Cara Mendapatkan SSL Gratis untuk Website

  • Whatsapp
cara mendapatkan ssl gratis

Cara Mendapatkan SSL Gratis – Halo sobat portaljawa, Jika Anda memiliki situs web, Anda memerlukan sertifikat SSL. Anda bisa mendapatkannya secara gratis. Di sini, kami akan mengungkap cara memasang Enkripsi di hosting bersama untuk meningkatkan keamanan dan kredibilitas situs Anda.

Hostinger menawarkan SSL gratis dengan paket Bisnis. Layak untuk memeriksa penawaran ini jika Anda serius tentang perlindungan situs web Anda dan tidak ingin berurusan dengan pemasangan, pengaturan, dan pembaruan SSL yang rumit.

Alasan untuk Menginstal Sertifikat SSL


Secure Sockets Layer (SSL) adalah protokol web untuk mengamankan transfer data dan komunikasi. Protokol mengenkripsi semua informasi yang diminta dari server dan sebaliknya, sehingga mencegah pihak ketiga mengaksesnya.

Berikut adalah manfaat utama dari mengaktifkan protokol SSL di situs web Anda:

1.Meningkatkan keamanan situs web – SSL mengenkripsi informasi sensitif. Ini memastikan transfer dan koneksi data yang aman.
Meningkatkan kredibilitas – memungkinkan protokol SSL menunjukkan komitmen Anda untuk melindungi data pengunjung, mengamankan pembayaran online, dan mematuhi GDPR.

Baca Juga :  √ Cara Download Film Dilan 1991 Full Movie


2. Meningkatkan peringkat SEO – mesin pencari populer seperti Google memprioritaskan situs yang mengaktifkan HTTPS di Halaman Hasil Mesin Pencari (SERP) mereka.


3. Untuk mengaktifkan SSL di situs web Anda, Anda harus mendapatkan sertifikat SSL dari otoritas sertifikat (CA) terlebih dahulu. Sebagian besar penyedia hosting seperti Hostinger menawarkan penawaran SSL hebat yang tidak hanya terjangkau tetapi juga mudah dipasang.

4. Jangan khawatir – jika Anda memiliki anggaran yang ketat, ada beberapa otoritas sertifikat nirlaba seperti Mari Enkripsi yang mendistribusikan sertifikat SSL secara gratis.

Namun, harap dicatat bahwa sertifikat SSL gratis yang dihasilkan oleh Let’s Encrypt hanya berlaku selama 90 hari. Karena itu, Anda perlu memperbaruinya secara berkala untuk mempertahankan manfaatnya.

Baca Juga :

Cara Mendapatkan SSL Gratis untuk Website


Dalam tutorial ini, kami akan menunjukkan kepada Anda cara menginstal sertifikat SSL gratis di akun Hostinger bersama menggunakan hPanel. Jika Anda menggunakan cPanel, Anda bisa merujuk ke artikel ini.

Berikut adalah langkah-langkah untuk menginstal Let’s Enkripsi di hosting bersama menggunakan SSL Gratis:

Baca Juga :  Cara Instal Linux Debian di Virtualbox Dengan Penjelasannya

1. Di beranda SSL For Free, masukkan URL situs web Anda dan klik Buat Sertifikat SSL Gratis.

cara mendapatkan ssl gratis untuk website


2. Pilih Verifikasi Manual, lalu tekan tombol Domain Verifikasi Manual yang muncul di bagian bawah.


3. Gulir ke bawah dan temukan Unggah File Verifikasi. Unduh file verifikasi, File # 1 dan File # 2, terdaftar di nomor satu ke penyimpanan lokal Anda. Jangan tutup halaman.

cara mendapatkan ssl gratis


4. Gambar ini menunjukkan kepada Anda cara mendapatkan file verifikasi dari SSL Gratis. Langkah ini adalah bagian dari tutorial tentang cara menginstal Let’s Encrypt di shared hosting.


5. Akses File Manager dari dasbor hPanel Anda, lalu buka direktori root Anda. Dalam kebanyakan kasus, ini adalah public_html.
Buat folder baru bernama .well-known, dan satu lagi yang disebut acme-challenge di dalam folder yang baru dibuat. Unggah kedua file verifikasi ke folder acme-challenge.


6. Arahkan kembali ke halaman File Verifikasi Unggah SSL dan klik pada kedua tautan verifikasi yang terdaftar di nomor lima. Jika proses verifikasi berhasil, karakter alfanumerik acak akan muncul di layar Anda dua kali. Jika tidak, periksa kembali file untuk memastikan Anda telah menempatkannya di lokasi yang benar.

Baca Juga :  Pengertian Database beserta Konsep ,Tipe dan Fungsinya ?


7. Klik Unduh Sertifikat SSL untuk menghasilkan tiga set kunci – sertifikat, private key, dan CA bundle. Catatlah karena Anda akan membutuhkannya di langkah berikutnya.


8. Kembali ke akun hosting Anda, akses menu SSL di bagian Advanced. Salin Kode Serifikat 3 Tadi yang telah Anda peroleh ke kotak yang ditunjuk, lalu klik Instal.

9. Jika proses instalasi berhasil, detail SSL akan muncul di bagian Daftar SSL yang Dipasang.


10. Gambar ini menunjukkan daftar sertifikat SSL yang berhasil Anda instal di akun hosting Anda.


Kesimpulan


Protokol SSL secara bertahap telah menjadi protokol keamanan wajib untuk semua situs web. Jika Anda tidak memiliki anggaran untuk membeli sertifikat SSL, jangan khawatir. Anda dapat menginstal Mari Enkripsi sertifikat SSL gratis dan masih mendapatkan semua manfaat SSL.

Namun yang harus kalian ketahui ialah kalian harus memperpanjang SSL setiap 90 hari. Jika sudah 90 hari kalian wajib memperbarui Sertifikat SSL tadi. Silahkan kalian coba sendiri , Jika ada pertanyaan silahkan komentar dibawah ini.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

3 Komentar