pixabay

Contoh Undangan Setengah Resmi (Rapat Osis dan Pemuda)

Undangan Setengah Resmi- Pada umumnya, nyaris semua orang sudah kenal, dan tahu apa itu surat resmi. Berbeda halnya dengan surat setengah resmi.

Hal ini karena pada umumnya, di sekolah hanya dibahas mengenai surat resmi dengan surat tidak resmi saja. Masih sangat jarang ada pembahasan seputar surat undangan setengah resmi.

Sehingga, jika ingin mengetahui beberapa hal mengenai surat undangan setengah resmi ini, Anda meski mempelajarinya di berbagai tempat. Internet misalnya.

Karena memang, di internet ini sudah ada banyak sekali informasi mengenai hal tersebut. Bahkan, ada banyak juga yang memberikan contohnya. Termasuk pembahasan kita kali ini.

Ya, pada artikel ini, kami akan memberikan contoh surat undangan setengah resmi yang mungkin akan membantu Anda ketika akan membuat surat undangan, yang sifatnya setengah resmi.

Surat undangan setengah resmi

Sederhananya, surat undangan setengah resmi adalah undangan, yang dibuat dengan mengatasnamakan pribadi, kemudian akan dikirimkan ke perorangan maupun organisasi.

Atau, tetap bisa juga dikirimkan ke instansi instansi. Meski namanya tergolong cukup asing, namun siapa sangka, jika sebenarnya, kita tidak bisa terlepas dari surat undangan setengah resmi.

Bagaimana bisa? Ya, karena contoh contohnya ada di sekeliling kita. Dan mungkin, hampir dua hari sekali, atau sebulan sekali kita menerimanya. Misal, undangan nikahan, syukuran, rapat, dan lainnya.

Ia kan? Jadi, karena sudah sering melihat dan membaca surat undangan setengah resmi, harusnya kita memiliki gambaran bagaimana proses pembuatannya.

Nah, kalau Anda penasaran, dan masih agak bingung, bisa memperhatikan contoh surat undangan setengah resminya berikut. Berikut adalah contoh surat undangan perkumpulan pemuda.

Contoh 1

Dusun BABDHD

Surabaya, 26 September 1990

Kepada: Anggota Pemuda

Perihal : Undangan Pertemuan Bulanan

Lamp   : –

Dengan hormat,

Dengan surat ini, kami mengharapkan kedatangan seluruh anggota Pemuda Dusun BABDHD untuk menghadiri rapat rutin bulanan yang akan dilaksanakan pada:

hari/tanggal    : Kamis, 26 September 1990

waktu              : 18:00 sampai selesai

Agenda            : Rapat rutin bulanan

Demikian surat undangan ini kami buat. Atas perhatiannya kami ucapkan terimakasih.

Hormat kami,

Ketua Pemuda                                                                        Sekretaris

Baca Juga :  Kunci Jawaban Brain Out Level 1 - 221 Lengkap 100% Benar

 

 

Fans                                                                                           Band

Contoh 2

Untuk yang kedua ini adalah contoh surat undangan setengah resmi bagi Anda yang ingin mengundang teman-teman pengurus osis untuk mengikuti rapat.

Jakarta, 29 Agustus 1998

Kepada: Seluruh anggota OSIS SMP N 01 M

Perihal : Undangan Rapat Kegiatan Besar

Lamp   : –

Dengan hormat,

Dengan surat ini, kami mengharapkan kedatangan seluruh anggota OSIS SMP N 1 M untuk menghadiri rapat rutin kegiatan besar yang akan dilaksanakan pada:

hari/tanggal    :  29 Agustus 1998

waktu              : 09.00 sampai selesai

Agenda            : Rapat kegiatan besar

Demikian surat undangan ini kami buat. Atas perhatiannya kami ucapkan terimakasih.

Hormat kami,

Ketua Pemuda                                                                        Sekretaris

 

 

Fans                                                                                           Band

Bagaimana, gampang sekali bukan? Nah sekarang, Anda sudah bisa membuat surat undangan setengah resmi dengan sangat mudah.

Yang paling penting adalah, siapkan nama agendanya, kapan akan dilaksanakan, dimana, dan jam berapa. Jangan lupa juga untuk mencantumkan tanda tangan.

Dari kedua contoh undangan yang ada, bisa kita katakan, bahwa untuk format penulisannya hampir sama saja seperti surat formal pada umumnya. Akan tetapi, versi satu ini tidak menggunakan kop surat.

Demikian dua contoh surat yang bisa Anda perhatikan. Proses pembuatannya yang mudah memungkinkan siapapun bisa membuat surat ini. Semoga bermanfaat.

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.