Kelebihan dan Kekurangan Manajemen Ilmiah

kelebihan dan kekurangan manajemen ilmiah

Kelebihan dan Kekurangan Manajemen Ilmiah – Kali ini saya akan membahas tentang Manajemen ilmiah. Disebuah manajemen atau apapun pasti ada kelebihan dan Kekurangannya. Apalagi yang kita geluti adalah dunia manajemen yang mempunyai jangkauan lumayan luas. Teori manajemen ilmiah mempergunakan beberapa ilmu didalamnya seperti ilmu statis dan matematika untuk mengembangkan lebih baik teori – teorinya. Namun disisi lain pasti ada kelebihan dan kekurangan dari manajemen ilmiah yang mungkin ada belum mengetahuinya.

Manajemen ilmiah, atau dalam bahasa Inggris disebut scientific management, pertama kali dipopulerkan oleh Frederick Winslow Taylor dalam bukunya yang berjudul Principles of Scientific Management pada tahun 1911. Dalam bukunya itu, Taylor mendeskripsikan manajemen ilmiah adalah “penggunaan metode ilmiah untuk menentukan cara terbaik dalam menyelesaikan suatu pekerjaan.” Beberapa penulis seperti Stephen Robbins menganggap tahun terbitnya buku ini sebagai tahun lahirnya teori manajemen modern. 

Dengan menggunakan pendekatan kuantitatif aliran manajemen ilmiah sangatlah baik untuk memecahkan masalah di dalam sebuah manajemen tersebut. Dengan menggunakan Teori keilmuan manajemen ilmiah memiliki sebuah pedoman sebagai dasar – dasar untuk pengelolaan aktivitas manajemen serta kepemimpinan di dalam manajemen itu. Beberapa hal yang di terapkan di aliran manajemen ilmiah apa sajakah itu ?

  • Menggunakan prinsip dan cara kerja ilmuan sebagai pedoman melakukan percobaan dan penyidikan
  • Adanya rasionalisasi ,bekerja dengan teliti supaya tidak akan terjadi Masalah maupun error yang ada pada manajemen tersebut
  • Menggunakan standarisasi seperti jam kerja, menggunakan tata cara kerja yang benar untuk hasil produksi yang baik
  • Sebagai hasilnya akan meningkatkan produktivitas yang efektif dan efisien
  • Tuntunan kebutuhan cara kerja semakin meningkat
Untuk hasil yang telah dituju manajemen ilmiah selalu melakukan pendekatan secara ilmiah agar dapat memaksimalkan hasil yang sudah ditentukan. Aliran ini sangat memperhatikan perilaku tidak efisien yang ada di manajemen tersebut. Di bawah ini beberapa kelebihan dan Kekurangan Manajemen ilmiah yang sudah saya rangkum untuk kalian :

Kelebihan Manajemen Ilmiah :

 

  • Teknik teknik efisiensi manajemen ilmiah , seperti study gerak dan waktu, telah menyebabkan kegiatan dapat di laksanakan lebih efisien.
  • Gagasan seleksi dan pengembangan ilmiah para karyawan menimbulkan kesadaran akan pentingnya kemampuan dan latihan untuk meningkatkan efektivitas karyawan.
  • Manajemen ilmiah tidak hanya mengembangkan pendekatan rasional untuk pemecahan masalah – masalah organisasi tetapi juga meletakkan dasar profesionalis.

Kekurangan Manajemen Ilmiah :

  • Kenaikan produktivitas tidak seimbang dengan kenaikan pendapatan
  • Perilaku manusia yang berbeda beda menjadi hambatan 
  • Pendekatan Rasionalis hanya memuaskan kebutuhan – kebutuhan ekonomis dan phisik, Tidak memuaskan kebutuhan sosial karyawan.
Itulah Kelebihan dan kelemahan Manajemen Ilmiah yang bisa saya berikan untuk kalian. Semoga dapat menambah ilmu pengetahuan kalian.

17 tanggapan untuk “Kelebihan dan Kekurangan Manajemen Ilmiah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Kuota habis !!