3 Keuntungan Menggunakan Domain .ID

ID merupakan domain yang menunjukan inisial dari negara indonesia. Saat ini organisasi yang mengelola domain ID adalah PANDI yang merupakan lembaga buatan komunitas bersama dengan pemerintah. PANDI sendiri diresmikan oleh pemerintah sebagai registri domain tingkat tinggi indonesia pada tanggal 16 September 2014 melalui Keputusan Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia, No. 806 Tahun 2014.

Nah untuk domain ID itu sendiri merupakan domain ccTLD (country code Top Level Domain) yang artinya domain ini adalah domain tingkat tertinggi atau tingkat satu yang ada di Indonesia seperti MY (malaysia), SG (singapura) ataupun yang lainnya. Selain itu ada juga (sTLD) second Top Level Domain yang artinya domain tersebut merupakan domain tingkat dua dari ID seperti web.id, co.id, or.id, sch.id ataupun yang lainnya.

Nah saya kira sudah cukup jelas ya mengenai domain ID, sekarang mari kita bahas mengenai kelebihan dari domain ID.

Baca Juga :  Cara mengetahui Website Down via online

Daftar Isi

1. Kepercayaan Pengunjung

Sekarang ini banyak sekali situs-situs yang kontennya berisi tentang berita hoax, phising ataupun yang lainnya. Dengan menggunakan domain ID maka kamu sudah mendapatkan kepercayaan dari pengunjung yang pastinya menganggap situs web kamu bukanlah penipuan. Kenapa saya bilang begitu, karena untuk mendaftarkan domain ID ini maka si pendaftar diharuskan mengunggah KTP terlebih dahulu, sehingga jikalau nantipun ada web penipuan yang menggunakan domain ID maka si pemilik web tersebut akan cepat ditangkap pihak yang berwajib.

2. Tersedia Banyak Pilihan Nama

ID merupakan domain yang melambangkan bahwa blog/web tersebut berasal dari indonesia, ini tentu berbeda dengan domain COM yang sifatnya global dan dapat didaftarkan oleh siapa saja. Nah kelebihannya adalah pilihan nama domain ID masih sangat banyak, peluang kamu untuk mendaftarkan domain yang kamu inginkan juga sangat besar, jadi sangat saya sarankan untuk menggunakan domain ID.

Baca Juga :  Cara Mengatasi Error Breadcrumb di Seacrh Console (2020)

3. Lebih Unggul di Google Search Engine Indonesia

Domain ID adalah domain yang berasal dari Indonesia dan google indonesia juga menggunakan domain ID, server domain ID juga berada di Indonesia, jadi kecepatan aksesnya juga akan lebih optimal dibandingkan menggunakan domain lain. Contoh blogger sukses yang menggunakan domain ID juga sudah ada, yaitu mas sugeng dengan nama domain sugeng.id, jadi masih ragu untuk menggunakan domain ID?

Nah itulah beberapa kelebihan dari domain ID, jika kamu mau membeli domain ID, kamu bisa mendaftarkannya di : exabytes.co.id karena dari sisi harga, exabytes banyak menawarkan promo domain ID yang jauh lebih murah dibandingkan penyedia domain lainnya.

Oke terima kasih telah membaca artikel ini, semoga bermanfaat bagi kamu yanh membacanya. Jika ada teman atau kerabat yang membutuhkan, mohon direferensikan kepada mereka.

Tinggalkan komentar