Cara Membuat Kelas Online Dengan Google Classroom

  • Whatsapp
cara membuat kelas online dengan google classroom

portaljawa.com – Sekarang ini sudah jamannya Online, apa – apa serba online. Ada toko online, ada les online, dan juga ada yang namanya kelas online, sekarang kita akan membahas cara membuat kelas online dengan menggunakan aplikasi Google Classroom bersama portaljawa.

Kelas online yang kita bicarakan ini tidak berbeda jauh dengan kelas pada biasanya, karena dikelas online ini ada beberapa fasilitas yang biasanya ditemukan dikelas ‘offline’, seperti tugas, deadline, pengumuman, atau diskusi guru dengan murid juga ada.

Murid – murid yang masuk ke kelas online ini juga tidak bisa asal masuk, karena ada 2 cara seorang murid bisa masuk kedalam kelas online ini, cara pertama adalah menggunakan kode kelas dan cara kedua adalah diundang oleh guru itu sendiri, walau biasanya murid masuk dengan cara pertama.

Karena memang lebih mudah masuk kedalam kelas online dengan menggunakan kode khusus ketimbang harus menunggu guru mengundang murid terlebih dahulu, karena jika guru mengundang banyak murid maka akan sangat menguras tenaga.

Kelas online ini bisa memiliki beberapa guru didalamnya, jadi tidak hanya satu guru saja. Google Classroom adalah salah satu aplikasi yang menyediakan kelas online, dan pastinya untuk masuk kedalam kelas online ini kita harus memiliki akun google terlebih dahulu.

Apa itu Google Classrooms ?

Google Classroom adalah suatu serambi pembelajaran campuran yang diperuntukkan terhadap setiap ruang lingkup pendidikan yang dimaksudkan untuk menemukan jalan keluar atas kesulitan dalam membuat, membagikan dan menggolong-golongkan setiap penugasan tanpa kertas. (dikutip dari Wikipedia)

Dan juga setiap murid yang ingin bergabung dengan kelas online google classroom ini diharuskan dan diwajibkan untuk memiliki akun google, karena itu adalah hal pertama yang akan diminta saat ingin bergabung dengan kelas google classroom ini.

Oke, sekarang kamu adalah seorang guru yang ingin membuat sebuah kelas online, tetapi tidak tahu bagaimana cara membuat kelas online dengan aplikasi google classroom ? tenang saja, silahkan buka artikel ini dan kamu akan bisa membuat kelas online dengan mudah.

Cara Membuat Kelas Online Di Google Classroom

Seperti yang saya katakan sebelumnya, untuk dapat membuat kelas online ini kamu harus terlebih dahulu memiliki akun google, jika kamu tidak tahu caranya, silahkan klik link cara membuat akun google tersebut.

Pada cara ini saya hanya fokus menggunakan aplikasi google classroom, walaupun sebenarnya bisa juga menggunakan google classroom web, tetapi khusus artikel ini saya hanya akan menggunakan aplikasinya.

Baca Juga :  8 Cara Optimasi SEO Video Youtube Paling Ampuh

Karena menurut saya pribadi, mendaftar kelas online dengan menggunakan aplikasi google classroom lebih mudah jika dibandingkan dengan google classroom versi web. Walaupun sebenarnya fiturnya kebanyakan berada pada google classroom versi web.

cara membuat kelas online dengan google classroom

Tetapi jika sekedar ingin membuat kelas, maka google classroom versi aplikasi ini adalah pilihan termudah. Disini saya akan memberitahu kepada kamu cara membuat kelas online dengan aplikasi google classroom, silahkan dibaca dengan seksama dan dilakukan dengan benar.

Baca Juga :

1. Pertama buka aplikasi google classroom kamu, dan klik simbol tanda ‘+‘ pada bagian kanan atas, atau yang ditandai pada gambar diatas, lalu klik create class.

cara buat kelas online di google classroom

2. Akan muncul tampilan seperti diatas, itu adalah ketentuan dan peraturan yang ada di google classroom, jika kamu ingin melanjutkan klik kotak kosong yang saya tandai sampai berwarna biru, lalu klik continue.

kelas online di google classroom

3. Ini adalah formulir tentang kelas yang akan kamu buat :

Kotak Pertama  : Kamu isikan nama kelas kamu, biasanya sesuai mata pelajarannya.

Kotak Kedua     : Isikan kelas apa yang kamu ajari, contoh kelas 2.

Kotak Ketiga     : Isikan ruang kelas yang kamu ajari, contoh kelas 2-1.

Baca Juga :  Nose Up Alat Pemancung hidung Terbaik Teknologi Jepang

Kotak Keempat : Isikan nama mata pelajaran pada kotak ini.

4. Jika sudah klik create yang ada dibagian kanan atas atau yang ditandai pada gambar diatas, dan tunggu sampai proses selesai.

cara buat kelas online di google classrome

Sampai disini kelas online kamu sudah berhasil dibuat, tampilannya besar kemungkinan akan tampak seperti pada gambar diatas. Disini saya membuat sebuah kelas dengan nama kelasnya Bahasa Indonesia dan dibawahnya adalah kelas 2.

Manfaat Google Classrooms

Banyak sekali manfaat yang dapat di berikan dengan membuat Kelas online di Google classroom. Kita bisa terhubung dengan teman maupun sahabat tanpa harus ketemu langsung di tempat. Kita bisa sangat mudah melakukan interaksi dengan adanya google classroom.

Kesimpulan

Kelas ini dapat langsung digunakan dengan segera. Kamu dapat mengundang murid kamu untuk memasuki kelas tersebut dan berinteraksi seperti pada kelas biasa. Semoga cara ini dapat berhasil kamu lakukaN.

Nah mungkin itulah sedikit Informasi mengenai Cara membuat Kelas Online di Google Classroom. Semoga Informasi ini dapat bermanfaat untuk kalian semua. Jika ada pertanyaan silahkan komentar di bawah ini atau bisa hubungi kami langsung. Terimakasih sudah berkunjung ke website kami.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *