ubah-jpg-ke-pdf

portaljawa.com – Mungkin diantara Anda masih ada yang bertanya, mengapa harus mengubah JPG ke PDF ya? Nah, sebenarnya ada beberapa hal penting mengapa kita perlu merubah format JPG ke PDF. Salah satu tujuannya agar file bisa dicetak dan diarsipkan dengan mudah.

Ada kalanya ketika sedang melakukan pendaftaran secara online, kita harus mengupload dokumen dalam format pdf. Padahal kan file hasil scan berupa gambar (JPG ataupun PNG). Betul?

Inilah cikal bakal pentingnya mengubah JPG ke PDF. Hehe.

Mengenai bagaimana cara mengubah JPG ke PDF, sebenarnya Anda bisa lakukan baik secara online atau cara offline baik melalui laptop atau HP sekalipun.

Berikut ini kami uraikan bagaimana cara termudah untuk mengubah file JPG ke PDF yang penting untuk Anda tahu!

Cara Mengubah JPG ke PDF Secara Online

Cara mengubah JPG ke PDF yang pertama ini adalah berbekal situs convert file seperti halnya Smallpdf. Tahapan demi tahapan dalam langkah ini merupakan suatu cara ubah JPG ke PDF online. Mengenai seperti apa langkah – langkahnya sebagai berikut :

Pertama, buka situs smallpdf

Pada software browser, seperti halnya Google Chrome Anda hanya tinggal membuka situs Smallpdf.

https ://smallpdf.com/id

Kemudian untuk mengconvert JPG ke PDF, Anda tinggal pilih menu JPG ke PDF. Nah, pada situs tersebut Anda juga dapat menemukan berbagi opsi convert lain yang Anda bisa coba.

Langkah kedua, unggah foto JPG

Selanjutnya, dalam merubah JPG ke PDF tanpa software, Anda tinggal pilih opsi untuk melakukan unggahan foto dengan cara Anda klik di bagian taruh gambar disini dan selanjutnya Anda pilih file. Selain itu, Anda juga bisa mengunggah JPG melalui Google Drive atau melalui Dropbox.

Oh ya, untuk melakukan unggahan file tak ada batasan ukurannya juga. Jadi mengunggah file berapa saja semuanya bisa Anda lakukan. Semuanya dapat Anda unggah dengan melalui unggahan tersebut.

Langkah ketiga, pilih file JPG

Kemudian Anda akan dialihkan untuk mengunggah foto dari direktori yang terdapat di bagian PC atau di laptop Anda. Anda harus memilih file JPG yang akan Anda convert kemudian Anda klik tombol open setelahnya.

Langkah keempat, atur format PDF

Selanjutnya Anda tunggu file JPG diunggah menuju ke situs smallpdf dan kemudian Anda akan langsung bisa memformat PDF yang akan Anda buat.

Nah, disini Anda bisa mengatur ukuran kertas, Anda juga bisa mengubah orientasi baik itu portrait atau landscape dan juga mengubah ukuran dari marginnya.

Jika memang sudah, Anda tinggal klik saja tombol buat PDF Anda sekarang.

Langkah lima, tunggu proses convert JPG to PDF

Kemudian, Anda tinggal tunggu saja proses situs Smallpdf untuk melakukan convert file JPG ke PDF secara online yang nantinya Anda bisa lakukan unduhan secara gratis juga.

Langkah enam, download file PDF

Jika memang sudah selesai, Anda bisa langsung melakukan download file JPG yang sudah diubah menjadi bentuk PDF pada opsi unduhan file. Anda juga bisa menggunakan opsi yang lain seperti halnya mengirim email, melakukan upload di bagian dropbox atau drive dan juga opsi – opsi yang lainnya.

Jika semua langkah diatas sudah benar – benar Anda lakukan, maka Anda sudah dapat merubah file JPG ke PDF dengan mudah melalui langkah – langkah penetapan yang sudah ada tersebut.

Selamat mencoba mengubah JPG ke PDF melalui langkah – langkah diatas ya! Semoga tulisan ini bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here