2+ Cara Membeli Saham Online dan Offline dengan Mudah (2020)

91 / 100

Cara Membeli Saham Online dan Offline untuk Pemula – Jika kalian ingin membeli perusahaan-perusahaan Indonesia Yang sudah IPO atau Go-Public, bagaimana cara melakukannya ?. Bisakah membeli saham di bank seperti di bank mandiri atau bri ? atau melakukan pembelian ke perusahaan tersebut secara langsung.

Bukan begitu cara melakukannya, Jika kalian ingin membeli saham-saham perusahaan telkom, astra, bank mandiri atau perusahaan yang ada di Indonesia, kalian harus melakukan hal tersebut di Bursa Efek Indonesia (BEI).

Tapi Jual-beli saham tak dapat kalian lakukan sendiri meskipun kalian datang secara langsung ke BEI. Seluruh transaksi di Bursa Efek hanya dapat dilakukan melalui perantara pedagang saham atau dikenal broker saham. Kini, jual-beli saham bisa dilakukan secara online.

Jadi, langkah awal cara membeli saham adalah dengan melakukan membuka rekening di perusahaan broker atau perantara perdagangan efek saham. Perusahaan ini dikenal juga dengan sebutan sekuritas. jangan lupa baca Mengenal dan Pengertian Saham

Untuk melihat perusahaan sekuritas yang telah ada di kota anda, kalian bisa kunjungi di situs www.idx.co.id pada tab menu : Anggota Bursa:Anggota Bursa di kota kalian.

Untuk ketentuan dan syarat-syarat membuka rekening saham ( dokumen apa saja yang dibutuhkan, minimal deposit dana, fee transaksi, dsb) ini dapat kalian tanyakan langsung kepada masing-masing perusahaan sekuritas kalian.

Yang harus kalian ketahui bahwa rekening transaksi saham yang telah disediakan sekuritas terdiri dari dua macam : membeli saham secara online dan membeli saham secara offline.

Bagaimana Cara Membeli Saham untuk Pemula

Berikut ini merupakan langkah – langkah yang dapat anda gunakan sebagai acuan dalam membeli saham secara online maupun offline. cara membeli saham bisa melalui berbagai metode, coba lihat metode dibawah apakah cocok untuk anda gunakan.

Cara Membeli Saham Online

cara membeli saham online
Panduan Cara membeli saham online

Kemajuan internet yang pesat membawa angin segar bagi kemajuan sistem perdagangan di pasar bursa. Pada akhirnya perdangan saham pun juga bisa dilakukan secara online. Indonesia pun tak ketinggalan. Jika sebelumnya transaksi di bursa efek jakarta dilakukan secara manual, sekarang bisa dilakukan menggunakan sistem perdagangan otomasi dengan diresmikannya Jakarta Automated trading system atau disingkat JATS.

JATS ini dibentuk dengan tujuan untuk mempermudah dan mempermurah penyelesaian transaksi juga memungkinkan terjadinya perdagangan saham tanpa warkat/scripless trading yang membuat transaksi dan distribusi saham menjadi lebih efisien.

Dalam pelaksanaanya perdagangan efek di bursa yang dilakukan dengan menggunakan fasilitas JATS ini, hanya boleh dilakukan oleh anggota bursa (AB) yang sekaligus juga jadi anggota kliring KPEI. Semua anggota bursa efek bertanggungjawab terhadap seluruh transaksi yang mereka lakukan di bursa, baik transaksi yang dilakukan untuk kepentingan sendiri maupun kepentingan nasabah.

1. Online Trading

Online Trading atau OLT semakin dikenal akhir-akhir ini. tentu saja karena dengan melakukan trading online akan menghemat waktu kalian. kalian tidak perlu repot-repot keluar rumah untuk melakukan transaksi saham. Hingga tak heran, makin banyak para ibu rumah tangga yang ikut terjun dalam bidang ini.

Sebab, mereka bisa tetap transaksi meski hanya mengenakan daster di rumah. bahkan, ada sejmlah wanita pekerja yang akhirnya memutuskan mundur dari pekerjaan di kantor dan menjadikan transaksi saham sebagai mata pencarian baru mereka dari rumah.

Online tradig tidaklah sulit. semua orang yang memiliki jaringan komputer dan internet akan bisa ikut serta melakukan online trading. Bahkan terdapat sejumalah situs gratis di internet yang bisa membantu kalian berlatih dengan simulasi trading.

Karena, semakin banyak berlatih, semakin terampillah seseorang investor dalam melakukan trading di pasar modal. Disini ada dua opsi, yaitu online trading yang dapat kalian lakukan tanpa modal sama sekali alias gratis dan online trading berbayar.

Untuk online trading tanpa modal, kalian cukup menyediakan sperangkat komputer atau laptop dengan akses yang mencukupi. Kemudian, kalian tinggal memasukkan persyaratan yang diminta, lalu kalian akn diberikan sebuah akun virtual agar bisa melakukan trading.

Sebaiknya, kalain harus banyak berlatih sebelum benar-benar terjun dalam bisnis ini. kalian bisa melakukan simulasi trading kapan saja dan dimana saja sebanyak yang kalian mau. Semakin mahir kalian, semakin besar kesempatan kalian dalam meraih profit di online trading. Sebagian orang memang sudah membuktikannya dan menikmati hasilnya.

Berinvestasi melalui kegiatan membeli saham online atau online trading (OLT) ini baru marak di Indonesia sejak tahun 2010, meskipun sebenarnya di mancanegara layanan trading saham seperti ini sudah lama ada. terutama di negara Korea Selatan yang dikabarkan cukup sukses menjalankan layanan online trading ini.

Layanan online trading saham sebenarnya juga sudah dikembangkan di Indonesia sejak tahun 2003. Namun, baru mulai tercatat banyak penggunanya pada tahun 2010-an. Hal ini bisa terjadi akibat kurangnya informasi tenatang transaki saham online ini atau bisa juga karena mulai banyak perusahaan sekuritas yang mengenalkan layanan online trading ini. Apalagi, semenjak melihat kesuksesan transaksi saham online ini di Korea Selatan.

Perhatian : Cara membeli saham online atau melakukan transaksi saham online tentu saja semakin memberi kemudahan bagi investor saat ini. Dengan bantuan internet, jarak,waktu, dan kendala lainnya bisa diatasi. hanya saja, saat melakukan transaksi saham melalui online trading, jangan lupa untuk terus berkoordinasi dengan manajer investasi kalian. Tujuannya untuk meminimalkan terjadinya kesalahan saat melakukan trading.

Konsep bermain saham online sebenarnya tak jauh beda dengan main saham cara biasa, yaitu sama-sama membeli dan menjual saham dengan tujuan mendapatkan keuntungan fluktuasi naik turunnya harga saham di pasaran.

Hanya saja, nilai plus online trading adalah investor atau pemilik saham bisa melakukan transaksi sendiri melalui internet tanpa bantuan pialang. Tapi, investor dapat tetap membutuhkan perusahaan sekuritas, meski melalui online trading dan tak perlu repot melalui pialang dulu sebelum mengeksekusi saham-saham pilihan.

Untuk menjamin rasa aman dalam bertransaksi, jangan lupa memilih perusahaan sekuritas yang sudah terjamin bonafid, memiliki kredibilitas yang bagus, serta memiliki sarana dan prasarana yang baik.

Salah satunya adalah kualitas server internet yang besar sebagai salah satu pendukung aktivitas online trading. Jangan sampai kalian memilih sebuah perusahaan sekuritas sebagai broker kalian hanya karena memberikan fee yang lebih rendah dibanding dengan perusahaan sekuritas lain. Sebab, fee rendah tidak menjamin apa-apa.

2. Mengenal Broker Saham Online Yang tepat

Meskipun bertransaksi saham secara online trading, kalian tetap membutuhkan jasa seorang broker atau pialang dari perusahaan efek. Ketika kalian harus memilih broker, pilihlah broker yang sudah terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Info mengenai nama-nama broker dan perusahaan efek yang terdaftar bisa kalain temukan dalam situs website milik Bursa Efek Indonesia atau IDX.

Hingga saat ini, tercatat sejumlah 84 broker di IDX atau Bursa Efek Indonesia. Mereka pada umumnya memiliki lisensi perantara dagang efek, penjamin emisi efek, dan sebagian kecil juga memiliki lisensi sebagai manajer investasi.

Sementara partisipan yang tercatat di IDX hingga saat ini 116 partisipan dan sebagian besar terdiri atas lembaga keuangan perbankan dan lembaga sekuritas seperti sinarmas sekuritas, Trimegah Sekuritas Tbk., dll.

Jangan lupa untuk memilih seorang broker yang jelas bagaimana dan pembayaran fee-nya. Sebagai seorang seorang investor pemula, sebiaknya kalian jangan sampai luput untuuk memerhatikan besaran fee calon broker kalian.

Kalian harus tahu persis apakah fee nya cukup logis ataukah mungkin kalian bisa bernegosiasi, sehingga fee-nya lebih kompetitif dibanding fee dari broker lainnya.

Kompetitif disini bukan hanya berarti fee broker paling murah diantara sederetan broker lain yang tersedia. Sebab fee yang murah juga bisa memengaruhi keandalan sang broker dalam membantu kalian.

Perhatikan sudah berapa lama sang broker beroperasi di BEI atau Indonesia. Dari sana, kita bisa melihat track-recordnya sebagai bahan pertimbangan dalam mengmabil keputusan. Pastikan bahwa dia jga mempunyai fasilitas untuk melkaukan online tradin.

Setelah itu, carilah info mengenai sang broker. Bisa melalui rekan-rekannya atau teman-teman kalian yang sudah terlebih dahulu terjun di pasar bursa. Pilihlah setoran awal yang bisa kalian penuhi sesuai dengan dana yang sudah disediakan untuk transaksi.

Sebagai klien, kalian berhak mendapatkan laporan hasil transaksi secara kontinyu. Broker pilihan kalian juga harus terdaftar di dalam Kustodian Sentral Efek Indonesia atau KSEI yang memberikan kartu anggota sebagai bukti keanggotaan.

Sebab, semua saham yang kalian transaksikan akan tercata dalam daftar KSEI, Jadi, jangan sampai luput untuk memastikan keanggotaan broker online kalian di KSEI.

Jika dia tidak terdaftar di KSEI, maka keabsahan profesi broker online tersebut patut diragukan. Terakhir adalah kalian akan menerima hasil transaksi setelah Tplus 3, baik untuk transaksi jual atau transaksi beli.

3. Cara Memilih Broker Yang Tepat

Tibalah saatnya anda merasa mantap untuk melakukan transaksi saham, baik trading online maupun offline, kalian tentu membutuhkan perantara alias broker atau pialang saham. Untuk itu, jika membutuhkan broker, sebaiknya kalian periksa terlebih dahulu beberapa hal berikut ini :

Aktivitas keseharian broker tersebut. Cek apakah broker tersebut aktif di Burasa Efek indonesia.
Periksalah izin perusahaan sekuritas tempat broker bernaung. Apakah sudah mendapatkan izin dari lembaga berwenang, dalam hal ini OJK dan IDX.
Carilah info mengenai broker terbaik yang sudah ada, meski kalian harus antre untuk dapat bekerja sama dengan sang broker andalan.

4. Mengenal Produk Saham yang Tepat

Setiap pribadi adalah unik dan hal ini juga berlaku dalam dunia trading saham. Portofolio Bu nani yang cocok untuknya dan sukses meraih return, ternyata tak sesuai untuk Pak rahmat. Sehingga, pak rahmat malah gagal meraih return.

Hal ini merupakan indikasi sekaligus pesan untuk setiap personel investor bahwa mereka harus memahami bagaimana cara menyusun portofolio yang tepat untuk keperluan mereka pribadi dalam transaksi di pasar bursa.

Fasilitas online trading sangat menolong saat kalian memulai berinvestasi saham dengan dana yang terbatas. Ketika kalian ingin mulai berivestasi dalam bentuk saham, sebaiknya mulailah dengan jumlah 20% dari total dana yang kalian miliki. Hal ini bertujuan untuk mengurangi risiko kerugian bagi kalian.

Kalian juga dengan tanpa beban bisa mulai trading saham sembari belajr menggunakan fasilitas online trading ini. tentu saja, kalian harus memperhitungkan masalah fee yang kecil karena modalyang sedikit, maka online trading ini akan sangat membantu kalian saat merasa sungkan berhadapan langsung dengan broker berkaitan masalah fee yang sedikit ini.

jangan lupa membuat trading plan terlebih dahulu mencakup fee transaksi menimum harian, fee transaksi dan target profit yang harus diraih agar keuntungan yang kalian dapatkan tidak hanya habis untuk membayar fee saja.

Setelah mulai paham dengan transaksi saham online, dana tambahanpun bisa digelontorkan. Tapi tetap, jangan gunakan seluruhnya. Sebaiknya, kalian bisa menyisakan dana setidaknya 40%-50% dari total dana yang dimiliki.

Jadi, saat ada kesempatan mendapatkan saham baru yang menguntungkan, kalian bisa menggunakan dana cadangan tadi untuk membelinya. Sementara bila tidak memiliki dana cadangan, maka kalian hanya akan bisa menjadi penonton saja saat melihat ada saham-saham ditawarkan dengan harga murah.

Meski mungkin terlihat sulit pada awalnya, namun melakukan transaksi saham melalui OLT tidaklah sesulit yang diduga. Banyak berlatih akan mempermudah kalian dalam melakukan OLT. Kuncinya terletak pada seberapa besar keinginan kalian untuk belajar.

Banyaklah membaca buku-buku tentag investasi saham dan tetap konsultasi dengan manajer investasi kalian. Sebab, seorang manajer investasi yang baik akan lebih mengutamakan kenyamanan klien daripada profit yang tinggi, tapi hanya untuk sekali waktu saja.

Jangan lupa untuk mengikuti seminar keuangan setiap ada kesempatan. Kalian juga bisa menggunakan faslitas trial yang disediakan di beberapa situs OLT. Mereka menyediakan sejumlah simulasi transaksi untuk kalian berlatih tanpa harus membayar sepeserpun.

Ellen May yang merupakan pakar saham berpendapat bhawa hala terpenting dalam menggunakan fasilitas online trading adlah fiturnya. Walau fiturnya sangat mudah dan sederhana, kehatian-hatian, tetap diperlukan karena memungkinkan salha memasukkan order juga akan selalu ada. Jadi, penguasaan terhadap fitur online trading adalah suatu keharusan bagi para investor saham online trading.

Karena kemudahan dari OLT inilah, maka sekarang semakin banyak wanita yang ikut terjun dalam transaksi saham. Sebab, mereka bisa bertransaksi dari rumah di tengah kesibukan aktivitas mereka sebgai ibu rumah tangga. Berikut sejumlah kiat dalam membeli saham online.

  • Jangan gunakan uang pinjaman untuk transaksi saham online
  • Jangan lupa untuk diversifikasi saham saat melakukan transaksi
  • Jangan gunakan uang yang seharusnya digunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari
  • Siapkan nyali untuk bisa kehilangan uang Anda sewaktu-waktu
  • Semua investasi online sudah pasti mengandung risiko
  • Jangan berinvestasi dengan uang yang kalian tak mampu kehilangannya.

5. Menghindari Perangkap Investasi Broker Bodong

Ketika kalian telah merasa yakin untuk memulai melakukan transaksi saham secara online alias OLT, kalian harus memastikan pada diri sendiri bahwa semua transaksi ini bukannya tanpa resiko. Resiko terbesar yang mungkin terjadi adalah kenyataan bahwa dana milik kalian telah disalahgunakan dan kalian dijadikan sebagai korban penipuan.

Investasi yang penuh tipuan seperti inilah yang dikenal dengan nama investasi bodong, dimana para investor yang kurang hati-hati akan terjerat dengan perangkap investasi broker bodong ini. untuk itu, kalian harus tetap cermat dan hati-hati dalam berinvestasi. Agar bisa terhindar dari perangkap investasi broker bodong mungkin ada baiknya bagi kalian untuk mengetahui beberapa hal berikut ini.

Track record

Investasi bodong biasanya akan terlihat dari track recordnya yang tidak begitu memuaskan. Mintalah catatan prestasi bisnis tersebut untuk lebih meyakinkan kalian. kalian bisa mencari data mengenai keakuratan info tersebut dengan bertanya langsung ke Bursa efek Indonesia.

Hubungan yang Sulit

Ya, biasanya kalian akan sulit berhubungan dengan broker atau perusahaan sekuritas tersebut. Sebab, mereka tentu berusaha meminimalkan informasi agar calon nasabah yang hendak mereka gaet tidak curiga lebih dulu.

Nama Yang Buruk

Perusahaan sekuritas atu broker bodong ini [ada umunya memiliki nama yang buruk. Kalian bisa melakukan cek dan ricek kepada para pemain lama di pasar bursa, sehingga kemungkinan kalian akan tertipu dan menjadi mangsa empuk dapat terhindarkan.

  1. Mencari Info via Mesin Pencari

Semakin canggih teknologi, semakin modern peradaban, semakin ringanlah pekerjaan manusia. Dengan adanya teknologi internet, para pelaku pasar modal yang biasanya berinteraksi langsung, sekarang bisa berinteraksi walu terpisah jarak dan waktu. Para investorpun, termasuk investor pemula, banyak terbantu. Merkea bisa menggunakan mesin pencari untuk mendapatkan segala macam info mengenai pasar bursa dan transaksi saham, termasuk dalam menyiapkan informasi untuk bahan pertimbangan dalam pembuatan portofolio untuk diversifikasi investasi saham.

Sarana yang dibutuhkan ialah berupa akses internet serta perangkat komputer atau laptop dan gadget lainnya yang terkoneksi dengan internet. Kalian tinggal membuka akses internetnya dan masuk ke dalam situs mesin pencari yang banyak tersedia saat ini.

Cara Membeli Saham Offline

Selain melakuka transaksi saham secara online, membeli saham secara offline sudah lebih dulu dilakukan oleh banyak orang. Untuk kalian yang baru memulai investasi saham dan ingin melakukan transaksi secara offline atau langsung, kalian bisa melakukan langkah-langkah berikut ini.

1.Kunjungi perusahaan sekuritas pilihan kalian, kemudian, bukalah rekening efek disana. Pada saat ini, terdapat sekitar 120 perusahaan efek yang tercatat di Bursa Efek Indonesia. Ada banyak pilihan untuk kalian tentunya.

2. Serahkanlah fotokopi KTP kalian yang masih berlaku
3. Isilah formulir pendaftaran yang telah disiapkan oleh perusahaan sekuritas.
Tentukan deposit awal

Sebagai catatan, masing-masing perusahaan sekuritas memberikan batas minimum jumlah deposit awal yag bervariasi. Tetapi pada umumnya, saat ini nilai minimum deposit di perusahaan efek adalah Rp 5 juta lebih.

Setelah semua persyaratan dipenuhi, perusahaan efek akan menyetujui permohonan kalian. Kalian pun sekarang telah bisa untuk melakuakn transaksi saham.

1. Kunci Membeli Saham

Untuk sejumlah orang yang baru akan memulai membeli saham offline, mungkin akan ada pertanyaan tentang bagaimanakah caranya untuk membeli saham secara offline? Apakah sama dengan tata car membeli saham secara online trading ataukah memiliki persyaratan khusus lainnya? Tata cara membeli saham secara offline adalah sebaagi berikut.

Mengunjungi perusahaan sekuritas yang merupakan pilihan kalian sendiri atau referensi orang lain yang kalian yakini kebenarannya. Namun, sebainknya kalian memilih perusahaan sekuritas yang sudah terdaftar di Bursa Efek Indonesia.

Untuk mengetahui daftar nama-nama perusahaan sekuritas yang sudah terdaftar dan memperoleh legalitas dari Bursa Efek Indonesia, kalian juga bisa menanyakan langsung ke kantor bursa efek Indonesia di Jakarta atau melalui online dengan membuka website Bursa Efek Indonesia.

Jangan lupa membawa kartu identitas diri berikut fotokopiannya. Tentu saja KTP yang kalian berikan kopiannya merupakan merupakan kartu identitas yang masih berlaku.
Di perusahaan sekuritas, kalian akan diminta untuk mengisi formulir registrasi yang sudah disediakan.

Mohon mengisinya dengan benar dan cermat agar tidak terjadi kesalahan yang mungkin bisa merugikan posisi kalian sebagai pemilik saham atau pemodal di kemudian hari.
Setelah semua proses registrasi selesai, kalian akan diminta mentransfer sejumlah uang sebagai deposit awal.

Transferan ini akan ditujukan ke rekening broker yang telah ditentukan sebelumnya. Sebaiknya kalian telah mengenal sosok sang broker terlebih dahulu demi kepentingan sendiri. Sebab, jika kaian merasa nyaman bekerja sama dengan seseorang, maka hasil yang diraih pun tentu akan menjadi lebih baik lagi. Sementara, danan deposit yang kalian transfer, jumlahnya tergantung pada masing-masing broker yang biasanya menentukan jumlah berbeda-beda.

Setelah semua proses diatas dilewati dan kalian telah mendapat persetujuan atau disetujui, selanjutnya kalian sudah siap melakukan transaksi

Berikut ini ada beberapa kunci atau kiat bagi kalian tentang bagaimana cara membeli saham offline atau langsung yang aman buat kalian.

Pastikan bahwa kalian telah menentukan perusahaan efek yang tepat untuk kalian. Lakukanlah survei atau riset kecil-kecilan untuk mencari perusahaan efek atau sekuritas yang tepat untuk kalian.

Pilihlah broker/pialng yang sesuai dengan kalian, kalian bisa memulainya dengan mencari info tentang broker-broker bagus serta melakukan wawancara ringan dengan mereka sebelum menjatuhkan pilihan.

Rancanglah portofolio saham kalian secara cermat.dan secara rinci mungkin bersama manajer investasi kalian.

Berinvestasilah pada saat yang tepat.Jangan terbawa emosi saat memutuskan untuk membeli atau menjual saham.

Selalu menambah ilmu mengenai dunia investasi saham. Bisa dengan mengikuti seminar, membaca buku-buku tentang saham, berdiskusi dengan teman yang memiliki minat yang sama, berdiskusi dengan pialang kalian, browsing di internet dan sebagainya.
Tentukan modal awal kalian berinvestasi dan yakinkan bahwa tersebut bukan dana primer kalian.

Yakinkan untuk berinvestasi dalam jangka panjang. Siap untung dan siap rugi.
Jika kalian menjadi seseorang pemegang saham dan memiliki sejumlah kesbukan di luar dunia trading saham, kemungkinan besar kalian akan lebih menyukai online trading. Selain itu karena faktor kepraktisannya, lebih mobile, dan tetap bisa dipercaya.

Kemajuan teknologi memanjakan gaya hidup manusia. Sehingga, mereka tak perlu repot-repot harus segera turun dari tempat tidur, mandi, dan berpakaian yang pantas hanya untuk menghadiri sebuah transaksi di sesi awal perdagangan saham. Kenalai juga Keuntungan dan Resiko Jual Beli Saham

Kesimpulan :

Bagaimanapun juga, keputusan ada ditangan kalian. Apakah akan memilih saham online ataukah saham offline atau transaksi konvesional. Semuanya hanya kembali pada satu-satunya tujuan kalian berbisnis saham, yaitu return tinggi. Selamat Berinvestasi.

Default image
Admin
Saya Suka Menulis dan Membagikan Ilmu yang saya Miliki.

Leave a Reply