7 Foto/gambar Yang Tidak Boleh Diupload Di Sosial Media

  • Whatsapp
7 Foto Yang Tidak Boleh Diupload Di Sosial Media

Dendisam Media – Berfoto saat ini menjadi kegiatan yang sangat biasa dilakukan seseorang terutama bagi kaum milenial. Hal ini semata-mata dilakukan untuk mengabadikan momen berharga yang mereka lakukan, dan tak jarang juga atau bahkan sering sekali foto-foto yang mereka potret langsung dishare di sosial media baik itu status whatsapp, facebook, instagram dan juga sosmed lainnya.

Tapi tahukah kamu jika mengirim foto/gambar di sosial media itu belum tentu aman? Dalam beberapa kasus, foto yang diupload seseorang bisa dimanfaatkan sebagai alat penipuan oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Contohnya saja saat ini banyak sekali akun palsu di facebook yang menggunakan foto orang lain untuk menipu, tentu saja ini sangat merugikan karena secara tidak langsung akan mencemarkan nama baik orang yang fotonya digunakan tersebut.

Sebenarnya itu hanyalah satu dari banyaknya kasus yang ada di sosmed, selain foto diri tentu masih banyak yang tidak boleh diupload di sosial media, apa aja sih?

Baca Juga : 20 Foto Pareidolia Ini Diubah Jadi Ilustrasi Keren! Mirip Banget, Kan?

1. Identitas Diri

Kartu identitas seperti KTP, kartu keluarga ataupun yang lainnya memang sangat tidak diperkenankan untuk diupload di sosial media. Karena tentunya ini bersifat privat dan bisa saja orang menggunakan identitas kamu untuk melakukan tindak kejahatan. Misalnya saja ada sebuah kasus dan ternyata si pelaku menggunakan menggunakan KTP kamu yang telah dipalsukan, kalo sudah begitu siapa yang rugi?

2. Tiket

Saat ini tiket pesawat, pertandingan olahraga ataupun yang lainnya sudah menggunakan barcode yang nantinya akan discan ketika ingin digunakan. Jangan sampai kamu memposting sebuah tiket di sosial media karena tentunya kamu sendiri yang akan rugi. Sudah ada kasus di amerika bahwa ada seseorang yang mengupload tiket pertandingan yang dan sangat jelas terlihat barcodenya, lalu ketika ingin digunakan ternyata sudah tidak bisa karena sudah dipalsukan oleh orang lain.

3. Kartu Kredit/debit

Kartu kredit seperti visa ataupun mastercard sangat berbahaya sekali jika sampai ada orang yang tau, karena untuk pembayaran online baik dalam maupun luar negeri biasanya menggunakan kartu kredit jenis ini. Maka dari itu jangan sekali-kali mengunggah foto kartu debit kamu apalagi jika terlihat jelas nomor dan juga security codenya, karena bisa-bisa saldo kamu bisa dikuras habis oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Baca Juga :  Apa Itu Kabel UTP : Fungsi, Warna, Jenis ,dan Komponennya

4. Foto Perhiasan

Jangan pernah mengupload apalagi memamerkan diri kamu ketika menggunakan perhiasan di sosmed, kenapa? Karena kamu bisa jadi sasaran empuk bagi pelaku kejahatan. Dengan fitur sosial media yang canggih saat ini, lokasi kamu bisa saja diketahui oleh orang lain, jadi hati-hati dan jangan mengundang kejahatan.

5. Foto/gambar Yang Ga Sesuai Deskripsi

Ya kalo ini soal hoax, banyak sekali orang yang membagikan sebuah foto tapi caption atau deskripsinya tidak sesuai, apalagi jika gambar yang diupload adalah isu sensitif semisal penculikan anak. Banyak sekali yang sudah tertangkap polisi karena hal ini dan alasan mereka rata-rata karena iseng. Ingat, tidak semua bisa dijadikan bahan lelucon di media sosial karena tentunya ada undang-undang yang mengaturnya, jika kamu menemukan hal-hal seperti ini jangan asal bagikan yaa karena kalo ternyata itu beritu palsu ya siap-siap aja diringkus polisi.

6. Mengumbar Aurat

Biasanya yang melakukan ini adalah kaum wanita. Banyak orang yang memposting dirinya dengan menggunakan pakaian yang kurang bahan dengan sengaja ke sosial media, padahal dalam agama sudah dijelaskan bahwa membuka aurat adalah tindakan yang dosa, tapi saat ini malah banyak yang melakukannya. Perlu diingat bahwa apapun yang kamu upload di sosmed pasti akan dilihat oleh siapapun dan peluang kamu memperbanyak dosa juga semakin besar, bahkan ketika kamu sudah tiada juga dapat dipastikan dosa itu terus mengalir selagi masih ada yang melihat foto kamu, jadi masih mau panen dosa atau engga?

Baca Juga :  8 Cara Mempercepat Koneksi Internet Paling Ampuh Saat ini

7. Karya Orang Lain

Sebuah karya yang dibuat oleh seseorang sudah sepatutnya kita hargai, karena dengan begitu tentunya akan memunculkan individu-individu yang kreatif. Tetapi saat ini saya miris dengan fanspage yang ada di media sosial, banyak yang mencuri gambar hasil karya orang lain dan kemudian diedit dan ditulis nama mereka seolah-olah itu adalah karyanya. Apa salahnya sih menghargai karya orang? Memang sangat susah ya jika hanya menuliskan si pembuatnya? Ingat, jika kamu mau dihargai maka hargailah karya orang lain.

Kesimpulannya adalah sosial media itu tidak jauh berbeda dengan kehidupan nyata, ada aturan, etika serta norma yang berlaku. Jangan sampai kamu berlebihan atau bahkan sampai kelewat batas dalam bersosmed, karena yang rugi tentunya ya diri kamu sendiri.

Terima kasih sudah membaca artikel ini yang berjudul 7 Foto Yang Tidak Boleh Diupload Di Sosial Media, semoga bermanfaat dan tentunya menginspirasi para pembaca, salam reader.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *