12 Desain Kolam Renang Minimalis Dalam Rumah

  • Whatsapp
desain kolam renang minimalis
desain kolam renang minimalis

Desain Kolam Renang Minimalis Dalam Rumah – Punya kolam renang dalam area rumah memang sangatlah menyenangkan, apalagi bagi anda yang memiliki rumah di area perkotaan yang bercuaca panas dan dengan adanya kolam renang di rumah, akan membuat anda bisa berendam sambil menikmati kebersaaan dengan anggota keluarga. Namun keterbatasan lahan seringkali menjadi kendala untuk memiliki kolam renang pribadi.

Ukuran kolam minimal yang dibangun di area rumah yaitu 3 kali 7 meter, supaya pergerakan saat berenang menjadi nyaman. Namun untuk lahan yang lebih kecil juga bisa dibuat dengan desain yang menarik, agar tampilan kolam renang menjadi lebih eksotis. Ada berbagai contoh desain kolam renang minimalis yang tersebar di internat dan semua desain pasti memiliki kelebihannya tersendiri.

Contoh Desain Kolam Renang Minimalis Dalam Rumah

Berikut ini merupakan contoh Desain Kolam Renang Minimalis yang cocok buat kamu.

1. Desain Kolam Renang Tropis

Bagi anda yang menyukai kegiatan alam seperti bersantai di pinggir pantai, maka anda bisa membuat desain kolam bentuk kotak dengan berbagai tambahan hiasan kayu di bagian pinggir kolamnya. Bangku untuk berjemur bisa ditambahkan di dekat kolam beserta payung peneduhnya dan dengan adanya cahaya matahari yang menyinari kolam, maka akan menambah nuansa tropis di sekitaran kolam.

Dengan kesan tropis yang sangat menyegarkan, tentu anda bisa bersantai pada pagi dan sore hari. Anda juga bisa menambahkan berbagai furniture yang memiliki warna cerah, agar menambah keunikkan dari kolam renang dan anda juga bisa menambahkan berbagai jenis tanaman untuk hiasan.

Area sekitar kolam juga bisa sangat asri dengan menambahkan pasir di pinggirannya. Kolam renang tropis sangat cocok menjadi kolam renang di belakang rumah, supaya nuansa di halaman belakang menjadi lebih sejuk.

2. Desain Kolam Renang Dengan Tambahan Ornamen Air Terjun

Air terjun merupakan pemandangan indah yang tercipta secara alami dan air terjun seringkali menjadi tujuan wisata alam. Indonesia menjadi salah satu negara yang memiliki banyak pilihan air terjun dan pilihannya tersebar di berbagai daerah. Namun untuk mendapatkan keindahan air terjun di area rumah, kini bisa diperoleh dengan menambahkan ornamen air terjun di sekitaran kolam renang.

Kolam renang di rumah yang memiliki ornamen air terjun atau air mancur akan terlihat sangat indah, apalagi saat anda menambahkan berbagai batu alam yang menghadirkan kesan natural. Batuan yang bisa dipilih seperti jenis batuan andesit, batu paras dan batu candi. Air terjun bisa ditambahkan di sisi kolam atau diletakan di dinding pembatas kolam renang.

3. Desain Kolam Renang Dengan Tambahan Finishing Mosaic

Untuk memperindah tampilan kolam renang minimalis, maka anda bisa menambahkan konsep finishing mosaic dan pilihlah mosaic yang berukuran kecil atau sedang.

Penggunaan mosaic berukuran besar, hanya cocok untuk kolam renang rumah berskala besar dan tidak akan cocok untuk kolam renang yang ditempatkan dalam rumah. Dengan memiliki kolam renang minimalis, maka anda tidak perlu pergi keluar rumah untuk berenang atau berendam.

Kolam renang dengan desain finishing mosaic akan memiliki tampilan yang mewah dan air kolam akan terlihat sangat jernih dan nampak seperti kaca kualitas kebersihannya. Mosaic yang ditempatkan dalam kolam renang juga bisa menambah kesan mewah dan mosaic yang banyak dipakai oleh masyarakat Indonesia yaitu mosaic kuda laut masa dengan mosaic venus tile.

4. Desain Kolam Renang Dengan Tambahan Taman Mini

Kolam renang dengan tambahan taman mini disekitarnya akan membuat nuansa alam di area kolam, sehingga udara segar akan sangat terasa.

Bagi anda yang senang berkebun, tentu bisa menambahkan taman mini di sekitaran kolam renang dan dengan mangabungkan konsep kolam dengan alam, maka anda akan lebih betah berlama-lama di rumah. Tanaman yang dipilih bisa disesuaikan dengan selera.

Taman mini di sekitar kolam juga bisa dibuat menjadi kebun bunga, kebun sayuran atau kebun buah. Anda juga bisa menambahkan berbagai jenis rumput disekitaran kolam renang, supaya tampilan kolam menjadi lebih keren.

Kolam renang dengan taman mini juga bisa dijadikan spot untuk berfoto, karena membuat tampilan kolam renang terlihat sangat berkualitas.

5. Desain Kolam Renang Untuk Kegiatan Privasi

Secara umum kolam renang memang dibat di ruangan yang terbuka, namun banyak masayarakat yang ingin punya kolam renang untuk kegiatan pribadi dan pembangunan kolamnya di area yang tertutup, karena sangat mementingkan privasi.

Kolam renang yang penuh privasi biasanya dipakai untuk kegiatan hubungan pernikahan, sehingga pasangan menjadi lebih harmonis dan lebih betah berada di dalam rumah.

Untuk memiliki kolam renang dengan desain yang penuh privasi bukanlah perkara mudah, karena ada berbagai hal yang perlu diperhatikan. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan seperti lokasi pembuatan kolam, bentuk kolam, luas kolam dan asupan cahaya matahari untuk kolam. Kolam renang haruslah menerima cahaya matahari, agar kondisinya tidak terlalu lembap.

6. Kolam Renang Dengan Tambahan Lampu Hias

Desain kolam renang minimalis yang dibuat di dalam rumah memang sangat beragam dan salah satu desainnya bisa menambahkan lampu hias. Bagi anda yang suka dengan nuansa romantis, tentu bisa membuat kolam renang dengan hiasan lampu di sekeliling kolam dan dengan adanya lampu, maka nuansa romantis akan terasa di malam hari.

Kolam renang dengan desain ini sangat cocok untuk kegiatan berdua dengan pasangan.

Dengan memiliki kolam renang berkualitas di rumah, tentu anda tidak perlu keluar rumah dan mengeluarkan biaya besar untuk liburan.

Kolam renang romantis juga akan menambah kualitas hubungan dengan pasangan dan akan menciptakan nuansa keluarga yang harmonis.

Kolam romantis juga akan membuat hubungan pasangan menjadi lebih intim dan akan menciptakan aura positif sangat terasa di area kolam.

7. Kolam Renang Dengan Konsep Kontemporer

Bagi anda yang memiliki desain rumah modern dengan berbagai fasilitas didalamnya, anda bisa membuat kolam renang dengan konsep kontemporer.

Dengan konsep kontemporer, maka anda bisa memanfaatkan dinding rumah dengan material kaca dan hal ini akan menimbulkan kesan mewah dalam rumah. Dengan tambahan kaca, maka kolam akan terlihat lebih berkelas dan biaya perawatan kolam renang dengan desain kontemporer lumayan tinggi.

Rumah modern akan terasa memiliki nuansa alami dengan kolam kontemporernya dan akan membuat tampilan dalam rumah menjadi lebih keren. Konsep kolam ini kebanyakan dibangun di daerah perkotaan dan pemiliknya biasanya memiliki kekayaan berlimpah, karena pembuatan kolam renang dengan konsep kontemporer memiliki biaya mahal. Namun anda yang ingin punya kolam renang kontemporer di rumah bisa memilikinya dengan biaya rendah, asalkan desain kolamnya harus minimalis.

8. Kolam Renang Dengan Tambahan Batu Alam

Batu alam adalah sebuah batuan yang dihasilkan langsung dari alam dan batuan terbentuk secara alami, tanpa ada rekayasa sedikitpun. Untuk memperolah batu alam sangatlah mudah, karena bisa ditemukan di berbagai daerah dan batu alam juga memiliki harga yang terjangkau, sehingga sangat meringankan bagi penyukanya. Batu alam bisa diterapkan di dinding, atap atau di bangian lantai.
Batu alam juga bisa dipakai untuk menambah keindahan kolam renang dan batu alam bisa dipakai untuk anda yang suka dengan nuansa alam. Batu alam di area kolam renang juga akan menambah eksotisnya kolam dan akan membuat pemilik kolam menjadi betah berada di rumah. Anda juga bisa menambahkan berbagai jenis tanaman hias untuk menambah nuansa alami di sekitaran kolam renang.

9. Kolam Renang Dengan Sistem Skimmer

Untuk pembuatan kolam renang biasanya ada 2 sistem yang dipakai yaitu sistem skimmer dengan sistem overflow dan sistem skimmer biasanya memanfaatkan sevuah box yang dipasang di pinggir kolam. Sistem skimmer biasanya berguna untuk mengatur sirkulasi air dalam kolam renang, menyaring kotoran di kolam dan menjadi salah satu barang untuk proses perawatan kolam renang.
Untuk punya kolam renang dalam rumah memang harus di desain dengan baik, agar menambah keindahan tampilan rumah dan kolam renang dalam rumah, bisa dimanfaatkan untuk kegiatan berkumpul dengan anggota keluarga. Rumah memang harus menjadi surga dunia yang nyaman untuk beristirahat, sehingga harus di desain sesuai keinginan dan harus didesain dengan sangat unik.

10. Kolam Renang Dengan Sistem Overflow

Dengan menggunakan sistem overflow, maka sirkulasi air dalam kolam renang akan bergerak ke berbagai arah dan hal ini akan membuat air melimpah di bagian bibir kolam. Kolam renang dengan sistem ini biasanya menggunakan suatu parit atau drainase untuk jalannya aliran air. Sistem pverflow bisa dipakai untuk kolam renang kecil atau kolam renang berukuran besar.

Kolam renang memang sangat bermanfaat bagi warga perkotaan, karena bisa menjadi tempat berendam dan nuansa kota yang panas, bisa terlupakan dengan cara berendam di kolam yang nyaman. Dengan desain kolam yang bagus, maka anda bisa betah berenang dalam waktu yang lama dan kegiatan berenang yang dilakukan dengan anggota keluarga lainnya, akan menjadi kegiatan yang menyenangkan saat dilakukan di sekitaran rumah.

11. Kolam Renang Dengan Tambahan Tempat Bersantai

Kolam renang yang cocok untuk bersantai memang sangatlah cocok diterapkan di rumah, karena kolam renang bisa menjadi salah satu cara relaksasi dari kejenuhan bekerja. Berenang memang menjadi salah satu kegiatan olahraga yang sangat menyehatkan, karena dengan berenang berbagai organ tubuh tergerak dengan sangat baik dan berenang juga bisa membuat tubuh terlihat lebih atletis.

Dengan memiliki kolam renang di rumah, maka kegiatan olahraga bisa dilakukan di dalam rumah dan ada berbagai aksen yang bisa ditambahkan di area kolam. Ayunan dengan kursi menjadi hiasan kolam yang sangat mempercantik tampilan kolam dan dengan adanya ayunan, maka anak-anak akan lebih betah di rumah. Kolam renang harus di desain senyaman mungkin, agar anda menjadi betah di rumah dan berkumpul dengan anggota keluarga.

12. Kolam Renang Dengan Desain Melengkung

Apabila anda bosan dengan desain kolam renang yang standar yaitu persegi panjang, maka anda bisa membuat kolam renang dengan desain melengkung dan kolam renang jenis ini bisa diterapkan di rumah. Kolam renang melengkung atau setengah bulat memang sedang populer di luar negeri dan desain kolam ini kebanyakan di perumahan yang elite, sehingga kolam renang melengkung sering disebut kolam mewah.

Untuk menambah estetika keindahan kolam renang melengkug, maka anda bisa menambahkan berbagai batuan alam di pinggirnya dan anda juga bisa menempatkan berbagai tanaman hias untuk menambah keasrian udara. Untuk bisa memiliki kolam renang melengkung dengan kualitas yang baik, maka anda perlu mencari kontraktor kolam renang yang berkualitas.

Sekian ulasan lengkap mengenai contoh desain kolem renang minimalis dalam rumah dan semoga semua bahasannya bermanfaat bagi para pembacanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *