Waspada, Inilah 4 Faktor Hp Meledak saat Pengisian Daya

  • Whatsapp
faktor hp meledak
faktor hp meledak

Faktor Hp Meledak – Dalam dekade terakhir, perkembangan Smartphone begitu cepat. Hingga saat ini saja, beberapa fitur fitur futuristik yang mungkin dulu pernah terpikirkan oleh kita sudah dapat direalisasikan. Contohnya adalah fitur pengisian daya, layar sentuh, sidik jari dan lainnya.

Bahkan mungkin dalam beberapa tahun kedepan akan ada fitur display menggunakan hologram layaknya yang ada di film Ironman (fitur ini sedang dikembangkan di gadget Kacamata Google, akan tetapi mereka menemukan beberapa bug sehingga menunda perilisan Kacamata Google). Dengan berkembangnya teknologi teknologi ini, muncul pertanyaan dalam benak kita, apakah teknologi ini akan aman ?

Dalam beberapa tahun terakhir, kita sudah menemukan banyak kasus kasus yang berhubungan dengan fitur tersebut, sebut saja fitur pengisian daya. Dilansir dari detik.com, ada macam macam kasus yang menyebutkan bahwa faktor HP meledak ketika pemilik tertidur dan membiarkan smartphone terus mengisi. Lalu, apa faktor yang melandasi meledaknya smartphone  ketika melakukan pengisian daya ?

Baca Juga : Daftar Codename HP Xiaomi Lengkap

Perhatikan Inilah 4 Faktor Hp Meledak saat Pengisian Daya

Silahkan perhatikan beberapa faktor yang dapat merugikan diri kalian sendiri. Kalian pasti pernah melakukan beberapa larangan saat pengisian daya. Tolong mulai saat ini jangan melakukan beberapa faktor di bawah ini agar kalian selamat.

1. Prosesor yang terus menerus bekerja 

faktor hp meledak

Ketika melakukan pengisian daya, prosesor tetap bekerja sebagaimana mestinya. Pengisian daya sendiri menghasilkan reaksi yang pada akhirnya menyebabkan smartphone menjadi panas. Apalagi dengan berkembangnya fitur pengisian cepat membuat smartphone seperti dipaksa untuk digunakan sesering mungkin dan melakukan pengisian daya secepat mungkin. Ditambah dengan beberapa aplikasi ‘bandel’ yang ikut andil memaksa prosesor bekerja membuat panas yang dihasilkan menjadi dua kali lipat.

2. Kondisi Baterai yang sudah tidak baik lagi 

Kondisi baterai juga menjadi salah satu alasan mengapa smartphone dapat meledak walaupun sedang tidak digunakan. Kondisi baterai yang mungkin sudah mulai ‘hamil’ dapat membuat kemungkinan overheat semakin besar. Ciri ciri baterai yang sudah tidak baik biasanya ditandai dengan meng’gendut’nya baterai, kita dapat mengeceknya dengan meletakkan baterai diatas lantai kemudian memutarnya, apabila berputar, kita dapat memastikan kalau kondisi baterai sudah tidak baik lagi. Selain itu, apabila merasa bahwa baterai mudah sekali habis, maka itu juga bisa menjadi tanda bahwa kita harus mengganti baterai smartphone dengan yang baru 

Baca Juga :  Cara membuat Blog di Blogger.com Lengkap

3. Memainkan smartphone ketika sedang di charge

Hal ini merupakan suatu hal yang tanpa kita sadari sering kita lakukan. Memainkan smartphone ketika sedang melakukan pengisian daya dapat membuat umur (lifetime) baterai menjadi lebih pendek; Mengapa ? Karena baterai dipaksa untuk bekerja dalam dua arah, yang satu untuk mengisi smartphone sedang disisi lain melakukan pengisian.

Selain itu juga, dengan memainkan smartphone membuat peningkatan kinerja pada prosesor sehingga menyebabkan overheat. Terlebih lagi, kita sering tanpa sadar memasang dan mencabut charger ketika kondisi baterai belum penuh. Ini berakibat fatal karena akan membuat kalibrasi atau keseimbangan pengisian daya terganggu sehingga akhirnya dapat menyebabkan smartphone meledak. 

4. Meninggalkan smartphone dalam posisi pengisian daya (ketiduran)

Faktor ke empat pun sering menjadi faktor utama mengapa smartphone meledak. Pengisian daya secara terus menerus juga tidak baik pada kesehatan baterai. Apalagi terkadang kita sering tertidur dengan posisi menutupi smartphone, baik karena tertindih oleh bantal ataupun oleh badan kita sendiri. Ini membuat smartphone kita tidak dapat melepaskan panasnya secara optimal. 

Baca Juga :  4 Cara Internet Gratis Android, Semua Operator Tanpa Batas !

Dengan beberapa faktor penyebab dan akibat yang ditimbulkan, para produsen smartphone kini mencoba untuk meningkatkan fitur mereka dan yang paling cukup ampuh hingga sekarang adalah fitur Auto Disconnect dimana pengisian daya akan otomatis terhenti ketika mencapai persen tertentu. Biasanya persenan tersebut dapat diatur oleh tiap pengguna smartphone sehingga ini diharapkan mampu mengurangi resiko meledaknya smartphone


Akan tetapi, alangkah baiknya apabila diri kita juga mengambil tindakan yang nyata untuk mengurangi resiko diatas, beberapa diantaranya adalah 

1. Pencabutan pengisian daya ketika sudah mencapai kondisi 90% – 95% 

2. Tidak berlebihan menggunakan smartphone

3. Matikan smartphone ketika melakukan pengisian daya 

Dan masih banyak lagi langkah yang dapat kita ambil untuk mengurangi resiko tersebut. 

“Lebih baik mencegah daripada mengobati, Safety First is a Must”

Nah Mungkin Itulah Sedikit Informasi yang dapat Portaljawa berikan mengenai Faktor Hp Meledak saat dilakukan pengisian daya. Semoga kalian bisa memahami dan jangan sekali – sekali melakukan hal – hal yang dapat merusak daya tahan baterai Hp kalian. Terimakasih sudah berkunjung ke website kami.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *