√ Cara Instal Windows 10 dengan Flashdisk & DVD Terbaru 2020

89 / 100

Cara instal Windows 10 dengan Flashdisk dan DvD – Beberapa Laptop yang kita gunakan kebanyakan menggunakan Sistem Operasi ini. Entah Laptop type lama ataupun yang terbaru, Mereka masih nyaman menggunakan Windows 10. Ada beberapa Laptop yang hanya bisa menggunakan Windows 10. Seperti halnya Laptop kami yang hanya bisa menggunakan Windows 10 kebawah.

Menurut kami Windows 10 masih baik dan bisa kita gunakan untuk menunjang kinerja kita. Namun pastinya ada beberapa aplikasi atau teknologi yang tidak dimiliki dibanding dengan Windows versi terbaru.

Namun yang perlu kalian ketahui Windows 10 memiliki beberapa fitur yang tidak dimiliki versi terdahulunya. Ternyata Windows 10 ialah hasil perpaduan antara Windows 7 & 8. Cara Penginstalannya juga tidak jauh berbeda dengan Windows pada umumnya.

Sebelum kamu menginstal Windows 10 alangkah baiknya kamu back up dulu seluruh data kamu di Flashdisk atau dimana terserah kamu. Karena nantinya file ataupun data yang ada di Laptop kamu bakalan hilang (kosong). Sebaiknya antisipasi dulu ya biar proses Penginstalan bisa berjalan dengan baik.

Sebelum memulai proses instalasi Windows 10, silahkan simak prosedur umum yang harus kamu siapkan terlebih dahulu. Pastikan kamu sudah memiliki persyaratan untuk bisa melakukan instalasi.

  • Spesifikasi Minimum PC apakah sudah memenuhi syarat
  • Type
  • Type prosesor 32 bit atau 64 bit kalian harus tahu
  • Kamu
  • Kamu wajib menyiapkan driver windows
  • Siapkan Software atau aplikasi untuk Laptop atau komputer. Karena Setelan Windows asli hanya ada beberapa program aplikasi saja.
Baca Juga :  Pengertian Input Device Komputer Serta Fungsi dan Contohnya

Oleh karena itu simak tutorial yang akan kami bagikan dibawah ini.

Cara Instal Windows 10 Lengkap

Berikut iini merupakan Cara instal Windows 10 Lengkap. Sebenarnya untuk menginstal sistem operasi ini kita bisa menggunakan DVD dan Flashdisk. Karena cara ini sangatlah mudah dan kami yakin kalian bisa melakukannya sendiri dirumah. Okelah silahkan simak baik – baik tutorial Penginstalan sistem operasi Windows 10 dibawah ini:

1. Langkah pertama silahkan nyalakan Laptop kamu. Jika instal menggunakan Flashdisk, silahkan masukan Flashdisk terlebih dahulu sebelum Laptop dinyalakan.

2. Kemudian Atur Boot atau Booting pertama pada menu BIOS/UEFI. Kamu bisa liat Cara mengatur Boot BIOS diartikel yang sudah kami tulis sebelumnya.

3. Kemudian masuklah menu BIOS dengan menekan Tombol Del secara terus menerus dengan cepat. Kamu bisa menekan tombol del saat ingin menyalakan Laptop. Pada merk lain kamu bisa mencoba menekan beberapa tombol perintah berikut ini F1, F2, F9, F10. Namun kalian harus menekan tombol fn supaya tombol F1, F2, F9, F10 bisa berfungsi.

Jika kamu sudah masuk menu BIOS silahkan cari bagian “Boot”. Pastikan Booting pertama menggunakan Flashdisk sebagai media perantaranya. Silahkan cari Booting soalnya pada merk lain tentu ada perbedaannya, silahkan cari hingga ketemu.

Baca Juga :  √ Cara Menarik Saldo Shopeepay Ke Rekening Bank

4. Kemudian masukan dvd Windows 10 bagi yang menggunakan Drive-optic untuk medianya.

5. Kemudian “Save” dan “Restart” jika dirasa pengaturan Boot sudah benar. Nantinya akan tampil seperti gambar dibawah ini, Jika sudah tampil silahkan tekan ENTER. Supaya proses instalasi bisa berjalan ketahap berikutnya.

5. Tentukan bahasa, Silahkan kamu bisa pilih English kemudian klik next

cara instal windows 10
cara instal Windows 10

6. kemudian klik “Instal Now” agar proses instalasi bisa berlanjut.

7. Silahkan Input Product Key Windows 10

8. Selanjutnya klik atau centang “I Accept the license terms”, dan kemudian klik “Next” untuk melanjutkan.

9. Untuk mencegah adanya virus pada saat Penginstalan hingga Laptop siap digunakan. Silahkan pilih “Custom instal Windows only (Advanced), ini merupakan prosedur clean instal.

10. Silahkan atur partisi Penginstalan sesuai keinginan kamu. Namun kalian harus menghapus partisi sebelumnya jika ingin menginstal versi terbaru atau versi yang sudah kalian tentukan. Silahkan gunakan cursor mouse untuk melihat pengaturan lengkapnya.

  • New
  • Delete
  • Format

New digunakan untuk membuat partisi baru, Delete digunakan untuk menghapus partisi, serta Format digunakan untuk Format Partisi.

Perhatikan kembali, silahkan simpan data penting yang ada pada partisi sebelumnya. Jika sudah silahkan arahkan cursor pada partisi Windows yang ingin di instal, kemudian klik next.

Baca Juga :  15 Game LAN Seru yang Bisa Kamu Mainkan Tanpa Koneksi Internet

11. Tahap Proses Transfer serta instalasi secara otomatis.

Pada tahap ini prosesnya berlangsung secara otomatis, silahkan biarkan ketika proses Restart beberapa kali ini semua otomatis. Hingga Nantinya akan muncul gambar berikutnya proses tersebut sudah selesai.

12. Bagi yang menggunakan media Flashdisk silahkan cabut terlebih dahulu. Hal ini bisa menimbulkan pengulangan jika tidak dicabut, silahkan cabut ketika Restart.

13. Selanjutnya ketika sudah Restart beberapa kali, nantinya akan diwajibkan mengisi data diri seperti nama, bahasa, dan pengaturan lain bisa diisi bebas.

14. Jika proses pengisian data sudah selesai, Nantinya akan muncul gambar seperti dibawah ini.

wintendesktop
sumber : area-ilmu

15. Selesai, Gimana mudahkan, Semoga berhasil.

Beberapa hal penting yang harus kamu perhatikan ialah cek driver terlebih dahulu setelah proses instalasi selesai. Karena ini sangat penting serta mempengaruhi kinerja Laptop atau pc kamu.

Biasanya driver tersebut disediakan satu paket didalam Laptop pada saat kalian membelinya. Sebenarnya kamu juga bisa download diinternet jika tidak punya, Namun pada merk terbaru biasanya hal tersebut sudah tidak terlalu diperlukan, karena sudah disediakan oleh sistem.

Semoga kamu berhasil melakukan penginstalan Windows 10 di Pc atau laptopmu. Silahkan gunakan cara yang menurut kalian mudah dilakukan.

Nah mungkin itulah sedikit informasi yang dapat portaljawa berikan mengenai Cara instal Windows 10 dengan Flashdisk dan DvD. Semoga bermanfaat, Terimakasih.

Default image
Admin
Saya Suka Menulis dan Membagikan Ilmu yang saya Miliki.

Leave a Reply