3+ Cara Instal Windows 10 denga Mudah dan Cepat

Saat ini versi Windows yang banyak digunakan adalah Windows 10. Bagi Anda yang belum menggunakan Windows 10 dan ingin melakukan instal, Anda perlu tahu cara instal Windows 10. Windows 10 banyak diminati karena memiliki beberapa keunggulan.

Salah satu keunggulan yang tidak dijumpai pada versi sebelumnya adalah user interface yang semakin nyaman. Tidak hanya itu saja, Windows 10 juga telah dilengkapi dengan fitur-fitur canggih, seperti Cortana dan kompatibel dengan semua perangkat.

Berikut ini Cara Instal Windows 10 dengan 3 Langkah Mudah

Untuk melakukan proses instal Windows 10, Anda harus melakukan beberapa proses terlebih dahulu. Anda juga harus mengetahui dengan baik kemungkinan yang bisa terjadi selama proses instalasi. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum instal Windows 10, yaitu:

·      Pastikan bahwa DVD installer Windows 10 sudah siap, karena cara ini menggunakan media instalasi berupa DVD. Anda juga dapat menggunakan flashdisk.

·      Supaya booting pertama kali dilakukan dari DVD maka Anda harus melakukan setting boot device priority terlebih dahulu yang ada di menu BIOS.

·      Apabila Anda akan instal Windows di laptop maka Anda harus menyiapkan charger, jangan sampai baterai laptop habis selama proses instalasi berlangsung.

·      Anda juga harus meluangkan waktu yang cukup lama karena proses instalasi Windows 10 ini memakan waktu yang lama.

·      Kurang lebih waktu yang diperlukan jika proses instalasi berlangsung secara lancar kira-kira setengah jam.

Bagi seorang gamers, Windows 10 juga memiliki fitur Game Mode, sehingga Anda dapat menyesuaikan sumber daya yang ada di CPU dan GPU. Pengguna juga bisa merasakan performa yang unggul ketika bermain game di PC dengan Windows 10. 

Keunggulan lainnya yang tidak ditemui pada Windows 7 atau Windows 8 adalah terdapat fitur upgrade. Untuk menggunakan fitur ini, tentu saja Anda harus menggunakan Windows 10 yang berlisensi dan original. Sehingga, Anda bisa melakukan upgrade OS secara mudah. 

Berikut ini adalah cara instal Windows 10 secara lengkap yang bisa Anda ikuti:

1.   Setting BIOS terlebih dahulu

Sebelum melakukan instal Windows 10, Anda perlu setting BIOS supaya booting pertama dapat dilakukan dari DVD. Hal ini dikarenakan default PC atau komputer adalah HDD, sehingga harus diganti dengan cara sebagai berikut:

·      Nyalakan PC atau restart, Selanjutnya, klik tombol DEL (Delete) berkali-kali sampai muncul tampilan BIOS. 

Perlu Anda ketahui bahwa tidak semua PC menggunakan tombol DEL untuk memunculkan menu BIOS, beberapa PC menggunakan tombol F1, F2, atau Fn+F2.

·      Pindah menuju tab Boot dengan tombol panah yang ada di keyboard.

·      Pada tab Boot, Anda akan melihat tulisan Hard Drive yang berada di posisi paling atas. Tandanya adalah booting pertama kali terjadi di HDD.

·      Agar booting pertama kali dari DVD, caranya adalah pilih CD-ROM Drive lalu geser memakai tombol +/- sampai tulisannya berada di posisi paling atas.

·      Jangan lupa untuk memasukkan DVD installer Windows 10 ke DVD ROM. Simpan hasil setting dengan cara tekan tombol f1- dan klik Yes.

2.   Proses Instalasi Windows 10

Setelah mengatur atau setting BIOS supaya booting pertama kali dari DVD, langkah selanjutnya adalah instalasi Windows 10. Langkah-langkah yang perlu dilakukan untuk instalasi Windows 10, yaitu:

·      Untuk memulai proses instalasi Windows 10 tekan tombol apa saja pada keyboard.

·      Apabila Anda dihadapkan dengan tampilan “Press any key to boot from CD or DVD” di tengah proses instalasi, jangan tekan tombol apapun. Menekan tombol hanya akan membuat proses instalasi kembali dari awal.

·      Pada pilihan Time and currency format pilih Indonesian (Indonesia). Untuk pilihan lainnya, seperti Language to install atau Keyboard or input method tidak perlu diganti biarkan saja pada pilihan default.

·      Pilih Install now.

·      Pada tampilan Applicable notices and license terms, beri tanda centang I accept the license terms, selanjutnya klik Next untuk melanjutkan proses.

·      Pada tampilan Which type of installation do you want? Pilih Custom: Install Windows only (advanced).

3.   Tahap Partisi

·      Apabila Anda akan melakukan install ulang atau upgrade maupun downgrade dari OS Windows lama menuju Windows 10, Anda hanya perlu delete Drive 0 Partition 2 (partisi C:) serta Drive 0 Partition 1 : System Reserved

Secara otomatis kedua partisi yang dihapus akan menjadi Unallocated Space dan belum dipartisi.

·      Langkah selanjutnya adalah membuat partisi baru dengan menjadikan Drive 0 Partition 2 sebagai lokasi untuk instalasi dan pilih Next untuk melanjutkan proses. Dengan melakukan cara ini, data-data yang berada di partisi lainnya tidak akan terhapus dan tetap aman.

·      Anda akan melihat bahwa ruang HDD tersebut masih kosong atau Unallocated Space, sehingga harus dipartisi. Untuk menentukan jumlah partisi dapat disesuaikan dengan keinginan bisa 2 atau lebih partisi.

·      Pilih Drive 0 Unallocated Space > New dan tentukan ukuran partisi lalu klik Apply. Ukurannya jangan terlalu sedikit maupun terlalu besar. Contohnya apabila ukuran HDD adalah 320GB/500GB maka beri ukuran sekitar 100GB saja cukup.

Dikarenakan partisi yang pertama dibuat adalah partisi C: atau partisi sistem. Untuk pembuatan system reserved partition, pilih OK.

·      Anda bisa membuat partisi selanjutnya dengan cara yang sama seperti langkah sebelumnya.

·      Selanjutnya, pilih Drive 0 Partition 2 untuk lokasi instalasi dan pilih Next. Pastikan untuk tidak menggunakan partisi lain untuk lokasi instalasi.

·      Biarkan proses instalasi berjalan, proses ini akan berlangsung sekitar 30 menit. Ketika proses telah mencapai 100%, Anda dapat mencabut flashdisk agar tidak kembali menuju jendela awal instalasi.

·      Kemudian PC atau laptop akan melakukan restart sendiri beberapa kali, oleh karena itu Anda tidak perlu khawatir karena hal ini menjadi bagian dari kegiatan instalasi Windows 10. Perlu Anda ingat bahwa jika muncul lagi tampilan hitam, jangan tekan tombol apapun.

·      Selanjutnya, Anda dapat memilih bahasa sesuai dengan keinginan, misalnya pilih Indonesia.

·      Untuk pilihan layout keyboard, pilih US.

·      Untuk opsi second layout, pilih Skip.

·      Jika Anda menggunakan laptop atau PC untuk keperluan pribadi maka pilih pilihan dengan logo rumah yang bertuliskan Set up for personal use dan klik Next.

·      Selanjutnya, Anda akan diminta untuk login akun Microsoft. Apabila Anda tidak punya, pilih Offline account yang berada di bagian pojok kiri bawah.

·      Apabila Anda melihat tampilan Sign in with Microsoft Insteadmaka pilih No.

·      Selanjutnya, masukkan nama laptop atau PC dan pilih Next.

·      Apabila Anda tidak ingin orang lain mengakses PC atau laptop maka Anda juga dapat menambahkan password. Tetapi, jika tidak ingin maka biarkan saja dan langsung pilih Next.

·      Pada halaman dengan tulisan Do more across devices with activity, pilih No.

·      Untuk semua opsi pengaturan privacy, pilih No dan tekan tombol Accept.

·      Anda sudah selesai melakukan instalasi Windows 10

Cara instal Windows 10 memang cukup panjang. Bagi Anda yang masih asing dengan proses tersebut mungkin akan terasa rumit untuk dilakukan. Namun, jika Anda yakin untuk mencoba instal sendiri Anda bisa menggunakan cara tersebut.