Cara Membuat Database dengan XAMPP untuk Pemula Lengkap

portaljawa.com – Hai sobat kalian pernah denger tidak apa itu database. Nah dipostingan ini kami akan membuat sebuah penjelasan dan tutorial. Tutorial yang ingin kami buat ialah cara membuat database dengan xampp.

Ini merupakan mata kuliah semeseter 3 sampai 4 , Nah karena team kami sedang ada yang kliah dan sekarang menerima matkul database. Nah oleh sebab itu kami buatkan Artikel ini untuknya.

Pengertian Database

Database adalah kumpulan informasi yang disimpan di dalam komputer secara sistematik sehingga dapat diperiksa menggunakan suatu program komputer untuk memperoleh informasi dari basis data tersebut.

Perangkat lunak yang digunakan untuk mengelola dan memanggil kueri (query) basis data disebut sistem manajemen basis data (database management system, DBMS). Sistem basis data dipelajari dalam ilmu informasi. (source wikipedia)

Untuk membuat Database kalian harus mempunyai aplikasi pendukung seperti aplikasi Xampp. Untuk kamu yang belum mempunyai aplikasinya silahkan unduh terlebih dahulu.

Namun jika kalian sudah mempunyainya mari kita lanjutkan tutorial berikut ini.

Cara Membuat Database dengen Xampp

Berikut ini merupakan cara membuat database dengan bantuan aplikasi Xampp. Mari kita simak artikel berikut ini ;

1. Buka aplikasi Xampp , Kemudian Start bagian “My sql

2. Selanjutnya tekan “Shell” , Jika sudah silahkan tuliskan “Mysql -u root -p “,Jika muncul password abaikan saja.

3. Kemudian kalian ketikan ” show databases; ” berfungsi untuk mengecak apakah sudah terbuat database sebelumnya.

4. Jika masih kosong , Silahkan ketik “create database

5. Buatlah database misalkan database hotel , dan kami beri contoh database hotel_heri, nah kalian ketikan “ create database hotel_heri;

6. Langkah berikutnya ” show databases; ” kembali

7. lalu gunakan database yang sudah kalian buat (hotel_heri) , dengan mengetikan “use hotel_heri; ” , Nah nantinya akan secara otomatis berubah menjadi database hotel_heri.

Nah disini kalian sudah mempunyai sebuah database namun belum terisi data base tersebut. Lalu bagaimana sih cara mengisi database tersebut.

Nah silahkan kalian buat Tabel terlebih dahulu. Tabel ini difungsikan untuk mempermudah kalian dalam menyimpan maupun mencari data. di artikel selanjutnya kami akan memberikan tutorial membuat tabel di database.

Nah mungkin itulah sedikit Informasi yang dapat portaljawa mengenai cara membuat database dengan aplikasi Xampp. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk kalian. Terimaksih untuk pengunjung yang sudah mampir.

Tinggalkan Komentar