Pengertian Input Device Komputer Serta Fungsi Lengkap [2020]

Pengertian Input Device Komputer Serta Fungsi dan Contohnya – Halo sobat portaljawa kali ini kami akan membahas mengenai Perangkat Keras Pada Komputer. Kalian pasti pernah mendengarkan sewaktu masih duduk di bangku Sekolah menengah pertama tentang Input Device.

Dengan adanya perkembangan dari teknologi yang semakin lama menjadi semakin cepat. maka sebuah penguasaan informatika mengarah pada penguasaan ilmu serta keterampilan rekayasa informatika.

Dalam teknologi informasi dan komunikasi dikenal adanya piranti keras (hardware), piranti lunak (software), dan piranti manusia (brainware) yang saling berkait satu sama lain membentuk sebuah sistem.

Dalam pengoperasian, bentuk, sistem, dan fungsinya, komputer terdiri atas piranti keras (hardware), piranti lunak (software), dan pengguna (brainware). Komputer tidak mungkin bisa bekerja tanpa adanya program atau software yang telah dimasukan (install) di dalamnya.

Komputer sebagai sebuah sistem dari ribuan bahkan jutaan komponen yang saling bekerja sama secara rapi, selanjutnya dapat melaksanakan serangkaian pekerjaan secara otomatis berdasar urutan instruksi atau program yang diberikan kepadanya.

Nah selain itu ada juga yaitu Perangkat masukan atau yang dikenal Sebagai Input Device.

Pengertian Input device

Input Device ialah Piranti keras yang berguna dalam memasukan data ke komputer, Data itulah yang selanjutnya akan diproses. Input device pada komputer mempunyai fungsi memberikan masukan perintah kepada memori dan processor sebuah komputer untuk di olah sehingga menghasilkan data dan informasi yang kita perlukan.

Pada awalnya sebuah keyboard menjadi satu satunya input device yang sangat penting bagi perangkat komputer. Seiring dengan perkembangan teknologi dan kebutuhan manusia akan kegunaan pc , maka di buat input device lain. Apakah kalian tahu apa itu output device ? diartikel sebelumnya kami mengulasnya.

Jenis – Jenis Input Device pada Komputer

Beberapa jenis – jenis Input Device (Perangkat Masukan) sebagai berikut ;

1.Papan ketik (keyboard)

Papan ketik adalah suatu peralatan asukan yang menyerupai mesin ketik atau alat untuk memberi perintah kepada kom ter. Pada papan ketik terdapat tomboltombol huruf, angka, dan fungsi serta tombol-tombol yang memiliki fungsi tertentu.

Jenis-jenis keyboard antara lain keyboard QWERTY, keyboard DVORAK, keyboard KLOCKENBERG, keyboard Maltron, keyboard Palantype, keyboard Stenotype, keyboard Alphabetik, dan keyboard Numeric.

2. Mouse

Mouse digunakan untuk menempatkan insertion point/cursor dengan cepat pada teks atau naskah maupun untuk memilih ikon (menu) dalam menjalankan perintahperintah. Jenis-jenis tipe mouse sebagai berikut.

a) Mouse mekanis

Jika dibuka dan mengeluarkan bola kecil yang terdapat di dalam mouse, maka terlihat 2 (dua) pengendali gerak di dalamnya. Dalam hal ini, Kedua bola tersebut bergerak bebas dan mengendalikan pergerakan pointer dengan arah horizontal (mendatar) danarah vertikal (atas dan bawah).

b) Mouse optik

Mousejenis ini menggunakan sinar infra merah yang digunakan sebagai sensor dan tidak menggunakan bola untuk menggerakkan pointer.

c) Mouse wireless

Pada awalnya pergerakan mouse terbatas oleh panjang kabel, sehingga diciptakan mouse wireless yang dapat digerakkan lebih bebas selama masih dalam jangkauan sensor mouse.

3. Tuas kendali (joystick)


Tuas kendali berbentuk tongkat kecil yang dapat digunakan sebagai mouse maupun memudahkan ber-main game yang dilengkapi, beberapa tombol dengan fungsi yang bisa diatur, misalnya mengendalikan pesawat atau mobil.


4. Kamera digital


Kamera digital digunakan untuk memudahkan dalam proses memotret, pengeditan maupun pencetakan.


5. Alat pindai kode (barcode reader)

Alat jenis ini bekerja seperti halnya scanner, yaitu memindai kode batang sehingga dapat dibaca oleh komputer.

Hasil barcode scanner berisikan data-data dari berbagai Produk seperti nama vendor (pemasok), nama produk, harga, dan data pendukung lain.

Dalam hal ini komputer tidak secara langsung dapat membaca data yang terkandung dalam kode tersebut, oleh karena itu sebelumnya kode yang ada harus ditangkap dan diterjemahkan ke dalam format data yang dapat dibaca oleh komputer.

Nah mungkin itulah sedikit informasi yang dapat kami berikan mengenai Pengertian Input Device atau Perangkat masukan Komputer. Semog artikel ini dapat bermanfaat untuk kalian semua. Terimakasih sudah menyempatkan berkunjung.