Cara membuat Surat Lamaran Kerja Menarik (pasti diterima HRD)

portaljawa.com – Hailo sobat portaljawa kalian pernah ngga bro membuat surat lamaran kerja. Surat Lamaran tersebut biasa kalian gunakan untuk melamar kerja iya kan Hehe. Tapi kalian tau ga sih kalau surat lamaran pekerjaan itu ngga boleh asal – asalan cara membuatnya.

Untuk membuat surat lamaran kerja kalian harus memerhatikan aspek – aspek standart surat lamaran. Kalian tidak boleh asal nulis atau ketik saja. Karena surat lamaran kerja merupakan cerminan diri anda dimata para HRD.

Pasti kalian pernah di ajarkan pada waktu duduk dibangku SMA ataupun SMK. Tentang Tata cara pembuatan surat lamaran pekerjaan yang benar.

Sebenarnya membuat surat lamaran kerja bukan hal yang sulit. Namun jika kalian tidak tahu tekniknya maka akan terasa sulit untuk kalian membuatnya.

Cara membuat surat lamaran Kerja

cara-membuat-surat-lamaran-kerja-tulis-tangan

Ketika kalian sedang mencari pekerjaan, tentu saja yang perlu kalian buat saat melamar kerja adalah surat lamaran kerja. Surat lamaran kerja merupakan Nilai utama yang menentukan apakah Anda diterima kerja pada tempat yang Anda lamar atau tidak.

kalian harus memperkenalkan diri Anda secara benar tanpa perlu mengada-ada yang tentu saja menjadi nilai tambah bagi perusahaan yang akan menerima kerja.

kalian pastinya harus menulis surat lamaran kerja dengan baik agar kemungkinan diterima di perusahaan yang Anda semakin besar. Hal ini dikarenakan begitu banyak orang yang memerlukan pekerjaan namun lapangan kerja yang tersedia tidak memadai. Sehingga untuk memasuki perusahaan yang Anda inginkan bisa saja menjadi susah karena persaingan yang ketat.

Baca Juga : Cara membuat Pas Foto Untuk daftar kerja

Trik Agar Surat lamaran Kerja Di Terima

inilah tips menulis surat lamaran kerja yang menarik agar HRD menerima kerja kalian di perusahaan yang kalian inginkan.

  1. Baca dengan baik persyaratan yang dibutuhkan dalam lowongan pekerjaan tersebut.
  2. Tulis surat lamaran kerja dengan kata baku menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia.
  3. Gunakanlah kata-kata yang mudah dipahami, singkat, padat,]elas, sopan, dan menarik.
  4. Tujuan surat harus jelas. nama yang dituju harus Anda pastikan benar ejaan namanya, gelar, dan jabatan, begitu pula dengan alamat perusahaan.

Setelah Anda selesai menulis surat lamaran kerja. Baca sekali lagi, pastikan tidak ada salah ketik. Sebaiknya gunakan tata bahasa yang baik dan benar, serta tidak ada kata yang sering terulang.

Gunakan Kertas yang bersih tanpa coret – coretan , lebih baik kalian menjaga agar surat lamaran yang kalian tulis tetap bersih. Jangan sampai ada noda Tipe-X dan coretan lainnya.

Jika Anda menulis surat lamaran kerja dengan tulisan tangan, pastikan tulisan Anda dapat dibaca. Hindari menggunakan tulisan tegak bersambung. Jangan sampai tangan kalian mengotori kertas saat menulis harap gunakan alas tangan untuk mencegahnya.

Setelah Anda mengetahui Tutorial menulis surat lamaran kerja agar peluang diterima oleh HRD, simak cara menulis surat lamaran kerja di bawah ini.

Cara menulis surat lamaran pekerjaan yang menarik

interview-kerja

Umumnya cara menulis surat lamaran kerja untuk diajukan kemanapun sama saja isinya. Entah cara membuat surat lamaran kerja online dan cara membuat surat lamaran kerja tulis tangan.

Langkah-Iangkah membuat surat lamaran kerja : ii

1. Tempat dan tanggal penulisan surat.

2. Kepada Yth. nama orang beserta gelar dan jabatannya atau perusahaan yang dituju. Alamat lengkap perusahaan.

3. Salam hormat

4. Kata pengantar/ pembukaan

Dalam kata pengantar atau pembuka dalam surat lamaran kerja wajib Anda cantumkan di mana Anda mendapatkan informasi mengenai lowongan kerja yang dibuka pada perusahaan yang Anda tuju. Baik dari surat kabar maupun internet, atau teman Anda.

Sebutkan posisi jabatan pekerjaan yang Anda pilih jika dalam perusahaan tersebut membutuhkan banyak sekali karyawan baru.

  1. Biodata pribadi

Tulislah nama lengkap kalian, tempat dan tanggal lahir, alamat lengkap, nomor telepon atau no handphone, E-Mail, Pendidikan (tidak terlalu wajib)

Jika Anda ingin menulis latar belakang pendidikan Anda, tulis saja latar belakang pendidikan tertinggi Anda.

  1. Pengalaman kerja dan kemampuan Anda

Jika sebelumnya Anda pernah bekerja, tulisan pekerjaan Anda sebelumnya. Jika belum pernah bekerja (fresh-graduate) tidak usah. Tulis juga kemampuan Anda yang sekiranya dibutuhkan dalam perusahaan tersebut.

  1. Penutup

Dalam penutup ini tulislah untuk pembaca Anda bahwa Anda mempunyai keinginan kuat agar diterima di perusahaan tersebut. Jangan lupa mengucapkan “Terima kasih”.

  1. Lampiran surat lamaran kerja

Agar perusahaan yang kamu inginkan yakin untuk menerima kalian, lampirkan juga hal-hal yang dapat menambah nilai plus kalian. Hal yang sebaiknya ada sebagai lampiran adalah :

-Pas foto (foto terbaru)

-Fotokopi KTP

-Daftar riwayat hidup

-Fotokopi ijazah terakhir

-Fotokopi sertiflkat kompetensi (kursus atau pelatihan yang pernah Anda ikuti)

  1. Hormat saya, (Tanda tangan dan nama lengkap Anda)

Setelah Anda mengetahui cara membuat surat lamaran pekerjaan. jangan lupa pastikan kembali 3 point utama dibawah ini bro. Agar kalian dapat dengan mudah mengambil hati HRD yang menginterview kalian.

3 Poin Utama membuat Surat Lamaran Kerja

Sebelum Anda pergi untuk melamar suatu pekerjaan, pastinya Anda harus mempersiapkan semua berkas yang akan dibutuhkan Anda untuk melamar pekerjaan. Dan salah satu berkas yang harus Anda siapkan dengan baik yaitu surat lamaran pekerjaan. Apakah Anda tahu bagaimana cara untuk membuat surat lamaran kerja?

Banyak diantaranya orang-orang yang masih belum mengetahui pasti cara dalam membuat surat lamaran kerja yang baik dan benar. Padahal surat lamaran kerja merupakan penilaian awal yang akan diberikan oleh pihak perusahaan kepada Anda agar Anda bisa lolos dari semua tahapan seleksi dan bisa diterima bekerja di perusahaan tersebut.

Agar Anda bisa memperoleh respon yang baik dari pihak perusahaan yang merekrut Anda, pastinya Anda harus membuat surat lamaran kerja yang baik dan terlihat profesional. Dan berikut ini ada beberapa cara dalam membuat surat lamaran kerja yang perlu untuk Anda ketahui, yaitu sebagai berikut:

  1. Tulisan tangan harus jelas

Ketika Anda hendak membuat surat lamaran kerja, maka sebaiknya pergunakanlah tulisan tangan yang jelas serta mudah untuk di baca. Jika tulisan tangan Anda sulit untuk di baca, maka hal ini akan membuat pihak perusahaan yang akan merekarut Anda merasa kesal. Dan tidak menutup kemungkinan surat lamaran yang Anda kirimkan tidak akan di baca, dan itu membuat Anda tidak akan diterima bekerja di perusahaan tersebut.

  1. Hindari coretan pada tulisan

Ketika Anda membuat surat lamaran kerja, sebaiknya Anda lebih teliti dan usahakan untuk tidak ada kesalahan sedikitpun dalam penulisan surat lamaran kerja. Anda harus menghindari coretan pada surat lamaran karena ada kata yang salah. Oleh karena itu, Anda harus lebih teliti lagi dalam menulis setiap kata pada surat lamaran kerja,jangan sampai ada kata yang salah.

  1. Sertakan tanggal dan tanda tangan

Sebelum Anda mengirimkan berkas lamaran ke perusahaan yang membuka lowongan, pastikan Anda telah menulis tanggal pembuatan surat serta tanda tangan di bagian bawah surat lamaran kerja. Sebab kedua hal inisering terlupakan oleh sebagian besar orang, oleh karena itu cobalah untuk selalu mengecek surat lamaran sebelum Anda mengirimkannya.

Nah mungkin itulah sedikit Tips cara membuat surat lamaran pekerjaan. Semoga artikel berikut dapat bermanfaat bagi kalian semua. Silahkan bagikan artikel ini jika bermanfaat untuk anda . Terimakasih.

Satu tanggapan untuk “Cara membuat Surat Lamaran Kerja Menarik (pasti diterima HRD)

  • 3rd Desember 2019 pada 4:16 pm
    Permalink

    Makasih gan informasinya sangat bermanfaat bagi saya yang ingin membuat surat lamaran kerja

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Kuota habis !!