Cara Merawat HP Agar Tidak Cepat Rusak Menurut Tribun

  • Whatsapp

Punya HP tapi kok cepet banget rusak ya? Mungkin cara kamu salah dalam menggunakannya. Atau bahkan perawatan yang tidak benar juga bisa jadi membuat ponsel kamu malah jadi cepat rusak. cara merawat hp tidak boleh sembarangan.

Sebenarnya ada beberapa faktor yang menyebabkan hp tidak awet, mulai dari cara penggunaannya, usia, maupun bahan material seperti apa yang digunakan pada smartphone tersebut. Tapi kebanyakan sih yang menyebabkan hp cepet rusak ya karena si penggunanya sendiri yang ga bisa merawatnya dengan baik.

Tak jarang saya melihat hp teman ataupun seseorang yang kondisinya sudah memprihatinkan. Ada yang layarnya udah retak-retak, tombol powernya sudah ga berfungsi, baterai sering ngedrop ataupun lain sebagainya.

Sebenarnya yang menyebabkan hp cepat rusak itu ya si pengguna itu sendiri, karena banyak sekali orang yang menggunakan android hanya sekedar dipakai aja tanpa dirawat, alhasil kalo begini usia smartphone juga tidak akan lama dan tentunya gampang rusak.

Lalu bagaimana sih cara merawat hp supaya awet dan tahan selama bertahun-tahun? Berikut ini adalah beberapa tips cara menjaga smartphone supaya tidak cepat rusak.

Cara Merawat HP

Berikut adalah beberapa tips yang dapat kamu lakukan agar hp kamu awet dan tahan lama.

1. Gunakan Charger Asli/Ori

Dengan menggunakan perangkat asli seperti charger tentunya akan berdampak bagus bagi kondisi hp, mulai dari kabel usb ataupun kepalanya sangat disarankan memakai yang original untuk menghindari kerusakan pada smartphone. Jangan sekali-kali mencoba charger yang palsu karena banyak sekali kekurangannya, contohnya adalah mengisi daya akan lebih lama, kepala charger bisa meledak (saya pernah mengalaminya), dan parahnya lagi bisa berpotensi merusak hardware.

Charger KW yang sering saya temui biasanya aliran listriknya tidak stabil dan cenderung lebih rendah atau lebih tinggi dari yang asli. Hal ini tentunya bisa merusak hp jika digunakan terus menerus setiap harinya.

2. Pasang Anti Gores dan Softcase

Memasang anti gores tentunya sangat bermanfaat bagi smartphone, hal ini dapat meminimalisir kerusakan layar jika hp jatuh ke tanah. Softcase juga sama pentingnya, karena kan tidak enak juga ya kalo layarnya masih bagus tapi casingnya banyak yang rusak atau patah.

Baca Juga :  Teknologi Tepat Guna : kriteria ,Ciri ,Manfaat dan Jenisnya
Kedua alat ini memang berguna untuk merawat hp, karena walaupun sering jatuh tapi kondisnya pasti akan awet dan tahan lama. Anti gores dan softcase juga murah kok, harganya tidak sampai setara dengan harga hp-nya.

3. Jangan Taruh HP Dibawah Bantal

Meletakkan smartphone dibawah bantal akan menyebabkan radiasi yang berpotensi hp bisa meledak. Saya pernah secara tidak sengaja melakukan ini dan seketika suhu hp saya sangat panas sehingga terpaksa harus saya matikan dulu sampai suhunya kembali normal.

Sebenarnya bukan hanya bantal saja, tapi seluruh bahan yang terbuat dari kain jika menutupi hp maka suhu hp akan panas. Jika sedang tidak digunakan, lebih baik ditaruh saja di meja untuk menghindari kerusakan akibat hp panas.

4. Jangan Asal Install Aplikasi

Aplikasi memang sangat dibutuhkan untuk mengoptimalkan sebuah smartphone, tapi yang perlu diingat adalah jangan sembarang install. Mengapa? Karena nantinya jika kamu mencopot aplikasi tersebut maka akan ada sisa-sisa file di sistem yang menyebabkan berkas sampah menumpuk. Hal ini akan mengakibatkan hp menjadi semakin lemot, jadi saya sarankan untuk menginstall aplikasi yang penting-penting saja.

Baca Juga :  Tempat Nongkrong yang asik di karangrayung keren abis
Jika kamu sudah terlanjur atau pernah pasang copot aplikasi, kamu bisa menggunakan aplikasi pembersih atau cleaner. Biasanya sih tiap hp memiliki tools bawaan yang dapat membersihkan file sampah. Tapi jika tidak ada ya terpaksa harus download dulu.

5. Hindari Game Berat

Saat ini smartphone banyak digunakan untuk bermain game online, tapi jika sering digunakan untuk ngegame bisa-bisa hp malah cepet rusak. Kenapa? Karena game online itu memakan RAM yang besar dan biasanya hp akan panas jika terus-terusan dipakai untuk ngegame. Jika terus dipaksakan maka bukan tidak mungkin smartphone kamu akan cepat rusak karena dipaksa terus-menerus.

Saran saya adalah lebih baik beli hp lagi, yang satu khusus untuk main game dan satu lagi untuk kegiatan sehari-hari, menurut saya hal ini lebih efektif dari pada memaksakan smartphone yang nantinya malah membuatnya tidak awet.

Kesimpulan

Kesimpulannya adalah kebanyakan hp cepat rusak itu bukan karena materialnya kurang bagus, tapi karena si pengguna itu sendiri yang menggunakannya secara berlebihan dan tidak tau cara merawatnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *