Cara Instal Prestashop di Hosting

  • Whatsapp
cara instal prestashop di hosting dengan mudah
cara instal prestashop di hosting

Cara instal prestashop di hosting – Halo berjumpa lagi dengan portal jawa di postingan kali ini kami akan memberikan sebuah tutorial cara membuat toko online di hosting dengan cara menginstal prestashop.

Sebenarnya toko online bisa kalian gunakan beberapa CMS yang tersedia. Menggunakan prestashop menggunakan jumlah menggunakan WordPress namun pada kesempatan kali ini saya akan lebih fokus ke cara membuat toko online menggunakan prestashop.

Karena menurut kami prestashop adalah salah satu CMS yang sangat aman dan sudah terlindungi keamanannya.

Nah untuk kamu yang mempunyai ingin berjualan alangkah baiknya membuat toko online sendiri. Karena di zaman digital seperti ini banyak masyarakat yang suka menggunakan internet untuk berbelanja.

Nah ini peluang Buat kamu untuk melakukan terobosan terbaru dengan membuat toko online. Karena dengan kamu membuat toko online produk dan jasa ataupun apapun yang ingin kalian perjual belikan akan terlihat lebih profesional dan bisa dijangkau oleh masyarakat luas.

Mengingat sekarang persaingan perdagangan dengan semakin luas.

Semakin maju dengan perkembangan dan kemajuan teknologi yang membuat pesaing-pesaing mu bakal akan lebih mengoptimasi kinerja produk mereka.
Dengan adanya website produkmu akan dikenal di dalam negeri hingga ke mancanegara.

Daftar Isi

Apa Itu Prestashop ?

Untuk itu Alangkah baiknya kalian kenali dahulu Apa itu prestashop ?

Prestashop adalah salah satu CMS yang digunakan untuk membuat toko online berbasis PHP my SQL. Prestashop sendiri mempunyai keamanan yang sudah teruji, bisa dibilang CMS ini sangatlah aman untuk menyimpan database kamu.

Salah satu CMS yang bisa kalian buat di localhost, kamu dapat sendiri toko online mu di sana. Namun itu semua membutuhkan skill dan pengetahuan yang lebih.

Install toko online di localhost menggunakan prestashop merupakan cara yang lumayan sulit untuk seorang pemula. Namun menginstal prestashop di hosting itu salah satu cara yang lebih mudah untuk membuat toko online.

Prestashop sendiri pertama kali dikenalkan pada tahun 2005 oleh salah satu mahasiswa epitech it school di Paris Perancis.

Pada awalnya proyek ini bernama PHP Open Store tersedia dalam 2 bahasa saja yaitu bahasa Perancis dan Inggris. Pada tiga bulan berikutnya aplikasi ini sudah diterjemahkan ke dalam 13 bahasa secara global. Pada tahun ini perusahaan masih menjadi salah satu program CMS E-commerce yang paling populer di dunia, karyawan atau developernya 150 hingga 200 personil.

Salah satu pesaing CMS e-commerce prestashop ialah magento dan shopify.

Untuk saat ini prestashop sudah memotori sekitar 270.000 toko online di dunia. Serta menjadi platform multibahasa yang sudah menjadi 65 pilihan bahasa interface yang tersedia saat ini.

Prestasi memang salah satu CMS e-commerce yang nggak perlu dipertanyakan lagi dan keamanannya.

Menurut kami Mengapa prestashop Layak mendapat perhatian. Karena menurut kami prestasi salah satu CMS e-commerce paling popularitasnya sangat terbaik mereka menduduki posisi ke 8 CMS paling populer.

Kelebihan Prestashop

Berikut ini adalah beberapa keunggulan yang disuguhkan oleh prestashop untuk penggunanya.

  1. Yang pertama adalah mudah dikelola, kalian bisa menggunakan sistem One back office memanajemen toko online anda di prestashop sangat efisien dengan manajemen harian.
  2. Yang kedua dalam multibahasa peta sop sendiri memiliki 65 sudah tersedia, apalagi dengan bahasa inter face yang sudah tidak menimbulkan masalah seperti dahulu.
  3. Yang ketiga adalah ekstensif, di prestashop sendiri sudah ada 300 fitur bawaan, mulai dari modul One page hingga modul-modul yang memperkaya e-commerce anda.
  4. Yang keempat adalah user-friendly, restart sendiri adalah salah satu software atau themes yang sangat sangat mudah digunakan dan sangat jelas sekali. Aplikasi ini sangat user friendly pemula juga bisa menggunakannya dengan mudah, kamu tidak perlu menjadi seorang programmer untuk membuat website di prestashop. Karena semuanya sudah tersedia dan disediakan oleh tim mereka.

Selain menjadi e-commerce yang paling populer kelebihan prestashop juga ada dalam bidang SEO. Karena pada dasbor menu sudah ada fitur Search Engine Optimationnya.

Oleh karena itu jangan takut juga Karena kan salah CMS, karena fitur yang diberikan sangat lengkap seorang Digital marketing ingin berjualan produk atau jasa silakan prestashop adalah pilihannya.

Kami buat karena pada awalnya adalah sebuah tugas untuk ujian akhir semester di kampus kami. Karena melihat memberikan tugas tersebut dan banyak sekali teman kami atau mahasiswa yang belum begitu paham akan prestashop.

Nah semoga artikel yang akan kami ulat bisa membantu kalian semua Oke Mari kita lanjut langsung ke tutorial cara install prestashop di hosting dengan mudah.

Cara instal Prestashop di hosting

Cara instal prestashop di hosting sendiri merupakan salah satu cara yang sangat mudah bisa kalian lakukan sendiri dengan modal hosting dan domain Jika kalian ingin lebih bagus.

Sebenarnya Ada cara lain yang bisa kalian gunakan untuk instal prestashop di hosting dengan menggunakan hosting gratis dan domain yang gratis pula.

Namun pada postingan kali ini kami akan menginstal prestashop melalui hostinger. Hostinger sendiri adalah sebuah layanan hosting yang memberikan kemudahan bagi user untuk mengolah websitenya sendiri.

Metode akan mewajibkan kalian untuk memilih layanan hosting dari hostinger namun pada postingan ini saya akan membuatnya di hostinger mungkin ada sedikit perbedaan sedikit pada alur tutorialnya.

Sebenarnya sebenarnya sudah dibahas berkali-kali oleh para blogger yang lain atau para media berita lain. Namun mungkin pembahasannya kurang lengkap dan membuat pengunjung bingung.

Ya udah tanpa berpikir panjang lagi silakan simak ini cara install prestashop di hostinger untuk membuat toko online.

1. Silakan kunjungi hostinger.co.id, kemudian sign up atau buat akun.

2. Silakan Kamu beli domain dan hosting terlebih dahulu. Tunggulah beberapa saat hingga domain terdaftar atau terpointing secara global.

3. Jika kamu sudah memiliki hosting dan domain silakan kamu masuk ke layanan hosting.

4. langkah berikutnya ialah kalian sambungkan domain yang sudah Kalian beli tadi ke dalam hosting tersebut silahkan lihat gambar dibawah ini.

cara instal prestashop di hosting

silahkan kamu klik add website atau tombol berwarna hijau tersebut.

cara instal prestashop di hostinger

Masukan nama domain yang sudah kamu beli dan ingin di buat toko online, Jangan lupa tambahkan password. Jika sudah silahkan klik Add, Tunggu beberapa saat hingga selesai.

5. Jika domain kamu sudah masuk dalam hosting akan ada dalam list seperti gambar sebelumnya, Contohnya domain heripedia dan portaljawa.

6. Jika sudah masuk, Kemudian klik manage.

7. Nantinya kamu akan dibawa ke halaman Hpanel hostinger, Silahkan cari atau klik bagian menu “Website”

8. Lalu pilih bagian Auto installer, Jika sudah Silahkan kamu pilih CMS Prestashop.

9. Kemudian Isi Form berupa username dan Password , Serta Judul Toko Online mu.

instal prestashop di hostinger

10. Setelah kalian mengisi semuanya , silahkan klik instal. Tunggu beberapa saat hingga proses instal selesai.

11. Jika Toko online kamu sudah terbuat maka akan muncul tampilan seperti ini.

cara instal prestashop di hostinger

12. Nah silahkan gunakan link Admin URL untuk login ke dasbor toko online mu.

13. Silahkan masukan username dan password yang sudah kamu buat pada langkah sebelumnya.

cara login prestashop

Nah silakan kamu masuk dan custom toko online mu sendiri.

Berikut ini adalah tampilan didalam dasbor toko online kami, Ada banyak fitur yang bisa kita gunakan. Kita bisa mengganti logo dan menambahkan produk yang ingin kita jual.

dasbor prestashop

14. Selesai, Gimana mudahkan begitulah Cara instal Prestashop di hostinger, Silahkan coba.

Nah berikut ini merupakan hasil TOKO ONLINE yang kami custom sendiri contohnya Heripedia.Store

Kesimpulan

Prestashop merupakan CMS E-commerce paling populer sedunia, menempati urutan ke 8. kamu bisa menggunakan layanan hostinger untuk mempermudah pembuatan Toko online mu. Untuk kamu yang tidak menggunakan Hostinger mungkin akan sedikit mendapatkan perbedaan pada langkah – langkahnya. Namun tujuannyapun tetap sama yaitu membuat Toko online.

Mungkin itulah sedikit informasi yang dapat kami berikan mengenai Cara Instal Prestashop di Hosting menggunakan layanan Hostinger. Semoga toko online mu berkembang dan maju, Silahkan coba dan bagikan artikel berikut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2 Komentar

    1. Gratis kok gan, Tapi kalo instal ya perlu domain dan hosting. Kalo domain wajib beli biar enak, namun kalo hosting bisa pakai yang gratisan. Kalo tutorial yang kami buat menggunakan bantuan Hostinger dengan Tools Autoinstaller