7+ Cara Print Bolak Balik File Word dan PDF Menggunakan Printer Canon Terbaru

Cara Print Bolak-Balik File Word dan PDF Menggunakan Printer Canon

Cara Print Bolak Balik File Word dan PDF Menggunakan Printer Canon – Jelaskan tentang fungsi printer dulu, Seperti yang kita ketahui fungsi utama printer adalah untuk mencetak dokumen yang tersimpan dalam bentuk soft file dalam komputer Anda. Ini Misalnya untuk kebutuhan tugas kuliah, konsultasi tugas akhir, laporan kantor, hingga cetak foto.

Saat ini bahkan semakin banyak printer yang juga disertai fitur scanner untuk memindai dokumen. 

Seiring dengan perkembangan teknologi perangkat canggih ini, sekarang Anda juga dapat mencetak dokumen pada kedua sisi kertas alias print bolak-balik.

Fitur tersebut memungkinkan Anda untuk berkontribusi pada gerakan hemat kertas demi lingkungan dan sekaligus hemat biaya.

Tutorial Cara Print Bolak Balik

Cetak dokumen bolak-balik dapat dilakukan tak hanya pada file Word tapi juga PDF, misalnya e-book PDF. Yang penting untuk diperhatikan adalah printer Anda menyediakan fitur untuk cetak bolak-balik atau duplex printing, misalnya seperti printer Canon.

Tutorial print bolak bolak Word

Salah satu fungsi printer yang jarang diterapkan bagi pengguna printer adalah melakukan pencetakan/ print secara bolak-balik. Simak info di bawah ini agar dapat mencetak dokumen secara praktis dengan hasil yang rapi sekaligus hemat waktu dan dana.

  • Buka file Word yang ingin Anda cetak
  • Tekan “Ctrl” + “P” hingga memunculkan dialog box “Print”
  • Klik “Properties” hingga keluar dialog box selanjutnya
  • Cari kata “Additional Features” dan centang pada tulisan “Duplex Printing”
  • Cek kembali apakah pilihan kertas yang Anda gunakan sudah benar
  • Klik “OK”
  • Kembali lagi ke tampilan dialog box “Print” dan klik “OK” untuk mencetak seluruh halaman ganjil pada file Anda.
  • Tunggu hingga proses cetak dokumen usai
  • Jika sudah selanjutnya Anda perlu membalik kertas dan memasukkannya kembali ke dalam printer. Tujuannya adalah untuk melanjutkan proses pencetakan pada sisi kertas yang masih kosong.
  • Apabila seluruh kertas sudah dimasukkan kembali, selanjutnya klik “OK” pada dialog box.
  • Sekarang Anda tinggal menunggu hingga seluruh proses pencetakan selesai.

Proses cetak dokumen di atas dapat dibilang cara print bolak-balik secara manual. Namun jika printer Canon Anda menyediakan pencetakan pada kedua sisi kertas secara otomatis pada waktu yang bersamaan, demikian panduan menggunakannya.

  • Sama seperti langkah-langkah di atas, sebelumnya Anda perlu mengakses file Word yang ingin di-print.
  • Untuk memunculkan dialog box print, Anda bisa klik pada “File” dan cari “Print” kemudian klik. Alternatif lainnya adalah dengan menekan “Ctrl” + “P”.
  • Klik pada dropdown menu yang terletak di bawah “Setting” lalu klik “Print on Both Sides”
  • Selanjutnya proses pencetakan dokumen akan berlangsung pada kedua sisi kertas.

Anda tinggal menunggu hingga seluruh dokumen telah tercetak sesuai keinginan.

Tutorial print bolak balik PDF

Sekarang Anda juga dapat mencetak e-book dalam format PDF menjadi buku sebenarnya dengan tutorial cara print bolak-balik PDF berikut. Dengan demikian Anda dapat membacanya dengan mudah dan menyerap informasi di dalamnya.

  • Buka file PDF seperti biasa, misalnya dengan software Adobe Acrobat Reader
  • Lalu tekan “Ctrl” + “P” atau klik pada icon dengan gambar printer pada kiri atas untuk membuka menu print
  • Dialog box “Print” akan keluar dan Anda perlu melakukan beberapa penyesuaian
  • Perhatikan bagian “Page Sizing & Handling” lalu klik pada kotak bertuliskan “Multiple”
  • Selanjutnya pada bagian “Pages per sheet” ubah dari “Custom” ke angka “2”
  • Sebelum mulai mencetak pastikan ukuran kertasnya sudah benar atau Anda dapat melakukan pengaturan pada bagian “Page Setup” di kiri bawah. Anda dapat memilih kertas sesuai kebutuhan misalnya A4, legal, A3, dan sebagainya.
  • Jika seluruh setting dirasa sudah sesuai, Anda bisa mulai mencetak dokumen dengan klik tombol “OK” dan “Print”
  • Tunggu sampai proses pencetakan selesai
Baca Juga :  Cara Mengecilkan Ukuran Foto Via Online dengan Mudah

Nah, tak sulit, bukan?

Printer Ink Tank Untuk Mencetak Dokumen Bolak-Balik

printer
printer

Untuk mendapatkan hasil pencetakan dokumen yang bagus, Anda perlu memperhatikan perangkat printer yang digunakan. Ini misalnya tipe ink tank besutan Canon, yaitu brand yang sudah sangat populer sebagai jagoannya printer.

Printer ink tank sendiri berbeda dengan ink jet terutama tampilan cartridge-nya. Jika wadah tinta pada ink jet berada di luar body perangkat, sebaliknya, printer ink tank dibangun menyatu dengan tempat tintanya.

Inilah alasannya mengapa Anda sebaiknya mulai beralih pada printer ink tank.

  • Harga tinta printer ink tank lebih ekonomis

Printer ink tank bekerja dengan mengalirkan tinta dari tangki anti tumpahnya secara berkesinambungan ke dalam perangkat. Anda tinggal mengisi ulang tangki dengan tinta baru jika sudah habis. Ini berbeda dengan tipe ink jet yang jika tintanya habis Anda harus membeli cartridge baru.

Tinta printer ink tank juga terbilang lebih murah karena sanggup mencetak hingga lebih dari 5 ribu lembar kertas berukuran A4. Sementara cartridge pada printer ink jet, hanya mampu mencetak sekitar 400-an lembar.

  • Fitur lebih lengkap

Umumnya printer ink tank merupakan perangkat multiguna yang juga dapat berfungsi sebagai mesin fotocopy, scanner, sampai fax.

  • Menghemat pengeluaran operasional

Anda memang harus mengeluarkan dana lebih besar untuk membeli printer ink tank, namun jangan lupa bahwa harga tintanya lebih bersahabat. Dengan begitu Anda justru dapat menghemat pengeluaran untuk operasional terutama jika harus mencetak banyak dokumen dalam keseharian.

5 Rekomendasi Printer Ink Tank Canon Terbaik

printer canon
printer canon

Untuk yang berniat membeli perangkat printer ink tank dalam waktu dekat ini, beberapa referensi berikut layak Anda pertimbangkan.

  • Printer Canon PIXMA G1020

Printer yang satu ini cocok untuk pelajar, mahasiswa, atau siapa pun yang lebih mengutamakan fungsi cetak saja pada perangkat printer. Keunggulannya adalah keberadaan fitur Image Processing Technology dan Ink Technology yang mampu mencetak dokumen secara tajam.

Anda juga dapat menggunakan perangkat untuk mencetak foto dengan kertas khusus berukuran A4. Printer ini sanggup mencetak sampai sekitar 7000-an halaman hitam putih dan berwarna.

  • Printer Canon Pixma G2000

Perangkat ini sangat disarankan untuk Anda yang bekerja di rumah karena juga menyediakan fasilitas scanner dan fotocopy. Anda dapat dengan mudah melakukan refill jika tinta pada wajah sudah habis. Hasil cetak dokumen semakin berkualitas dan tajam karena menerapkan teknologi tinta hybrid.

  • Printer Canon Pixma Ink Efficient G2020

Sama seperti seri sebelumnya, Canon Pixma G2020 juga menyediakan fitur untuk memindai serta mengkopi dokumen. Untuk memudahkan pemakaian, produk ini mempunyai panel LCD 2 baris serta setting yang user friendly.

Anda bisa mencetak hingga 7000-an lembar dokumen hitam putih dan berwarna menggunakan perangkat besutan Canon yang satu ini.

  • Printer Canon Pixma Ink Efficient G3020

Perangkat ini menawarkan teknologi paling baru terutama untuk Anda yang membutuhkan aktivitas printing dokumen dalam jumlah besar dalam waktu singkat. Printer yang termasuk dalam G Series ini juga menawarkan kemudahan dalam hal perawatannya.

Fitur lain yang tersedia selain pencetakan adalah scanner dan untuk menyalin dokumen sehingga produktivitas Anda tetap optimal walaupun bekerja di rumah. Keunggulan lain dari printer ini adalah perakitannya mudah, mendukung sistem wireless, dan direct printing.

Sama seperti printer-printer berjenis ink tank lainnya, seri G3020 ini juga sanggup mencetak hingga ribuan lembar dokumen.

  • Printer Canon Pixma Ink Efficient G3060

Daya tarik seri G3060 ini adalah memudahkan Anda untuk mencetak atau memindai secara langsung dari gawai dengan OS iOS maupun Android. Pengguna bahkan dapat menyambungkan hingga 5 devices secara berbarengan dengan aplikasi yang tersedia pada Play Store. Sementara untuk perangkat berbasis iOS Anda bisa menggunakan fitur AirPrint.

Setelah mendapatkan informasi tersebut, mana kira-kira perangkat yang akan Anda pilih untuk mencoba cara print bolak-balik di atas? Semoga bermanfaat!

Tinggalkan komentar

// Rich snippet google
7+ Cara Print Bolak Balik File Word dan PDF Menggunakan Printer Canon Terbaru 7+ Cara Print Bolak Balik File Word dan PDF Menggunakan Printer Canon Terbaru, Rating:4.5/5 & 87373 views.