubah menjadi 360p. Adapun untuk mengubah resolusi video, kamu dapat menggunakan software untuk memperkecil video, seperti Hanbrake.

Setelah kamu mengubah resolusinya, supaya video tidak sama persis dengan video aslinya, kamu dapat menambahkan efek. Adapun efek yang dimaksud, seperti: menambahkan frame pada video atau menambahkan efek lainnya. Nah, untuk menambahkan efek pada video, kamu dapat memanfaatkan software yang tersedia.

4. Ubah Suara Audio dan  Tambahkan Musik Bebas Copyright

Cara lainnya untuk edit video dari video aslinya adalah dengan cara mengubah suara audio dan menambahkan musik bebas copyright. Adapun mengubah audio video ini, kamu dapat menggunakan software khusus, seperti: Adobe Audition atau Audacity. Ubah audio sekreatif mungkin supaya menarik penonton.

Selain itu, kamu juga dapat menambahkan musik yang bebas copyright. Nah, untuk menambahkan musik bebas copyright ini, kamu tidak perlu khawatir karena pihak Youtube telah menyediakan konten audio yang bebas copyright. Caranya adalah temukan di audio library Youtube. Setelah kamu memilih musik atau audio yang tepat untuk video kompilasimu, tambahkan musik tersebut ke video tersebut.

Mau perkaya informasi tutorial teknologi terbaru? Kunjungi situs mogloger.com dan dapatkan semuanya.

5. Tambahkan Intro dan Outro pada Video

Satu lagi yang harus dilakukan supaya editing video kompilasimu tidak kena hak cipta adalah menambahkan intro dan outro video. Tentu saja setelah rangkaian editing kamu lakukan, kamu ingin memiliki video yang benar-benar berbeda dengan video aslinya.

Oleh karena itu, disarankan untuk menambahkan intro dan outro pada video. Soal menambahkan intro dan outro ini, kamu dapat menggunakan software dan template audio yang tersedia. Kamu dapat mengunduhnya di google play.

Nah, tersebut di atas adalah 5 cara edit video supaya konten video milikmu tidak kena hak cipta dan copyright. Perlu kamu ketahui, lakukan editing sekreatif mungkin supaya kamu mendapatkan video kompilasi hasil kreasimu sendiri bukan sekadar video yang mengambil hasil karya orang lain. Selamat mencoba.

Default image
Admin
Saya Suka Menulis dan Membagikan Ilmu yang saya Miliki.

3 Comments

  1. Kalo hanya edit video tanpa mengurangi resolusi bisa ga?

  2. […] Baca Juga : Gunakan Bahan Editing, Supaya Video Menarik & Tidak kena Hak Cipta […]

Leave a Reply