Investasi Vs Trading Saham : Cocok Mana Bagi Pemula – Jika Anda mulai mempertimbangkan untuk melakukan investasi pada dunia saham. Anda perlu memahami bagaimana cara membeli sebuah emiten saham seperti pada tautan ini. Setelah memahami cara melakukan transaksi, anda perlu memahami konsep yang ingin anda terapkan apakah investasi atau pun trading saham, Anda pasti mengalami kebingungan apakah akan memilih untuk melakukan investasi atau trading saham ? Ke dua pilihan tersebut memang memiliki daya tarik masing – masing dan untuk memilih nya pun juga bergantung pada keputusan Anda masing – masing. Namun, bagi Anda yang memang masih pemula dan masing kebingungan antara dua pilihan tersebut, yuk pahami ulasan di bawah ini !

Pengertian Investasi dan Trading Saham

Investasi adalah suatu aktivitas yang dilakukan dengan menanam aset atau dana hingga periode tertentu, dengan harapan agar dapat menghasilkan keuntungan yang berlipat ganda. Orang yang melakukan investasi biasa disebut sebagai seorang investor. Seorang investor harus memiliki suatu modal awal untuk dapat melakukan kegiatan investasi

Baca Juga :  3 Aplikasi Trading Saham Terbaik untuk Pemula

Trading saham adalah suatu aktivitas jual beli aset berupa saham yang dilakukan dalam jangka waktu pendek, dengan harapan agar memperoleh keuntungan yang lebih besar. Orang yang melakukan kegiatan trading saham biasa disebut sebagai seorang trader. Seorang trader harus memiliki modal awal serta jeli dalam membaca dan menganalisis peluang pasar agar bisa mendapatkan keuntungan yang besar dalam melakukan kegiatan trading saham.

Baca Juga :  12 Cara Bermain Saham Online untuk Pemula

Perbedaan Antara Investasi dengan Trading Saham

Investasi dan trading saham tentunya mempunyai beberapa perbedaan dalam beberapa segi. Berikut adalah beberapa perbedaan antara investasi dengan trading saham :

Perbedaan Tujuan

Investasi bertujuan untuk membeli suatu aset dari perusahaan yang bagus agar dapat mendatangkan keuntungan untuk ditahan dalam periode waktu yang panjang. Sedangkan tujuan dari trading adalah untuk melakukan pembelian saham saat harga saham turun dan melakukan penjualan saham saat harga naik dengan harapan agar mendapatkan keuntungan dalam waktu yang cepat.

Perbedaan Jangka Waktu

Investasi biasa nya dilakukan dalam jangka waktu yang panjang untuk mendapatkan keuntungan, sedangkan trading saham membutuhkan jangka waktu yang pendek atau cepat untuk mendapatkan keuntungan. Sebagai contoh jika Anda melakukan pembelian saham pada suatu perusahaan dengan tujuan agar memperoleh keuntungan dalam jangka waktu yang panjang dan bisa sampai pada masa depan anak dan cucuk Anda. Namun, hal sebalik nya yang terjadi pada trading saham adalah trading saham hanya membutuhkan waktu yang singkat bahkan bisa saja dalam beberapa detik atau menit sudah mendapatkan keuntungan.

Baca Juga :  6 Manfaat Saham bagi Perusahaan

Perbedaan Manfaat

Dalam kegiatan investasi, para investor biasanya mendapatkan beberapa benefit seperti adanya dividen, bonus, pemecahan saham, dan lain sebagainya. Selain itu jika Anda melakukan kegiatan investasi pada perusahaan yang kuat dan cukup maju pesat perkembangan nya, maka keuntungan Anda juga akan cepat membesar seiring dengan bertambah nya waktu. Sedangkan seorang trader mendapatkan manfaat dalam segi waktu yang lebih pendek, dengan waktu yang singkat seorang trader bisa mendapatkan keuntungan nya secara cepat.

Baca Juga :  Definisi Capital Gain dan 2 Contohnya

Kelebihan dan Kekurangan dari Investasi dan Trading Saham

Kelebihan dan Kekurangan Investasi

Berikut adalah kelebihan dari investasi :

  • Mendapatkan keuntungan tanpa harus terjun langsung dalam menjalankan bisnis perusahaan
  • Mendapatkan dividen, bonus, pemecahan saham, dll dari pihak perusahaan.
  • Menambah penghasilan dalam jangka panjang atau untuk masa depan.
Baca Juga :  Investasi yang Aman dan Menguntungkan di Tahun Ini

Berikut adalah kekurangan dari investasi :

  • Jangka waktu yang dibutuhkan lama
  • Tidak dapat menargetkan profit sesuai keinginan karena profit akan menyesuaikan dengan hasil dari keuntungan bisnis perusahaan yang di jalankan.
  • Jika perusahaan mengalami kemunduran maka bisa saja investasi tersebut mengalami kerugian.

Kelebihan dan Kekurangan Trading Saham

Berikut adalah kelebihan dari trading saham :

  • Jangka waktu untuk mendapatkan keuntungan lebih cepat
  • Bisa menargetkan profit sesuai dengan keinginan nya saat harga pasar saham sedang bagus
Baca Juga :  Saham Blue Chip yang Menguntungkan untuk Investasi Jangka Panjang

Berikut adalah kekurangan dari trading saham :

  • Kerugian yang di alami bisa lebih besar jika tidak pandai dalam membaca peluang pasar.
  • Harus aktif dan terjun langsung dalam melakukan pembelian danpenjualan saham.

 

Risiko Investasi VS Trading Saham

Bagi Anda yang masih pemula, sangat penting sekali untuk mengenali risiko yang mungkin terjadi dari aktivitas investasi dan trading saham. Jika Anda sudah mengenali risiko nya, maka Anda dapat menentukan aktivitas mana yang akan Anda pilih sesuai dengan faktor risiko yang sudah siap Anda hadapi. Dengan begitu, persiapan kalian akan menjadi semakin matang

Baca Juga :  Mengenal Saham Syariah dalam Pasar Modal di Indonesia

Risiko Investasi

Risiko yang mungkin terjadi saat melakukan investasi adalah kerugian yang ditimbulkan akibat kenaikan atau penurunan Nilai Aktiva Bersih (NAB), aset sulit di konversikan menjadi uang tunai jika belum memasuki periode tertentu, terjadi nya inflasi, dan terjadi nya fluktuasi pada suku bunga. Beberapa hal tersebut bisa menjadi faktor risiko yang mungkin terjadi dalam melakukan aktivitas investasi.

Risiko Trading Saham

Risiko dalam melakukan trading saham lebih besar jika dibandingkan dengan  investasi. Jika Anda menjual saham dalam peluang pasar yang tidak tepat, maka bisa saja Anda akan menuai kerugian. Hal tersebut harus Anda hindari dalam melakukan trading saham. Peluang pasar yang tepat sangat menentukan masa dimana Anda bisa melakukan jual saham dan kapan saat nya Anda harus beli saham.

Baca Juga :  Mengenal Sejarah Saham di Dunia

Dengan memahami ulasan di atas, maka Anda dapat mengetahui secara jelas mengenai, perbedaan dari Investasi dan trading saham, kekurangan dan kelebihan nya, serta risiko yang mungkin terjadi di antara ke dua pilihan tersebut.  Bagi Anda yang masih pemula akan lebih baik mencoba untuk melakukan investasi untuk belajar dalam memanagemen arus uang Anda. Dengan melakukan investasi, anda dapat belajar melakukan analisis pasar sehingga saat Anda sudah siap untuk mencoba trading saham, Anda sudah ahli dalam memahami peluang dan potensi pasar untuk mencegah terjadi nya kerugian.

Baca Juga :  12 Cara Bermain Saham Online untuk Pemula

Jika dilihat dari beberapa pertimbangan di atas, maka investasi menjadi jawaban yang tepat bagi para kaum pemula untuk belajar dalam memanagemen dan mengembangkan keuangannya, namun keputusan tersebut tergantung dari masing – masing individu, apabila Anda yakin untuk bisa memulai melakukan trading saham, maka tidak ada salahnya jika Anda mencoba nya.

Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.