Cara Menghitung Weton sebelum Nikah Paling Lengkap [2020]

Cara Menghitung Weton sebelum Nikah – Salah satu hal yang sering terjadi sebelum pernikahan berlangsung ialah menghitung weton pernikahan sebelum memasuki acara pernikahan.

Salah satu adat yang masih eksis hingga sekarang dilakukan oleh masyarakat didaerah jawa atau mereka yang memiliki garis keturunan orang jawa. 

Melakukan perhitungan weton berdasarkan primbon jawa ialah hal wajib bagi mereka yang masih mempercayainya. Istilah weton jawa sendiri merupakan hal yang tidak asing bagi mereka yang sudah lama tinggal didaerah pulau jawa. 

Cara Menghitung Weton Pernikahan sering kali masih menjadi sebuah patokan untuk mengetahui bagaimana tingakat kecocokanmu dengan pasangan, serta menghitung bagaimana rezeki, karir, sampai karakter yang bakal mereka terima pada saat berlangsungnya rumah tangga tersebut. 

Metode menghitung weton jodoh ini menggunakan perhitungan antara tanggal lahir kalender islam yang terdiri dari minggu, senin, selasa, rabu, kamis, jumat, sabtu. 

Kemudian metode selanjutnya ialah menggunakan penambahan tanggal pasaran jawa yaitu Pahing, Pon, Wage, Kliwon, dan Legi. 

Kedua cara diatas dijadikan panduan untuk menentukan tingkat kebaikan dan kecocokan antara pengantin pria dan pengantin wanita. 

Apakah kamu masih bingung ? serta terbayang apakah cocok atau tidaknya hubungan kamu dengan kekasihmu. 

Dari pada penasaran mari kita simak penjelasannya dibawah ini, agar kita bisa tahu baik buruknya hubungan yang akan kita bina. Namun itu balik lagi dengan kepercayaan anda .

Begini Cara menghitung Weton Pernikahan Sebelum Pernikahan Berlangsung

Cara menghitung Weton Pernikahan Sebelum Pernikahan

Diatas merupakan Tabel Weton dan Neptu yang biasa digunakan untuk menghitung tingkat kecocokan antar pengantin.

Neptu Hari

PasaranNeptu
Pahing9
Pon7
Wage4
Kliwon8
Legi5

Neptu Pasaran

Nama HariNeptu
Senin4
Selasa3
Rabu7
Kamis8
Jumat6
Sabtu9
Minggu5

Nah skema begini, Cara menghitung weton dengan cara melihat hari lahir terlebih dahulu. Kemudian dilanjutkan dengan melihat angka neptunya misalnya jika kamu lahir hari senin maka Neptunya ialah 4. 

Selanjutnya silahkan lihat Tanggal pasaran Jawa dan lihat nilai Neptunya, Misalkan Pahing berarti memiliki angka 9. 

Kemudian tambahkan nilai Neptu penanggalan Islam dan neptu penanggalan pasaran, Misalnya tadi kita mendapatkan contoh Neptu penanggalan islam ialah senin = 4 dan pahing = 9, Maka keduanya ditambahkan saja menjadi 4+9 = 13. 

Nah setelah mendapatkan hasil diatas tinggal kita mengetahui apa arti dari angka 13 yang dapat kita ambil hikmahnya.

Berikut ini Arti Perhitungan Weton Jodoh dan Maknanya

Nah setelah mengetahui cara menghitung weton jodoh diatas, langkah berikutnya ialah menafsirkan arti perhitungan weton jodoh dan maknanya.

Arti dari penafsiran weton ini sangat banyak dipercaya oleh masyarakat jawa tengah dalam melihat baik buruknya proses berumah tangga kedepannya.

Oke, mari kita simak 8 Tafsir Weton jodoh yang bisa kamu ambil hikmah dan selamat membaca.

1. Pegat

Hasil perhitungan weton pernikahan yang masuk dalam kategori pegat ialah (1, 9, 10, 18, 19, 27, 28, 36), Apakah hasil dari perhitungan wetonmu masuk dalam kategori nomor diatas.

Jika iya, Maka menurut primbon jawa nantinya hubungan mu dengan pasanganmu akan sering mendapatkan masalah dalam rumah tangganya.

Masalah yang timbul dari segi ekonomi, keharmonisan, hingga mungkin saja bakal berakhir dengan perceraian.

2. Ratu

Hasil perhitungan weton jodoh yang masuk dalam kategori Ratu ialah (2, 11, 20, 29), Jika pasangan mu dan kamu masuk dalam kategori Ratu, maka yang terjadi ialah kalian sangat berjodoh atau jodoh sejati.

kalian akan mendapatkan kebahagiaan dalam berumah tangga, keharmonisan akan selalu menghiasi kehidupan berumah tanggamu.

3. Jodoh

Nah cara menghitung weton sudah kami cantumkan diatas, lalu hasilnya apakah ada di angka berikut (3, 12, 21, 30).

Jika hasilnya seperti angka – angka diatas maka, hal yang akan kamu dan pasanganmu terima ialah kamu sangat cocok dan berjodoh.

Kamu akan selalu rukun setiap waktu, intinnya ya tenteram lah hubungan kalian.

4. Topo

Setiap pernikahan di jawa pasti akan dihitung wetonnya, apakah weton mu dan pasanganmu masuk dalam kategori Topo.

Berikut ialah hasilhitung weton yang masuk dalam kategori Topo (4, 13, 22, 31).

Jika kamu masuk dalam kategori prambon Topo maka hubungan rumah tanggamu akan mengalami kesulitan pada awal pernikahan.

Namun itu semua hanya datang di awal pernikahan saja, selanjutnya hubunganmu akan terus membaik seiring berjalannya waktu.

5. Tinari

Dalam kategori Tinari hasil perhitungan weton yang masuk dalam kategori tersebut ialah sebagai berikut (5, 14, 23, 32).

Apakah kamu dan pasanganmu masuk dalam tanggal tersebut, jika iya maka kelak akan mendapatkan kehidupan yang berkecukupan dan mendapatkan kemudahan rezeki.

6. Padu

Salah satu Arti Weton yang lumayan banyak dihindari ialah Padu. Karena jika anda mendapatkan weton ini maka kehidupan rumah tanggamu akan mengalami kesulitan dan banyak sekali hal buruk akan menimpa keluargamu kelak.

Hasil perhitungan weton yang masuk dalam kategori Padu ialah (6, 15, 24, 33).

Apakah kamu masuk ke dalam kategori angka – angka diatas ?

Semoga tidak, Namun itu semua belum tau kebenarannya, Maka dari itu lebih baik percaya kepada Tuhan Yang Maha Mengetahui.

7. Sujanan

Apakah hitungan weton jodoh kamu Sujanan, eh lupa kan kamu belum tahu ya angka berapa aja yang masuk kategori sujanan.

Berikut ini merupakan perhitungan weton yang masuk dalam kategori sujanan = (7, 16, 25, 34).

Nah ini merupakan kategori yang agak berat kalo ingin kami ucapkan, karena ketika weton kamu jatuh dalam kategori sujanan.

Maka Pernikahan kamu akan mengalami pertengkaran hebat, hingga bisa saja perceraianlah akhirnya.

Dalam hal ini permasalahan sering timbul dari salah satu pihak entah pihak pria maupun wanita, yang pada intinya masalahnya ialah perselingkuhan.

8. Pesthi

Berikut ialah cara menghitung weton jodoh kalian, ketika kamu dan pasanganmu masuk dalam kategori Pesthi maka hal baik akan mendatangimu.

Hubunganmu ajan rukun dan harmonis sampai kapanpun, keluargamu tidak akan tercerai – berai karena kerukunan akan selalu menyelimuti rumah tangga kalian.

berikut ini adalah perhitungan weton yang masuk dalam kategori Pesthi : 8, 17, 26, 35

Nah setelah kamu membaca artikel ini apakah berubah pikiran dengan pasanganmu ? Kami harap sih jangan, tetaplah bersamanya. Namun kami hanya membagikan informasi mengenai Cara menghitung weton sebelum pernikahan berlangsung.

Kesimpulan

jadi kesimpulan yang bisa kita ambil dari artikel cara menghitung weton ini ialah pengetahuan baru dan pengenalan adat jawa yang masih ada sampai sekarang. bagi yang mempercayainya ya silahkan. Namun tujuan kami ialah membagikan informasi kepada masyarakat luas dan bukan hanya untuk orang jawa saja.

Akhir kata semoga informasi Cara menghitung weton jodoh ini dapat bermanfaat untuk kalian semua. Jangan lupa bagikan artikel ini kepada teman kamu, Selamat beraktifitas.

Tinggalkan komentar