8 Cara Mempercepat Koneksi Internet Paling Ampuh Saat ini

Cara Mempercepat koneksi Internet – sekarang ini internet memang sangat penting bagi kebanyakan masyarakat. Pasalnya semua kegiatan sekarang ini bisa dilakukan dengan koneksi internet. Tapi jika koneksi internet komputer anda lambat, apa solusinya? Pastinya akan membuat aktifitas selancar anda terganggu. Untuk itulah, anda harus tahu bagaimana cara mempercepat internet supaya tetap stabil berikut ini.

Koneksi internat di jaman sekarang memang menjadi salah satu kebutuhan yang sangat primer. Karena sekarang ingin bekerja entah ingin belanja sudah bisa melalui online. manfaat internet memang sangat besar di jaman modern ini, Semakin majunya teknologi – teknologi yang membantu kehidupan manusia.

Namun Teknologi – teknologi tersebut membutuhkan Jaringan yang kuat, Jika Koneksi Jaringan internet kalian terganggu. Pasti kalian akan kesal , misal sedang melakukan transaksi online maupun para Youtuber gaming yang harus selalu online. Masalah jaringan intenet ini sebenarnya bisa teratasi dengan melakukan metode – metode di bawah ini.

Baca Juga : Cara mempercepat Koneksi Internet Hingga 9x Lipat

8 Cara Mempercepat Koneksi Internet Android dan Komputer

Silahkan simak ulasan kami mengenai cara mempercepat koneksi internet dengan beberapa langkah berikut….

1. Merubah Setting Bandwidth 

Yang dimaksud dengan bandwith ialah luas cakupan frekuensi dari sinyal laptop untuk transmisi data anda. Untuk mengatur bandwith pada laptop, kita bisa mengikuti langkahnya dibawah ini:

1. Langkah pertama buka program Run (caranya klik Windows & tombol R bersamaan. Setelah tampil pop up Run.

2. Di bagian Run, tulis gpedit.msc. Setelah itu klik OK

3. Setelah tampil jendela baru, lalu klik 2 kali dibagian pilihan Computer_Configuration_Administrative_Templates_Network_QoS_Packed.

4. Kemudian klik menu QoS Packed – Llimit Reserveable Bandwith – Previous Setting

5. Kemudian klik pada opsi enable -> untuk bagian Bandwidth Limit tulis 0 (default sampai 20), klik juga OK

6. Terakhir, restart komputer. Dan coba kecepatan barunya.

2. Merubah DNS Dalam Komputer Anda

Kemudian, bila internet pada computer anda masih terlalu lemot, anda dapat mencoba cara yang kedua ini dengan melakukan open DNS dibawah ini:

1. Amati task bar laptop anda. Kemudian klik sebelah kanan pada ikon Network, setelah itu, tekan Open_Network_and_Sharing_Center

2. Kemudian klik Wi-Fi dan klik menu Network_Sharing_and_Service

3. Kemudian, tekan pada pilihan link menu Connection di sebelah kanan.

4. Jika Wireless_Network_Connection sudah berhasil dibuka, maka pilih dan klik properties.

5. Kemudian pilih dan klik perintah Internet_Protocol_Version_4_(TCP/ IPv4), lalu klik kembali perintah Properties.

6. Dibagian tab General, centang pada pilihan Use_the_Following_DNS_server_addresses. Lalu rubahlah DNSPrefered DNS: 208.67.222.222

Alternate DNS: 208.67.220.220

7. Kemudian akhiri dengan melakukan klik OK.

8. Agar tahu hasilnya, langsung restart komputer dan coba kembali berselancar.

3. Ganti Channel

Bila anda punya tetangga, router maupun access points, kadang semua itu penyebab WIFI kita pada computer lambat. Fitur Router WiFi ini mampu bekerja pada sejumlah channel. Jadi, kita dapat memperoleh informasi mana channel yang sepi dari sini.

Sehingga dari PC anda akan terlihat channel mana saja yang digunakan oleh WiFi yang ada disekitar kita. Untuk itu, anda bisa menggunakan cara masuk pada Command Prompt lalu klik “netsh wlan show all“. Disitu akan anda lihat beberapa daftar jaringan wireless serta channel yang ada di lingkungan anda.

Baca Juga : 6 Penyebab Koneksi Internet kalian lambat

4. Buat Antena DIY

Untuk mempercepat WIFI, anda dapat mengikuti trik DIY ini. Misalnya saja dengan cara membuat antena berbahan kaleng minuman. Iris bagian bawah dan atas kaleng, lalu potong juga bagian tengahnya sampai membentuk sebuah lembaran. Taruh lembaran tadi dibelakang antena router berbentuk menyerupai parabola, kemudian buat agar sisi depannya menjadi terbuka. 

Meskipun hasil yang didapat tak terlalu drastis, namun trik tersebut terbukti mampu mempercepat sambungan WiFi anda.

5. Ganti Router yang Lama

Bila ternyata yang anda gunakan adalah router lama, contohnya saja masih menggunakan tipe standar 802.11n, yang mempunyai batas bandwidth sangat rendah. Untuk itu, sebaiknya anda harus meng-upgrade router tersebut menjadi router standar  802.11ac guna mendukung bandwidth mencapai 1Gbps.

6. Rubah Pengaturan Smartphone

Bila anda pengguna smartphone Android, terutama bermerk Xiaomi, maka bisa melakukan cara mudah kali ini supaya koneksi wifi lebih cepat. Namun anda harus mengunduh aplikasi tambahan untuk mendukungnya. Caranya ialah klik Settings, lalu pilih WiFi. Kemudian scroll ke bawah sampai bertemu dengan menu Advanced settings.

Lalu klik perintah tadi setelah itu pilihlah menu WiFi speed mode guna memberikan prioritas bandwidth dalam aplikasi tertentu. Terdapat pilihan Regular mode yang mempu membagi bandwidth dengan merata kepada aplikasi apa saja yang berjalan dalam foreground maupun background.

Disamping itu terdapat pula pilihan Extreme mode guna memprioritaskan bandwidth dalam aplikasi yang berjalan pada foreground. Sementara aplikasi yang sedang berjalan pada background mungkin saja tak dapat mengakses internet sementara waktu.

7. Gunakan Password

Koneksi WiFi yang diberi paswor, dapat menghindarkan pemakaian pengguna lain yang tak di ijinkan. Pastikan pula password yang digunakan enkripsi WPA2 supaya lebih sulit untuk dibobol.

8. Reboot Router

Melakukan boot ulang router bertahap atau reguler juga termasuk salah satu cara termudah dalam peningkatan kecepatan koneksi WiFi anda di rumah. Namun cara ini dapat dilakukan bukan hanya ketika koneksi internet sedang lambat. Sehingga anda perlu melakukan pengaturan jadwal otomatis supaya router dapat restart sekali sehari ataupun seminggu sesuai dengan keinginan pengguna.

Kesimpulan dan Penutup  

Nah, itulah beberapa cara yang bisa dilakukan jika koneksi internet computer anda terasa lemot. Karena pentingnya internet dalam kehidupan kita, hal ini membuat siapa saja melakukan apapun supaya koneksi internet tetap stabil. Cara mempercepat koneksi internet ini sudah kami uji bersama dan terbukti ampuh membuat ringan smartphone maupun pc.

Cara di atas dapat anda pakai untuk mempercepat koneksi internet pada laptop anda untuk mempercepat pengerjaan tugas kuliah atau tugas dikantor. Silahkan pilih cara termudah untuk membuat laptop menjadi enteng dan bisa berselancar dengan cepat. 

Umumnya terdapat beberapa faktor yang bisa membuat koneksi internet menjadi lambat. Sehingga periksa dulu apa penyebab koneksi internet yang lambat pada laptop maupun computer. Dengan begitu, anda pun akan memudahkan dalam penangannya.  

Itulah pembahasan tentang Cara Mempercepat Koneksi Internet dari inews. Dengan beberapa cara diatas, tentunya akan membuat ponsel dan computer kembali ringan dan cepat koneksi internetnya. Terima kasih.

Tinggalkan komentar