Cara Mendapatkan Backlink Berkualitas Dari Web Besar

portaljawa.comBacklink adalah salah satu elemen seo yang dapat menjadikan sebuah halaman website berada pada page one google. Untuk mendapatkan backlink caranya gampang-gampang susah ya karena banyak sekali faktor yang perlu diperhatikan. Namun yang terpenting adalah bagaimana caranya mendapatkan backlink berkualitas dengan cara yang benar.

Perlu diingat, jangan sampai kamu hanya fokus mencari banyak backlink tanpa pilih-pilih, bisa saja backlink yang kamu dapatkan berasal dari situs-situs yang dianggap spam oleh google. Hal ini dapat menyebabkan blog kamu juga dianggap spam dan parahnya blog kamu akan diabaikan oleh mesin pencari.

Cara Mendapatkan Backlink Berkualitas

Pada dasarnya, backlink yang bagus adalah yang berasal dari situs besar dan tentunya dipercaya oleh google. Untuk mendapatkan backlink dari situs besar sering kali dianggap sulit oleh para blogger pemula, padahal sebenarnya cukup mudah untuk didapatkan. Bagaimana caranya? Kamu bisa mencoba metode metode Guest Blogging.

Guest Blogging

Guest Blogging adalah sebuah metode untuk mendapatkan backlink dengan cara menulis artikel di situs milik orang lain. Banyak sekali situs-situs besar yang bisa kamu manfaatkan untuk mendapatkan backlink. Misalnya, Kompasiana, Tribunnews, Kaskus dan situs lain . Syaratnya hanya satu yaitu kamu harus mengirimkan sebuah artikel ke situs-situs besar tersebut untuk selanjutnya dipublikasikan.

Namun masing-masing situs tentunya punya aturan tersendiri yang harus kamu patuhi. Untuk itu saya akan menjelaskan lebih detail mengenai cara menulis artikel dan menaruh backlink pada situs-situs besar.

Baca Juga : Cara Melihat Trending Topik di Google Trends Lengkap

1. Cara mendapatkan backlink Kompasiana

Kompasiana merupakan portal yang disediakan oleh Kompas Gramedia untuk para penulis. Tujuannya memang sangat jelas yaitu untuk membantu para penulis menyalurkan bakatnya dalam menulis agar bisa dibaca oleh orang lain.

Untuk mendapatkan backlink dari kompasiana sebenarnya cukup mudah, kamu diharuskan membuat sebuah artikel kemudian di publish. Namun jangan sekali-kali menggunakan artikel yang sudah di publish di blog lain karena artikel kamu bisa terkena plagiarisme. Situs kompasiana sendiri menggunakan plugin plagiarism checker, jadi jika kamu hanya copy paste saja maka bisa dipastikan artikel kamu akan ditolak dan tidak akan terbit.

Terakhir ketika kamu sudah selesai menulis artikel, jangan lupa untuk menaruh link aktif blog kamu di akhir artikel karena link aktif itulah yang nantinya akan menjadi backlink yang kamu dapatkan dari situs kompasiana.

2. Cara Dapat Backlink dari Tribunnews

Tribunnews pada dasarnya tidak jauh berbeda dengan kompasiana. Yang membedakan adalah tribunnews lebih besar dan populer serta menyediakan informasi yang sangat lengkap. Bukan hanya itu, syarat dari tribunnews sendiri tidak seperti kompasiana. Disini kamu bebas menulis apa saja meskipun artikel yang kamu tulis adalah hasil copy paste dari blog lain.

Namun saya ingatkan sekali lagi, kamu jangan menerbitkan artikel hasil copy paste apalagi jika artikel tersebut sudah terbit terlebih dahulu di blog kamu. Dampak yang sangat terasa adalah nantinya google malah memberikan ranking yang bagus pada artikel kamu yang ada di tribunnews daripada artikel aslinya yang ada di blog kamu. Saran saya adalah buat artikel yang serupa namun beda isi dan yang terpenting jangan lupa menyertakan link aktif blog kamu pada akhir artikel.

3. Cara mudah mendapat backlink Kaskus

Kaskus berbeda dengan 2 situs yang sudah saya jelaskan diatas karena kaskus adalah forum jual beli, tanya jawab ataupun forum diskusi. Mengapa saya menyarankan kaskus? Karena saat ini fungsi kaskus sudah sangat luas. Banyak orang yang membuat postingan layaknya sebuah portal berita. Setelah saya analisa kembali ternyata kaskus merupakan situs yang dapat dimanfaatkan untuk mendapatkan backlink sekaligus menambah trafik blog.

Kaskus sendiri tidak memiliki syarat apapun bagi seseorang yang ingin membuat postingan, kamu bebas membuat postingan apa saja sesuai keinginan (kecuali konten dewasa). Untuk itu cobalah menuliskan sebuah postingan pada situs kaskus dan sisipkan link aktif blog kamu pada postingan tersebut. Selain mendapatkan backlink berkualitas kamu juga akan mendapatkan bonus trafik yang berasal dari situs ini.

Sebenarnya ada banyak sekali situs yang bisa dimanfaatkan untuk mendapatkan backlink dengan metode guest blogging, yaitu jalantikus, idntimes, brilio maupun ucnews. Hanya saja untuk mendapatkan backlink dari situs tersebut sangatlah sulit. Contohnya saja di jalantikus, untuk menerbitkan sebuah artikel persyaratannya tidak mudah dan perlu banyak sekali revisi hingga artikel bisa diterbitkan.

Selain menggunakan metode guest blogging ada juga cara lain yang dapat digunakan untuk mendapatkan backlink. Metode ini masuk dalam kategori seo off page yaitu dengan memanfaatkan sosial media.

Backlink Berkualitas Dari Sosial Media

Sosial media pada dasarnya adalah sebuah situs web yang sama seperti situs lainnya, yang membedakan yaitu jenis dan juga fungsinya. Backlink dari sosial media adalah backlink yang sangat berkualitas. Mengapa bisa begitu? Link pada sosmed biasanya langsung memunculkan thumbail mengenai apa isi dari link tersebut. Semakin banyak orang membagikan link tersebut tentunya akan semakin bagus juga karena secara tidak langsung itu merupakan backlink natural yang didapatkan di sosmed dan bagusnya lagi trafik blog yang berasal dari sosmed juga akan meningkat akibat dari link tersebut.

Untuk mendapatkan backlink dari sosmed, tentu tidak bisa sembarangan menyebar link begitu saja. Ada strategi yang harus kamu gunakan agar tidak menyalahi aturan. Apa strateginya? Saya merangkumnya dalam poin-poin berikut.

Bagikan Konten

Dengan membagikan konten tentunya akan bisa dilihat oleh orang lain, jika ada orang yang menyukai konten kamu bukan tidak mungkin akan dibagikan dan banyak dibaca. Jangan terlalu jauh dulu, buatlah postingan facebook yang berisi link halaman artikel blog kamu. Jika banyak orang yang membaca dan membagikannya tentu mereka menganggap konten kamu bagus.

Saran saya buatlah judul artikel semenarik mungkin agar mendapatkan banyak klik. Judul yang menarik adalah judul yang membuat penasaran para pembaca misalkan “5 Foto Yang Tidak Boleh Diupload Disosmed”. Namun jangan sampai judul ini mengecoh pembaca, karena isi artikel kamu harus sesuai dengan judul tersebut, kalau tidak bisa-bisa konten kamu tidak diminati pembaca dan dianggap click bait.

Buat Fanspage

Setelah cara pertama diatas sukses dilakukan maka selanjutnya adalah membuat fanspage. Cara ini bertujuan agar penggemar kamu dapat dengan mudah mengakses artikel kamu melalui fanspage. Untuk lebih mengoptimalkannya lagi, undang semua teman facebook kamu untuk menyukai fanspage kamu, dengan begitu tentunya akan ada beberapa teman kamu yang menyukai dan mendapatkan update mengenai konten terbaru yang kamu posting.

Komentar Di Grup Terkait

Berkomentar di grup terkait pastinya akan menambah trafik blog kamu secara signifikan. Namun jangan asal menaruh link dalam berkomentar karena bisa-bisa komentar kamu akan dianggap spam dan bisa terkena banned komentar. Saran saya, kamu harus aktif dalam menjawab pertanyaan mengenai permasalahan yang ditanyakan anggota grup tersebut. Lalu temukan celah dan kesempatan lalu itulah saatnya kamu menaruh link artikel kamu yang sekiranya bisa menjelaskan masalah di komentar.

Beberapa poin diatas secara tidak langsung akan memberikan backlink ke blog kamu, walaupun dianggap sebagai backlink tidak langsung tetapi cara ini akan memperkuat seo off page yang bermanfaat bagi blog kamu.

Beberapa penjelasan diatas saya rasa sudah cukup untuk mendapatkan backlink yang berkualitas, tapi tidak ada salahnya kamu menyimak beberapa poin dibawah ini mengenai hal-hal yang salah dalam mencari backlink.

Cara Yang Salah Dalam Mencari Backlink

1. Spam Komentar Di Blog Orang

Sampai saat ini saya masih menemukan kegiatan ini, banyak blogger pemula yang masih percaya jika berkomentar dengan menaruh link aktif akan memberikan backlink. Padahal cara ini adalah teknik seo jadul yang sekarang sudah dianggap spam oleh google. Jika kamu masih melakukan cara ini sebaiknya berhenti mulai dari sekarang, kalau tidak siap-siaplah blog kamu akan dianggap jelek bahkan diabaikan oleh google.

2. Menggunakan Backlink Maker

Beberapa situs tertentu menawarankan pembuatan backlink ke situs kamu dengan mudah dan cepat, contohnya saja seperti yang ada di smallseotools.com. Perlu diingat bahwa backlink yang bagus adalah dari situs yang relevan atau sama topiknya dengan situs kamu, sementara tools backlink maker biasanya memberikan backlink dari situs yang asal-asalan tanpa memilahnya terlebih dahulu. Maka dari itu hindarilah menggunakan backlink maker karena bisa saja kamu mendapatkan backlink dari blog spam yang dianggap jelek oleh google.

Kesimpulan

Kesimpulannya adalah untuk mendapatkan backlink sebenarnya tidaklah sulit, yang terpenting kamu mau berusaha dan niat untuk mendapatkannya. Kamu juga harus pintar memilih antara backlink yang berkualitas bagus dan backlink yang buruk. Cara mendapatkannya juga perlu diperhatikan, menggunakan cara yang benar dan tepat pastinya akan mendapatkan backlink yang bagus, sedangkan jika kamu menggunakan cara yang asal-asalan tentunya backlink asal-asalan juga yang kamu dapatkan.

Terima kasih sudah membaca artikel ini, jika kamu memiliki pertanyaan jangan ragu untuk memberikan komentar. Sekiranya kamu menyukai artikel ini, mohon dibagikan kepada orang yang membutuhkan.

11 tanggapan untuk “Cara Mendapatkan Backlink Berkualitas Dari Web Besar

  • 19th Januari 2019 pada 7:40 am
    Permalink

    matur suwon bro…. wes tak coba ke tribun dan nunggu aprov artikel wkwk kayaknya susah.

    Balas
    • 19th Januari 2019 pada 10:42 am
      Permalink

      gampang bro, asalkan kontennya ga bersifat promosi produk dan murni sebuah artikel ya pasti di approve

      Balas
  • 6th Juli 2019 pada 5:34 am
    Permalink

    Kalau saya di ucnews. Biasanya saya cuma menulus sebagian artikel kemudian mengarahkan pembaca ke blog saya jika ingin membaca dg lngkap. Cara ini cukup ampuh mndptkan visitor. Kira2 apa yg saya lakukan ini berisiko?

    Balas
    • 10th Juli 2019 pada 4:12 pm
      Permalink

      Cara yang agan lakukan ini saya rasa aman, tapi setau saya di ucnews itu ga bisa nyantumin link aktif di artikelnya. Tapi kalo cuma sekedar nyari traffic sih ga masalah kalo agan pake cara ini.

      Balas
  • 10th Juli 2019 pada 7:04 am
    Permalink

    Ok gan terima kasih saran mengenai mendapatkan baklink buat rank blog. Banyak feed dr artikel ini. Sukses yup dgn blognya.

    Balas
    • 10th Juli 2019 pada 4:13 pm
      Permalink

      Amiin, saya doakan juga semoga blog agan bisa tembus page one google, yg penting semangat terus…

      Balas
  • 31st Juli 2019 pada 3:43 am
    Permalink

    Terimakasih atas artikelnya. Segera akan saya praktikkan, soalnya tips seperti ini belum pernah sama sekali saya coba

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Kuota habis !!