Cara Setting Background Zoom di HP dengan Mudah dan Cepat [2021]

Cara Setting Background Zoom di HP dengan Mudah dan CepatZoom merupakan sebuah aplikasi meeting yang saat ini sedang begitu hangat diperbincangkan oleh banyak orang. Dari yang masih duduk di sekolah dasar hingga seorang pengusaha dan tenaga pendidik juga sangat heboh membicarakan aplikasi yang satu ini beberapa bulan terakhir sejak status pandemi berlaku di seluruh dunia.

Hal ini dikarenakan selama Indonesia dan seluruh negara yang ada di dunia berstatus pandemi, maka seluruh aktivitas banyak yang tidak berjalan sesuai mestinya. Sebab dilarang adanya perkumpulan yang diikuti olleh banyak orang karena dapat menjadi tempat penularan virus corona yang sedang meresahkan seluruh dunia. Bahkan untuk menuju sekolah ataupun kantor saja sudah dilarang dan dibatasi.

Kondisi ini telah berlangsung hampir 1 tahun lamanya sejak virus corona yang awalnya ditemukan di Cina akhirnya menyebar keseluruh dunia. Salah satu langkah yang dilakukan beberapa pemerintah di beberapa negara adalah untuk melakukan pembatasan wilayah berskala besar ataupun langsung melakukan lockdown wilayah. Sehingga aktivitas hanya bisa dilakukan di dalam rumah saja.

Sejak itulah aplikasi zoom ini menjadi sebuah aplikasi yang sangat populer dan banyak digunakan oleh masyarakat baik untuk melakukan proses ajar mengajar dan juga proses pertemuan lainnya. Mungkin Anda juga sudah pernah menggunakan aplikasi ini, tapi pasti Anda heran melihat teman room Anda menggunakan latar yang berbeda dan lebih estetis. Sebenarnya Anda juga bisa melakukan hal tersebut dengan sangat mudah dengan  cara setting background zoom di hp  yang tidak membutuhkan waktu yang lama.

Begini Cara Setting Background Zoom di HP dengan Mudah dan Cepat

Berikut ini cara dan langkah kerja yang dapat Anda praktekkan ketika sedang melakukan zoom dengan kerabat ataupun sedang bersekolah online.

1. Masuk ke Aplikasi Zoom

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan masuk ke aplikasi zoom yang Anda miliki melalui ponsel Anda layaknya ketika Anda sedang akan melakukan sebuah pertemuan video dengan orang lain.

2. Masuk ke Menu More

Apabila Anda telah berada dalam ruang pertemuan video, maka selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah dengan mengetuk menu more yang ada pada bagian pojok kanan bawah tampilan aplikasi ini. Maka akan tertampil begitu banyak pilihan dengan fungsi dan tugasnya masing-masing.

3. Pilih Menu Virtual Background

Pada pilihan menu more akan tampil begitu banyak menu pilihan lainnya, maka Anda harus memilih menu atau panel virtual background. Maka itu berarti Anda telah masuk ke pengaturan yang berhubungan dengan latar belakang gambar video yang akan Anda lakukan tersebut.

4. Pilih Gambar yang Anda Inginkan

Setelah itu akan ada costum gambar yang harus Anda klik dan mengarahkan Anda ke bagian gambar perangkat Anda. Sehingga Anda bisa memilih latar gambar apa yang akan Anda gunakan pada pertemuan kali itu. Setelah memilih gambar yang Anda inginkan, maka tunggu beberapa saat sebagai waktu mengunggah gambar dan secara otomatis background tampilan Anda akan berubah.

5. Klik Close dan Kembali ke Zoom Meeting

Apabila proses pengunggahan gambar telah selesai dan background telah berubah secara otomatis maka klik close dan kembali ke ruang pertemuan video yang sebelumnya sedang Anda ikuti.

Inilah Kelebihan dan kekurangan Zoom, Wajib Baca

Merubah background atau latar belakang dari room yang Anda gunakan memang membuat tampilannya menjadi lebih cantik dan tidak akan membuat Anda kesusahan mencari latar yang pas ketika akan melakukan zoom. Maka cara ini adalah cara yang paling pas untuk Anda gunakan. Namun sebenarnya apa keunggulan zoom dibandingkan aplikasi sejenis lainnya? mengapa aplikasi ini yang menjadi aplikasi yang sangat populer?

Sebenarnya sebelum pandemi melanda dunia, aplikasi ini juga teah digunakan oleh banyak orang di negara lain sebagai aplikasi pertemuan online bagi para pengusaha dan pelaku bisnis. Tetapi sejak pandemi mulai hadir maka aplikasi ini tidak lagi hanya digunakan oleh pelaku bisnis saja, tetapi juga anak sekolah sudah menggunakan aplikasi ini hingga terjadi pelonjakan penggunaan aplikasi ini hingga puluhan juta pengguna.

Namun sebenarnya Anda tidak perlu heran akan hal tersebut, sebab aplikasi ini memang merupakan sebuah aplikasi terbaik di kalangannya. Terdapat beberapa fitur yang tidak bisa Anda dapatkan pada aplikasi lain seperti fitur mengganti latar belakang gambar Anda dengan cara setting background zoom di hp  yang dapat Anda lakukan dengan begitu mudahnya.

Selain itu aplikasi ini juga memiliki keunggulan pada kapasitas jumlah anggota yang dapat ditampung oleh aplikasi ini. Pada versi gratis aplikasi ini saja sudah dapat menampung hingga 1000 peserta dalam satu ruang pertemuan. Sehingga apabila hanya untuk belajar online atau diskusi online maka aplikasi ini dianggap sudah mampu mewadahi kegiatan atau pertemuan yang sedang berlangsung secara online.

Tetapi jika jumlah peserta ruang pertemuan Anda melebihi 1000 peserta maka Anda bisa membeli atau mengupgrade akun Anda agar dapat membuat ruang pertemuan dengan kapasitas lebih dari 1000 orang. Untuk harga menguprade akun juga tidaklah begitu mahal sehingga masih dianggap cocok dengan fitur dan keunggulan yang bisa Anda rasakan ketika menggunakan akun zoom premium.

Selain dapat mengganti background dengan cara setting background zoom di hp serta kapasitas yang banyak. Aplikasi ini juga memiliki fitur chat yang dapat Anda gunakan secara bersamaan ketika melakukan meeting room sehingga ketika Anda ingin menanyakan sesuatu hal terkait pertemuan tersebut maka Anda bisa mengetikkannya langsung pada bagian live chat. Chat ini juga tidak hanya dapat dilihat oleh yang membuat room tetapi dapat dilihat secara publik.

Tidak hanya itu saja, aplikasi ini juga memiliki kualitas suara dan gambar yang relatif stabil dibandingkan dengan aplikasi pertemuan video lainnya yang hanya bisa diakses dengan kualitas yang sangat baik dan sering terjadi buffering yang akan mengganggu pertemuan Anda. Hal ini yang menjadi keunggulan utama mengapa banyak orang yang lebih memilih aplikasi ini sebagai aplikasi pertemuan video Andalan setiap orang.

Namun sebelumnya Anda juga harus mengetahui sebuah kekurangan dari aplikasi ini, yakni dengan menggunakan aplikasi ini maka penggunaan data Anda akan jauh lebih boros dibandingkan biasanya. Sebab aplikasi ini memakan kuota data internet yang sangat besar, apalagi jika Anda melakukan zoom hingga berjam-jam lamanya. Untuk 1 jam durasi meeting maka sebaiknya Anda menyiapkan 5 GB kuota internet untuk berjaga-jaga agar tidak habis.

Kesimpulan

Mungkin Anda juga mulai tertarik untuk melakukan pertemuan secara online menggunakan aplikasi zoom. Untuk mempercantik, tampilan panggilan Anda baik sebagai pembuat room ataupun peserta maka Anda bisa mempercantik tampilan dengan mengubah latar belakang Anda dengan gambar atau animasi tertentu. Cara setting background zoom di hp juga bisa Anda lakukan dengan begitu sangat mudahnya, jadi tidak harus menggunakan perangkat laptop saja yang bisa mengakses fitur ini.

Itulah cara setting background zoom di hp dengan begitu sangat mudahnya dan hanya membutuhkan waktu beberapa saat dan Anda sudah berhasil dalam mengubah tampilan latar dari gambar zoom meeting Anda.

Tinggalkan komentar