7 Cara Merawat Laptop agar Tahan Lama dan Tidak Lemot

Cara Merawat Laptop agar Tahan Lama dan Tidak Lemot Laptop merupakan sebuah barang elektronik yang memiliki begitu banyak fungsi yang membantu aktivitas Anda. Laptop dapat digunakan untuk mengetik, berhitung, menonton video maupun film, serta digunakan sebagai alat penyimpanan file atau data yang dimiliki. Sehingga laptop diangap merupakan benda yang sangat penting di masa teknologi maju sekarang ini.

Namun laptop menjadi sebuah benda elektronik yang sangat sensitif sebab dapat tiba-tiba rusak dan mengalami berbagai kendala yang membuat laptop tidak berfungsi dengan baik dan semestinya. Hal ini karena laptop terdiri dari berbagai komponen yang memiliki tugas masing-masing dalam satu kesatuan. Oleh karena itu Anda harus melakukan perawatan dan menjaga laptop Anda dengan sebaik mungkin agar tetap menjalankan fungsi dengan baik.

Baca Juga :  3+ Cara Instal Windows 10 denga Mudah dan Cepat

Laptop menjadi alat yang penunjang berbagai kehidupan di era teknologi seperti sekarang ini, namun masih banyak di antara Anda yang belum mengerti dan paham bagaimana menggunakan laptop dengan baik dan benar. Serta bagaimana cara merawat laptop agar dapat bertahan lama untuk digunakan. 

Berikut 7 Cara Merawat Laptop agar Tahan Lama dan Tidak Gampang Lemot

Anda bisa melakukan beberapa cara merawat laptop agar laptop Anda memiliki daya tahan yang lama dan tidak lemot.

1. Gunakan Stabilizer Listrik

Cara pertama yang dapat Anda gunakan untuk merawat laptop Anda adalah dengan menggunakan stabilizer listrik. Stabilizer ini memiliki fungsi untuk menjaga arus listrik agar mengalir dengan stabil sehingga Anda tidak perlu khawatir akan gangguan listrik seperti kroslet ataupun yang lainnya. Hal ini juga agar Anda tetap merasa nyaman ketika bekerja menggunakan laptop.

Terlebih lagi bila Anda sering menggunakan laptop tanpa memasang baterai laptop, sehingga menggunakan stabilizer dianggap menjadi suatu hal yang sangat penting untuk Anda gunakan agar tidak terjadi gangguan pada saat Anda menggunakan laptop Anda tanpa memasangkan baterainy.

Baca Juga :  Cara menyembunyikan Status Online Whatsapp dari Kontak lain

2. Gunakan Tas yang Tepat

Bagi Anda yang sering membawa laptop untuk bepergian maka Anda harus paham dan memperhatikan penggunaan tas yang Anda gunakan. Apakah tas yang Anda gunakan untuk membawa laptop sudah tepat atau tidak. Penggunaan tas yang tepat merupakan salah satu cara merawat laptop sebab dapat terjadi begitu banyak ancaman ketika Anda membawa laptop di dalam tas yang bisa membahayakan lcd dari laptop Anda.

Baca Juga :  Cara Instal Linux Debian di Virtualbox dengan Mudah [2021]

Oleh karena itu Anda harus menggunakan tas yang telah didesain khusus sebagai tas laptop agar laptop Anda tetap aman meskipun berada dalam posisi apapun. Terdapat beberapa merek laptop yang menggunakan aksesoris komputer yang akan membahayakan lcd laptop apabila berada di dalam tas.

3. Hindarkan Laptop dari Makanan dan Minuman

Cara paling sederhana yang dapat Anda lakukan untuk merawat laptop Anda adalah dengan menghindarkan laptop dari yang namanya makanan dan juga minuman. Jadi buat Anda yang suka ngemil, maka Anda harus menjauhkan makanan dan minuman Anda dari laptop sebab tidak ada yang bisa menjamin bahwa makanan dan minuman Anda akan tumpah mengenai laptop Anda atau tidak.

Baca Juga :  √ Cara Mudah Convert Pulsa Ke OVO dengan Rate Tinggi

Ketika insiden ini terjadi, maka segala remah makanan dan minuman Anda akan terkena komponen laptop seperti keyboard yang akan masuk ke dalam komponen mesin laptop dan akan membahayakan laptop Anda.

4. Jangan Letakkan Laptop di Lantai

Salah satu cara merawat laptop berikutnya adalah Anda jangan pernah meletakkan laptop di lantai. Sebab lantai adalah tempat Anda berjalan yang akan selalu ada debu di lantai, walaupun lantai terlihat bersih tetapi tetap masih terdapat begitu banyak debu. Apabila Anda meletakkan laptop di lantai maka debu-debu yang ada dilantai akan beterbangan masuk ke dalam laptop Anda.

Apabila debu berhasil masuk ke dalam laptop Anda maka akan terjadi banyak kerusakan, yang pertama akan terjadi kerusakan pada penyaring kipas pendingin mesin sehingga mesin laptop Anda akan sangat mudah mengalami pemanasan. Apabila laptop sudah panas maka akan mengakibatkan mesin menjadi terganggu dan membuat laptop mati tiba-tiba dalam beberapa waktu atau paling fatalnya membuat laptop mati total.

Baca Juga :  Cara Belanja di Shopee Gratis Ongkir [2021]

Selain karena akan mengalami beberapa kerusakan yang disebabkan oleh debu, kerugian yang dapat terjadi kepada laptop Anda apabila diletakkan di lantai adalah lebih mudah dijangkau oleh anak kecil dan terdapat kemungkinan diinjak oleh seseorang. Sehingga meletakkan laptop di tempat tak terjangkau adalah cara merawat laptop sendiri di rumah.

Baca Juga :  Cara Memasang Fanspage Facebook di blogger Terbaru [2021]

5. Bersihkan Laptop Secara Berkala

Anda jangan pernah membiarkan debu-debu yang menempel pada laptop begitu saja.  Anda harus rutin melakukan pembersihkan terhadap keyboard dan layar laptop Anda. Hal ini guna agar debu-debu yang menempel tidak masuk ke dalam rongga-rongga keyboar ataupun rongga layar yang terhubung langsung ke dalam mesin. Sebab sangatlah membahayakan bila debu berhasil masuk ke dalam mesin.

Anda bisa melakukan pembersihan menggunakan kuas kecil yang dibuat khusus untuk membersihkan laptop. Alangkah lebih baiknya juga bila Anda menggunakan cairan pembersih laptop yang Anda gosok-gosokkan menggunakan kain khusus pembersih laptop. Anda bisa membeli pembersih ini dalam satu dos paket yang sudah tersedia kuas, lap dan cairan pembersih sebagai cara merawat laptop agar tetap awet.

Baca Juga :  Cara membuat Jaringan 4G sendiri di android Semua operator

6. Jangan Terlalu Lama Menyalakan Laptop

Bagi Anda yang menggunakan laptop sebagai alat dalam bekerja, sebaiknya Anda harus paham bahwa laptop tidak boleh dinyalakan terlalu lama secara nonstop. Sebab apabila laptop Anda menyala terlalu lama, maka akan mengakibatkan laptop Anda menjadi overheat dan menjadian performas dari ketahanan daya laptop Anda semakin melemah. Bahkan dapat membuat baterai laptop Anda menjadi rusak.

Ada baiknya jika Anda menggunakan laptop Anda dengan batas waktu yang ditentukan. Misalnya setiap 3 jam Anda harus mematikan laptop Anda.  Anda juga bisa menggunakan kipas mesin laptop atau cool pads agar mesin laptop tidak cepat panas dan akan tetap menstabilkan suhu dari laptop Anda, hal ini sebagai cara merawat laptop agar tetap tahan lama tanpa mengalami kerusakan akibat mesin panas.

Baca Juga :  Cara Menggunakan VPN Di Android Tanpa Root Terbaru

7. Jangan Paksakan Aplikasi yang Berat

Setiap laptop memiliki kapasitas masing-masing, sehingga tidak semua aplikasi cocok untuk sebuah laptop. Bila Anda memiliki kapasitas laptop dengan grade yang rendah, sebaiknya Anda jangan memaksakan untuk memasang aplikasi dengan kapasitas yang berat. Apabila Anda memaksakan sebuah aplikasi seperti game contohnya terpasang pada laptop Anda padahal kapasitas laptop Anda rendah maka akan membuat laptop Anda menjadi lemot.

Baca Juga :  √ 5 Cara Convert Pulsa Ke Gopay dengan Mudah

Sehingga pastian bahwa Anda memasang aplikasi yang sesuai dengan spec laptop yang Anda miliki. Oleh karena itu sangatlah penting untuk Anda yang ingin membeli laptop untuk memperhatikan spesifikasi dan tujuan Anda membeli laptop. Bila Anda memiliki tujuan untuk digunakan bermain game maka sebaiknya Anda membeli laptop dengan spesifikasi yang lebih tinggi Anda bisa membelinya di marketplace Shopee, Karena sekarang sedang ada Diskon besar -besaran di Shopee 11.11 buruan beli, Nanti keburu kehabisan.

Demikianlah 7 cara merawat laptop agar dapat digunakan dalam waktu yang panjang tanpa mengalami kendala seperti lemot yang akan membuat Anda naik darah karena gangguan yang sangat menyebalkan ini.

Tinggalkan komentar