√ Cara membuat File RAR dengan Mudah dalam Sekejap

  • Whatsapp
cara membuat file rar
cara membuat file rar

Cara membuat File RAR – Halo sobat portaljawa , Kali ini kami akan memberikan sebuah informasi menarik. Kalian pasti tidak asing dengan file ini , File yang sering digunakan untuk membuat file lebih ringan ini memang sangat memudahkan pekerjaan manusia.

Cara membuat file RAR sendiri bukanlah hal yang sulit gan, Karena kalian bisa membuatnya sendiri menggunakan Aplikasi , PC , serta ada juga Tool online di Google. Jika bener – benar kalian belum bisa berarti kalian tepat membaca artikel ini. Karena kami akan menjelaskan secara jelas langkah – langkah membuat file RAR dengan mudah.

Apa Itu RAR dan ZIP ?

Apakah Anda akrab dengan file yang dikompresi? Bagi Anda yang terbiasa dengan penggunaan komputer segera mengenali kedua jenis file: Zip dan RAR. Zip dan Rar adalah file terkompresi yang memungkinkan beberapa file untuk mengumpulkan menjadi satu dengan ukuran yang lebih kecil. Zip dan Rar dapat memfasilitasi pemidahan file Anda ke dalam satu paket.

File juga akan dipindahkan dengan mudah karena ukurannya berkurang atau dikompresi. Zip dan format file Rar sering digunakan orang untuk membuat ukuran file yang lebih kecil. Jika Anda sering men-download beberapa file dari internet, Anda akan menemukan sebuah file Zip dan file Rar di berbagai file hosting. Upload sengaja kompres file-file ini untuk memproses upload dan download lebih cepat.

Perbedaan File RAR dan ZIP

Tetapi jika Zip dan Rar adalah jenis yang sama file? tidak ada. Zip dan Rar memiliki fungsi yang sama, tetapi mereka adalah dua jenis file yang berbeda. Salah satu keajaiban jika perbedaan dari kedua file.

PERBEDAANZIP RAR
Program ekstraksiSudah banyak built-in di berbagai platformHanya di beberapa platform yang sudah built-in
KompresiProses yang cepat, hasil kompresi tidak jauh berbedaProses yang lama, hasil kompresi lebih kecil
Format.zip dan .zipx.r01, .rar, .r00 dan .rev
Ukuran kompresiMaksimal 2 GBTidak terbatas
Algoritma yang dipakaiDeflateLZMA
PenemuPhil KatzEugene Roshal
KeamananMendukung pengaturan password enkripsiPerlu program tambahan untuk mengatur password

File Rar memiliki keunggulan yang tidak dimiliki file lain, selain ukuranya yang bisa sangat kecil dan ringan. File rar juga gampang untuk di ekstrak dimanapun, di HP, di Laptop, serta bisa juga di komputer. File rar sering digunakan oleh para karyawan , pelajar, mahasiswa , dosen hingga bos – bos juga menggunakan file ini.

Karena File rar sangat simple dan ringkas, Oleh karena itu banyak orang menggunakan file ini untuk mengirim dokumen ke orang lain.

File RAR sendiri sekarang menjadi sangat populer dibandingkan dengan file ZIP, Kedua file ini memang memiliki kesamaan. Namun File RAR menjadi sangat popoler dikalangan para milenial di jaman sekaranf.

FIle RAR memiliki keistimewaan yang sangat EPIC yaitu bisa memperkecil ukuran file hingga berkali – kali lipat dari ukuran aslinya. Nah File ini cocok buat kalian yang ingin melakukan pengiriman file namun jumlah file yang besar. Kalian pasti males kan jika mengirim file akan tetapi ukuran file tersebut sangat besar. Pasti akan membutuhkan kuota internet banyak, Karena Size filenya sangat besar.

Nah Cara membuat File RAR memang wajib kalian kuasai , Apalagi jika kalian seorang yang tidak mau boros atau hemat. Pasti sangat butuh informasi ini, Sedangkan jika kalian seorang Dosen pasti juga akan sering mengirim tugas dan materi dalam bentuk file kan. Nah saran dari kami ubahlah file atau folder menjadi File RAR.

Disini kami akan memberikan 3 Cara mengubah FIle atau Folder menjadi FIle RAR, SImak terus ya ulasan kami dibawah ini…

Cara membuat FIle RAR di PC/Laptop

Cara membuat file RAR yang pertama ialah menggunakan Perangkat PC/ Laptop yang sudah terinstal WINRAR. Silahkan simak penuturan kami dibawah ini semoga berhasil.

1. Buka PC atau Laptop yang ingin di gunakan

2. Kemudian buka bagian penyimpanan komputer, Buat atau buka folder ataupun file yang mau di ubah jadi RAR.

cara membuat file rar di pc

3. Kemudian Pilih Folder atau File yang ingin diubah, Klik ,lalu Klik Kanan hingga muncul seprti gambar berikut.

cara membuat file rar dengan mudah
proses ubah file menjadi RAR

4. Kemudian klik Bagian Add to “Portaljawa.rar” seperti gambar di atas , Tunggu hingga proses selesai

5. Jika sudah selesai , nantinya File atau folder yang ingin kalian ubah berhasil menjadi file rar, nantinya akan seperti gambar dibawah ini.

mengubah file menjadi rar
hasil mengubah file atau folder menjadi file rar

Nah mungkin itulah sedikit informasi yang dapat portal jawa berikan mengenai Cara membuat File RAR dengan mudah di PC. Silahkan bagikan artikel ini jika bermanfaat , Terimakasih sudah berkunjung ke website kami.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *