Cara Mengubah Ukuran Foto menjadi 3×4 dan 4×6 Via Online

Cara Mengubah Ukuran Foto 3x4 dan 4x6 Via Online Tanpa Photoshop

Akhir – akhir ini banyak teman saya yang minta Tolong Untuk mengubah ukuran Foto menjadi 3×4 atau 4×6 secara online. Mereka beralasan sulit dan tidak tahu bagaimana cara mengubah ukuran foto menjadi kecil atau pun besar. Padahal untuk merubahnya bukan hal yang sulit juga.

Kalian sebenarnya bisa memanfaatkan sebuah smartphone maupun pc jika ingin mengubah ukuran foto menjadi 3×4 maupun 4×6. Kalian bisa mengubah sendiri foto sesuai keinginan secara online. Karena sekarang banyak Tool yang tersedia di Google.

Sebelum lanjut ke materi utama Tujuan kalian meresize Foto menjadi 3×4 maupun 4×6 untuk apa ?. Apakah kalian ingin memperjelas gambar atau mengubah ke ukuran yang lebih besar ? Nah itu semua bisa di lakukan namun hasilnya akan kurang efektif.

Misalkan kamu punya ukuran Foto 3×4 mau kau ubah menjadi 4×6 atau lebih besar lagi. Nantinya hasil foto akan menjadi pecah jika kamu ingin mencetaknya. Karena secara otomatis hasilnya akan berubah jika kalian perbesar secara paksa.

Namun jika tujuan kalian mengubah ukuran foto untuk tujuan mengirim file atau berkas – berkas dalam bentuk soft File. Alangkah baiknya kalian tidak usah susah payah mengubah ukuran dimensinya. Lebih baik kalian ubah ukuran KB atau MB nya saja agar lebih efektif.

Namun jika kalian tetap ingin mengubah ukuran foto menjadi 4×6 dari 3×4 ya bisa saja. Dan sudah saya siapkan tutorialnya akan saya jelaskan kepada kalian. Untuk merubahnya ukuran foto menjadi 4×6 saya dibantu oleh Tool online yang disediakan oleh Google. Apa sajakah Tool Resize Foto yang akan saya gunakan untuk merubah ukuran foto ini ?

Cara Resize Foto Menggunakan I Love IMG

Tool yang pertama yang akan saya gunakan ialah I Love IMG. Tool ini berbasis web namun kalian tenang saja karena dijamin Gratis dan hasilnya sangat bagus. I Love IMG sangat simple dan mudah digunakan. Berikut ini adalah panduannya…

1. Langkah pertama kamu buka situs www.iloveimg.com

2. Kemudian pilih Resize Image

3. Lalu Klik select Image, Kemudian Pilih Foto di android atau Komputer kamu yang ingin di Rubah ukurannya

4. Hilangkan centang pada maintain aspect ratio. Nah, disini tidak ada settingan untuk centimeter, artinya kamu hanya bisa mengubah ukuran dalam bentuk pixel saja. Untuk ukuran 4×6 jika diubah ke pixel menjadi 151×227. Lebih jelasnya ikuti pada gambar. Jika sudah selesai, klik resize image.

5. langkah Terakhir silahkan download resized images dan lihat hasilnya

Mengubah Ukuran Foto Menggunakan Image Resize

Cara yang kedua masih menggunakan Tool Online berbasis web yaitu menggunakan Image Resize. Penggunakan Tool ini sangat membantu kamu jika ingin merubah ukuran foto sesuai keinginan kalian misal 3×4 maupun 4×6. Berikut ini panduan lengkapnya…
1. Pertama kalian kunjungi situs imageresize.org
2. Klik select image , Lalu pilih foto yang ingin kamu Resize
3. Gulir kebawah lalu pilih bagian image size dan kemudian klik custom size
4. Klik gambar gembok tunggu hingga terbuka, lalu ganti ukurannya menjadi cm dan masukan ukuran 4×6 seperti pada gambar.
5. Gulir kebawah lalu klik save dan download image
6. langkah Terakhir Download Image

Mengubah Ukuran Foto Menggunakan Pict Art

Cara ketiga bisa kalian menggunakan Smartphone dan tanpa koneksi internet. Aplikasi Pict Art bisa kalian gunakan sebagai cara mengubah ukuran foto menjadi 3×4 maupun 4×6. Namun kamau harus instal dahulu Aplikasi Pict Art silahkan download di Play Store gratis. Untuk yang sudah mempunyai aplikasi Pict Art Mari lanjut simak panduannya dibawah ini….
1. Langkah pertama kalian buka Aplikasi Pict Art
2. Kemudian klik tombol plus + , Silahkan pilih Foto yang ingin di Resize
3. kemudian Pilih bagian Alat
4. Silahkan Klik bagian Ganti Ukuran
5. kamu hanya bisa mengubah ukuran dalam bentuk pixel saja. Untuk ukuran 4×6 jika diubah ke pixel menjadi 151×227.
6. Setelah di ganti lalu Simpan, Kemudian Pilih -> (Tanda panah) bagian pojok kanan atas untuk menyimpannya.
7. Klik Simpan , Kalian bisa menyimpannya langsung di perangkat kalian atau membagikan foto kalian ke penyimpanan cloud.

Mengubah Ukuran Foto Menggunakan Canva

Untuk Tool yang satu ini cukup mudah kalian aplikasikan. Karena canva bisa kalian gunakan di smartphone maupun di Web. Namun saya akan memberikan tutorial canva menggunakan smartphone. Jika kalian ingin menggunakan versi web bisa kalian sesuaikan sendiri karena ngga jauh beda kok…
Nah kelebihan Canva dibanding aplikasi sebelumnya ialah banyak sekali Tool edit gambar ,selain bisa digunakan untuk mengubah ukuran gambar . Canva juga bisa digunakan untuk mendesain berbagai macam kategori untuk sosial media. Bisa kalian manfaatkan untuk membuat poster, membuat postingan instagram, membuat logo, membuat gambar header Blog atau Youtube.
Yah tanpa panjang lebar lagi mari kita simak cara mengubah ukuran foto menggunakan Canva…
1. Download dulu aplikasi Canva di playstore, atau kunjungi situs www.canva.com

2. Buka aplikasi canva, kemudian login menggunakan akun google atau facebook.

3. Klik tombol Plus +
4. Kemudian tentukan ukuran ,Pilih salah satu misal Ukuran 1080×1080

5. Pada bagian dimensi, ubah ukuran pks menjadi ukuran cm. Lalu isi lebarnya 4 cm dan tingginya 6 cm, jika sudah klik ceklis di kanan atas
6. Ketuk background putih yang masih kosong, selanjutnya scroll ke bawah untuk mencari gambar yang ingin kamu edit ukurannya
7. Nah, disini kamu bisa mengatur posisi gambarnya, mulai dari menggeser ke kiri, kanan ataupun memperbesar. Sesuaikan saja tergantung kemauan kamu, jika sudah klik ceklis pada kiri atas

8. Download foto yang sudah kamu resize tersebut dengan klik tombol biru di kanan atas.

Kesimpulan :

Dalam mengubah ukuran foto bisa kalian manfaatkan berbagai Tool online yang banyak tersebar di Google. Tetapi yang perlu saya ingatkan lagi, jangan mengubah ukuran foto menjadi 3×4 jika kamu ingin mencetaknya dengan ukuran 4×6 atau lebih besar. Resikonya adalah hasil foto yang sudah dicetak akan pecah.

6 tanggapan untuk “Cara Mengubah Ukuran Foto menjadi 3×4 dan 4×6 Via Online

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Kuota habis !!