Inilah 5 Teknologi yang cocok untuk dikembangkan di Indonesia

teknologi yang cocok dikembangkan di indonesia

Di era industri 4.0 ini sektor teknologi memang sedang naik daun, dan mengalami berbagai inovasi yang mengubah sesuatu yang telah ada, seperti mobil dengan sopir otomatis, virtual reality, dan masih banyak lagi.

Tentu saja banyak dari dari inovasi-inovasi ini yang masih dalam perkembangannya, yang berarti saatnya sudah tiba bagi para calon teknisi atau bahkan kaum milenial untuk masuk ke lantai dasar dan mengarahkan penemuan-penemuan ini ke arah yang benar.

Baca Juga :  New ID-BUG Tembak Paket Telkomsel 30 Gb

Apa saja teknologi yang harus dikembangkan di Indonesia?. Berikut adalah 5 teknologi baru yang paling penting untuk dikembangkan di Indonesia:

1. Virtual Reality

20190801 072547

Teknologi virtual reality berupaya menciptakan gambar atau lingkungan tiga dimensi yang realistis yang dapat dirasakan oleh manusia sebagai nyata, dan bahkan berinteraksi dengan cara yang realistis.

Gagasan dan perangkat virtual reality, sebenarnya telah ada sejak awal 1960-an, tetapi baru belakangan ini perangkat tersebut menjadi kekuatan utama di sektor teknologi karena semakin banyak perusahaan yang mengeksplorasi potensi mereka untuk hiburan di masa depan.

Baca Juga :  √ Cara Membagikan link Grup WhatsApp ke teman dengan mudah

Bahkan, dengan pembelian Facebook Oculus (Oculus Rift Headphones), para pemimpin industri jelas melihat potensi besar dalam perangkat virtual reality ini.

Dan untuk saat ini virtual reality, telah beralih dari konsep fiksi ilmiah ke pasar perangkat konsumen yang luas hanya dalam kurun waktu singkat: tidak mengherankan jika sebagian dari kita mengalami whiplash.

Baca Juga :  9+ Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga yang Cerdik #TipsUntukAyah

Virtual reality cenderung menjadi prospek yang lebih sulit: Di AR, ada titik referensi tetap yang dapat digunakan mata Anda untuk melacak dan menavigasi.

 Dalam VR, lingkungan penuh akan disimulasikan dan realisme lebih sulit untuk dicapai. Sehingga hal inilah yang membuat game berbasis AR lebih banyak daripada game berbasis VR.

2. Machine Learning

20190801 072552

Machine Learning merupakan salah satu teknologi paling berpengaruh kuat di dunia saat ini. Lebih penting lagi, dunia saat ini masih jauh dari melihat potensi penuhnya. Tidak ada keraguan, itu akan terus menjadi kekuatan teknologi utama di masa mendatang.

Baca Juga :  Daftar Keyword CPC Tertinggi 2021 di Indonesia

Pada level yang sangat tinggi, machine learning adalah proses mengajar sistem komputer bagaimana membuat prediksi yang akurat ketika user memasukkan data.

sehingga data tersebut akan diolah dan diproses oleh mesin untuk menampilkan data. Dimana prediksi tersebut dapat menjawab apakah sepotong buah di foto adalah pisang atau apel, apakah penggunaan buku kata dalam kalimat berkaitan dengan buku saku atau reservasi hotel, apakah email adalah spam, dan masih banyak yang lain.

Baca Juga :  10 Ide Usaha Modal Kecil yang Menjanjikan 2021

Perbedaan utama dari perangkat lunak komputer adalah bahwa pengembang manusia belum menulis kode yang menginstruksikan sistem tentang cara membedakan antara pisang dan apel.

 Alih-alih model pembelajaran mesin telah diajarkan bagaimana membedakan secara andal buah-buahan dengan dilatih pada sejumlah besar data, dalam hal ini kemungkinan besar sejumlah gambar yang dilabeli mengandung kata kunci pisang atau apel.

Baca Juga :  ARVA Barbershop - Barbershop Terbaik di Purwodadi

3. Ethical Hacking

20190801 072535

Setiap orang rentan terhadap peretasan secara online dan juga beberapa perusahaan sangat rentan terhadap penjahat cyber. Sehingga banyak yang mengambil keselamatan mereka sendiri dan menawarkan bayaran yang besar bagi mereka yang dapat menjaga produk mereka agar tetap aman.

Bahkan, Facebook membayar lebih dari 5 juta dolar untuk Ethical Hacker yang menemukan kerentanan di situs mereka dan melaporkannya sebelum dieksploitasi. Dimana seorang peretas memiliki tugas untuk mencari celah atau bug pada situs Facebook dan melaporkannya agar celah atau bug dapat segera diperbaiki.

Baca Juga :  Nih Buat K-POPpers, Foto BTS Terbaru 2021 keren

Di Indonesia juga terdapat komunitas untuk para ethical hacker. Namun, kamu tak perlu khawatir ethical hacker disini memiliki tugas yang positif salah satunya seperti yang saya jelaskan diatas. Berbeda dengan hacker atau peretas lainnya, jadi kamu tidak perlu takut untuk bergabung ke komunitas dan mempelajari lebih dalam lagi.

Baca Juga :  Atlet Panjat Tebing Aries Rahayu, Spiderman asal Grobogan

Salah satu situs ethical hacker yang ada di Indonesia adalah situs hack.co.id disini kamu dapat berinteraksi langsung dengan anggota komunitas yang bergabung didalamnya.

 Mereka tidak akan membedakan kamu yang masih baru dalam dunia ethical hacking atau yang sudah mahir. Jadi tunggu apa lagi, bagi kamu para millennial silahkan bergabung di komunitas dan pastinya hal ini gratis.

Baca Juga :  Pemanas Air Ariston 30 Liter, Berkapasitas Besar namun Efisien

4. Teknologi blockchain

20190801 072557

Teknologi Blockchain adalah konsep yang relatif baru dan teknologi dasar yang berkembang pesat, seperti internet atau komputasi awan . Struktur data yang serupa telah ada jauh sebelum bitcoin cryptocurrency populer dikandung, namun, teori utama arsitektur blockchain yang digunakan saat ini pertama kali diuraikan dan didefinisikan dalam  kertas putih bitcoin asli yang ditulis dan diterbitkan oleh Satoshi Nakamoto pada 2008.

Karena teknologi yang baru lahir ini matang dengan inovasi yang berkelanjutan, yang terbaik adalah tetap berpikiran terbuka dan berharap teknologi terkait yang baru akan terus muncul.

Baca Juga :  6 Keuntungan Memulai Bisnis di Usia Muda

Beberapa situs yang bisa kalian baca sebagai referensi berita teknologi ialah Situsnesia. Disana banyak sekali pembahasan yang mengulas mengenai teknologi informasi dan info menarik lainnya.

Nah mungkin itulah sedikit Tips yang bisa yang berikan mengenai Teknologi yang cocok dikembangkn di Indonesia. Menurut kamu teknologi apalagi yang bisa kita kembangkan.

Tinggalkan komentar