7 Kesalahan SEO Pada Blog Yang Sering Di lakukan Penulis

  • Whatsapp
kesalahan seo pada blog

portaljawa.com – Dalam upaya mengoptimalkan strategi konten blog, kita harus menggunakan tahu dasar-dasar dari SEO, Hal yang paling terbaik dalam SEO adalah kembali ke dasar, ketika mengembangkan strategi SEO yang lebih kuat untuk mendukung pendekatan Anda terhadap pemasaran konten. Namun ada saja kesalahan SEO pada blog yang kurang teroptimasi dengan benar.

Kesalahan SEO pada Blog memang sering menerpa penulis pemula. Karena mereka belum paham secara benar dengan Search Engine Optimation. Artikel ni di tujukan untuk kalian semua yang sedang belajar membangun Blog atau website untuk menghindari kesalahan ini.

Kesalahan SEO Pada Blog

7 Kesalahan SEO Pada Blog / Website

Berikut adalah tujuh kesalahan SEO pada Blog secara umum yang mungkin Anda lakukan saat ini.

Kesalahan #1: Salinan Tidak Efektif

Anda mungkin pernah mendengar bahwa menulis itu penting untuk pengguna; bukan mesin pencari. Terkadang, tim pencarian dan konten melupakan praktik terbaik yang penting ini. Menjaga konten tetap ringan dan menghindari jargon yang berlebihan akan membantu audiens Anda dengan mudah terlibat dengannya. Penting untuk diingat bahwa, dalam kebanyakan kasus, konten blog adalah tentang membangun kesadaran tentang suatu kebutuhan. Blogging membantu membangun merek Anda dan menjadikan Anda sebagai pemimpin pemikiran dalam industri Anda. Jangan mengorbankan manfaat dari konten jenis ini dengan salinan yang tidak efektif.

Ambil langkah mundur, dan lihat posting blog Anda secara keseluruhan. Apa yang dialami pembaca? Jika pengguna hanya memindai halaman, apa yang mereka lihat? Apakah tajuk utama memberikan indikasi yang baik tentang blog? Apakah blog Anda dioptimalkan dengan kata kunci, tautan, dan penandaan yang tepat sehingga mudah ditemukan dan dikonsumsi?

Gunakan transisi yang jelas, dan masukkan gambar, video, dan GIF untuk mendorong keterlibatan dan menambah waktu di halaman. Dengan menyisipkan visual setiap 400 kata atau lebih, Anda memecah konten menjadi “potongan” yang membantu mencegah informasi yang berlebihan

Kesalahan #2: Struktur Kata Kunci Tidak Dioptimalkan

Riset kata kunci mungkin telah mengambil kursi belakang untuk pencarian semantik dalam banyak situasi, tetapi masih merupakan taktik SEO yang penting. Semua konten situs Anda harus ditautkan oleh topik dan kata kunci untuk membantu pengguna menavigasi situs dengan mudah dan menemukan konten yang mereka cari. Dan meskipun organisasi di sekitar topik itu penting, tanpa riset kata kunci, Anda tidak akan tahu pertanyaan apa yang diajukan audiens Anda dan topik yang mereka minati. Jika Anda tidak menulis untuk audiens Anda dan kebutuhan mereka, untuk siapa Anda menulis?

Kata kunci bertindak sebagai jembatan antara konten informasi dan niat pengguna. Untuk blog, fokuslah pada frasa kata kunci berekor panjang. Ungkapan-ungkapan ini biasanya dimulai dengan bagaimana, apa, kapan, di mana dan mengapa. Anda juga harus melakukan riset seputar frasa yang dapat ditindaklanjuti yang mungkin populer di mesin pencari, seperti artikel “tips” atau “cara-cara”. Ingatlah untuk mengoptimalkan di luar struktur tajuk Anda (deskripsi meta, judul, dll.) Blog Anda harus juga memanfaatkan SEO semantik. Dengan melakukan hal itu, Anda dapat membuat konten yang lebih komprehensif dan dapat dibaca yang dapat memberi peringkat untuk banyak frasa kata kunci yang berbeda, memenuhi syarat untuk cuplikan unggulan dan menjawab lebih banyak pertanyaan pengguna.

Jika menggunakan WordPress, Anda bisa menggunakan plugin Yoast SEO untuk mengoptimalkan kata kunci pada judul postingan, isi postingan dan meta deskripsi, plugin ini kaya akan fitur agar memastikan konten Anda dapat dibaca lebih baik oleh mesin pencari.

Baca Juga :  Cara Membuat Widget Berlangganan Pada Blog Lebih Menarik

Sebuah kata peringatan: mungkin untuk mengoptimalkan konten Anda secara berlebihan. Isi kata kunci, atau menggunakan kata kunci berulang-ulang dalam suatu posting sampai menjadi tidak wajar, akan membuat konten Anda dilabeli sebagai spam. Isi kata kunci juga membunuh keterbacaan konten Anda. Meskipun penting untuk mengoptimalkan halaman blog dan web Anda untuk kata kunci, jangan berlebihan. 

Kesalahan #3: Video & Gambar Tidak Dioptimalkan

Selain salinan halaman yang dioptimalkan dengan buruk, Anda mungkin juga kehilangan mengoptimalkan video dan gambar Anda untuk pencarian. Banyak blogger masih kehilangan bagian ini dari optimasi SEO, dan itu memiliki efek negatif pada waktu buka. Anda harus selalu mengoptimalkan teks alt gambar, termasuk kata kunci halaman. Gambar di tempat harus diformat sebagai .jpg, dan semua gambar vektor harus diformat sebagai .png.

Dalam hal video, host semua video Anda di satu tempat, dan buatlah sitemap video sehingga dapat dilihat oleh mesin pencari. Seperti jenis konten lainnya, Anda harus mengoptimalkan deskripsi meta untuk halaman dengan video dengan kata kunci yang ditargetkan dan menyertakan anotasi dan ajakan untuk bertindak.

Dengan tidak mengoptimalkan Gambar dan Video , Kalian masuk dalah Kesalahan SEO pada Blog yang paling mudah padahal untuk di Optimalkan.

Baca Juga :

Kesalahan #4: Berinvestasi dalam Tautan Berbayar

Tautan berbayar hanyalah bentuk periklanan lain, bukan? Beberapa blogger mungkin berpikir begitu, tetapi menerima tautan berbayar di situs Anda (atau mengiklankannya di situs orang lain) adalah ide yang buruk. Google dan mesin pencari lainnya melihat tautan berbayar sebagai cara untuk secara artifisial meningkatkan peringkat SEO Anda, dan mereka akan menghukum Anda karena berpartisipasi dalam skema seperti itu jika mereka menangkap Anda. Yang terbaik adalah mengambil jalan besar dan menghindari jalan pintas. Pada akhirnya, menggunakan taktik topi putih untuk meningkatkan peringkat Anda akan menjadi strategi yang lebih efektif.

Baca Juga :  Serangan Jantung, Kepala desa Sugihan meninggal di dalam mobil

Kesalahan #5: Tautan Internal yang Tidak Konsisten

Tautan internal adalah salah satu bagian yang paling diabaikan dari optimasi SEO, dengan banyak blogger menambahkannya secara tidak konsisten atau tidak mengikuti praktik terbaik. 

Kesalahan SEO Pada Blog

Ada banyak cara menghubungkan internal yang efektif dapat membantu blog Anda mencapai SEO nirwana.

Tautan Internal:

  • Bagikan otoritas di seluruh situs web Anda
  • Menentukan arsitektur situs dan menampilkan mesin pencari halaman Anda yang paling penting
  • Membuat jalur yang mudah digunakan di situs web Anda
  • Indeks yang ditautkan ke halaman web melalui kata kunci yang Anda gunakan dalam teks jangkar hyperlink
  • Meningkatkan tingkat perayapan dengan membuka halaman web yang terhubung dalam

Jika Anda memfokuskan sebagian besar upaya SEO Anda pada backlink, Anda akan senang mengetahui bahwa mereka dapat diperkuat melalui tautan internal.

Praktik terbaik menetapkan bahwa harus ada setidaknya tiga hingga lima tautan internal per posting blog, serta menu navigasi di beranda Anda untuk memberikan tautan ke halaman yang sulit dijangkau. Lakukan audit kesenjangan untuk menentukan tautan internal apa yang saat ini Anda miliki dan tautan mana yang memiliki wewenang paling besar. Kemudian tempatkan tautan internal pada halaman-halaman ini ke halaman internal penting lainnya untuk mendistribusikan otoritas itu di seluruh blog Anda dan situs web yang lebih besar.

Pada catatan terkait, jangan lupa pentingnya memiliki peta situs. Membuat sitemap akan memastikan bahwa semua halaman Anda diindeks dan dirayapi dengan benar (jika bersih dan dioptimalkan dari perspektif SEO). Optimalkan semua anchor text untuk mengkategorikan konten Anda, dan gunakan berbagai frasa untuk setiap tautan sehingga blog dan halaman web Anda memberi peringkat untuk beberapa permintaan pencarian.

Kesalahan SEO Pada Blog

Kesalahan #6: Mengikis Konten Situs Lain

Plagiarisme itu salah, dan meskipun konten di internet mungkin tampak seperti “permainan yang adil,” menggunakan kata-kata orang lain sebagai milik Anda dalam jumlah besar (dan tidak menghubungkannya kembali dengan mereka) akan berdampak negatif pada tempat Anda di mesin pencari. Google menyebut ini “duplikat konten.”

Tetap berpegang pada penerbitan konten asli Anda sendiri, dan ingat bahwa Google hanya memberikan kredit pada karya asli – bahkan jika Anda memberikan tautan ke posting asli. Ini merupakan salah satu kesalahan SEO pada blog yang membuat reputasi kalian buruk di mata Google.

Kesalahan #7: Promosi Konten yang Buruk

Salah satu kesalahan terburuk yang bisa dilakukan oleh blogger atau merek adalah tidak mempromosikan konten mereka dengan benar. Pemasar sering berpikir bahwa sepotong besar konten akan secara otomatis menarik banyak tautan dan peringkat sangat tinggi hanya berdasarkan copywriting dan gambarnya saja. Tapi itu jarang terjadi. Agar berhasil, konten yang hebat perlu promosi, dan konten itu harus dioptimalkan dengan benar dari sudut pandang pencarian. Konten yang dipublikasikan pada domain muda akan berjuang untuk mengumpulkan backlink atau pembagian sosial tanpa promosi.

Anda bisa mempromosikan konten melalui media sosial terbesar seperti facebook dan twitter untuk menjangkau audien yang tepat. Selain itu, jika konten Anda sering dibagikan orang di media sosial, maka otomatis peringkat Anda di mesin pencari juga akan naik.

Baca Juga :  Cara Mengembalikan Nomor Token Listrik Yang Hilang

 Berikut adalah beberapa cara Anda bisa mendapatkan backlink yang akan mempercepat strategi SEO Anda.

  • Jangkau influencer dan pelanggan saat ini di media sosial untuk membagikan konten Anda.
  • Minta karyawan untuk membagikan konten yang Anda hasilkan.
  • Ganti konten blog menjadi infografis atau video untuk mendapatkan lebih banyak kemampuan untuk dibagikan.
  • Hubungi situs web serupa (bukan pesaing) dan tanyakan apakah mereka akan mempertimbangkan untuk membagikan konten Anda.
  • Kirim konten Anda untuk mengganti tautan rusak yang relevan di situs otoritatif.
  • Minta penawaran dari pemimpin industri untuk ditempatkan di konten Anda. Beri tag individu ini kapan saja Anda membagikan blog di media sosial.
  • Jalankan kampanye media sosial berbayar untuk mendapatkan konten di depan audiens yang tepat.

Konten yang tidak digunakan maka otomatis investasi akan hilang. Jika diproduksi dan dipromosikan dengan baik, konten blog dapat berfungsi sebagai generator lead inbound yang efektif. Sinyal sosial dan sinyal pengguna sangat berperan dalam peringkat organik, jadi bagikan konten yang mungkin membuat pengguna Anda sangat tertarik.

Kesimpulan

Strategi SEO Anda harus bekerja sama dengan strategi konten Anda dan memainkan peran penting dalam keberhasilannya. Semoga langkah-langkah di atas memberi Anda kesempatan untuk memperbaiki dan meningkatkan strategi konten Anda secara keseluruhan. Hindari masalah ini, dan Anda akan berada di jalur yang lebih baik. Jangan sampai seorang penulis bloh melakukan kesalahan seo pada blog atau website yang mengakibatkan turunnya reputasi.

Beberapa kesalahan juga terdapat pada postingan kita yang tidak dioptimalkan dengan baik. Untuk lebih lengkapnya, Anda bisa lihat panduan berikut tentang 11 Tips Mengoptimalkan Postingan Blog Untuk SEO.

Transformasikan karir Anda dan tingkatkan secara signifikan peningkatan timbal dengan Diploma Profesional kami dalam Pemasaran Pencarian. 

Nah mungkin itulah sedikit informasi mengenai Kesalahan SEO pada Blog yang sering di lakukan oleh penulis. Marilah belajar bersama portaljawa.com untuk kedepannya yang lebih baik. Kami akan selalu memberikan informasi yang bermanfaat untuk kalian semua.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2 Komentar