5 Manfaat Smartphone Dalam Kehidupan Sehari-hari

5 Manfaat Smartphone Dalam Kehidupan Sehari-hari

Dendisam Media – Smartphone adalah alat komunikasi yang saat ini sudah bertransformasi menjadi perangkat serba bisa yang dapat membantu kehidupan sehari-hari. Dengan menggunakan ponsel tentunya setiap orang akan terbantu sekali karena didalam sebuah smartphone terdapat fitur-fitur yang canggih.

Untuk lebih memanfaatkan sebuah ponsel tentu saja dibutuhkan internet, karena smartphone tanpa internet itu bagaikan mandi tapi ga ada gayungnya. Jadi jika ingin mendapatkan banyak manfaat dari sebuah smartphone tentunya harus memiliki internet juga. Lalu apa saja sih kelebihan yang bisa didapatkan dari perangkat pintar ini? Sebenarnya banyak sekali manfaatnya, tetapi kali ini saya hanya akan membagikan 5 poin penting saja beserta penjelasan detailnya.

1. Sebagai media pencarian informasi dan pembelajaran

Mencari informasi saat ini sudah sangat mudah dengan bantuan smartphone, apa saja yang ingin kamu cari tentunya akan sangat mudah didapatkan dengan cara melakukan pencarian di google. Info yang bisa kamu cari juga sangat lengkap dan bervariasi, mulai dari tutorial, tips maupun data serta fakta.

Selain itu kamu juga bisa menggunakan ponsel pintar ini untuk pembelajaran, misalnya kamu ingin belajar matematika, bahasa inggris, sampai dengan berbisnis juga dapat kamu pelajari dengan bantuan google.

2. Sarana diskusi dengan banyak orang

Dengan bantuan smartphone, berdiskusi saat ini bisa dilakukan secara online, banyak sekali forum-forum diskusi seperti kaskus, quora ataupun brainly yang dapat kamu manfaatkan untuk bertanya dan meminta saran. Selain forum yang saya sebutkan diatas, sekarang ini sosial media juga dapat dijadikan sebagai tempat untuk tanya jawab antar sesama penggunanya, karena bersifat online maka orang-orang yang berdiskusi juga banyak dan berasal dari berbagai daerah.

3. Alat untuk mencari uang

Seiring berkembangnya teknologi, ponsel juga dapat digunakan untuk mencari uang secara online. Caranya bagaimana? Ada banyak sekali cara untuk mendapatkannya, mulai dari survey online, iklan sosmed ataupun dengan melakukan trading via android.

4. Alat untuk usaha dan bisnis

Smartphone benar-benar menjelma menjadi perangkat serbaguna yang bisa dimanfaatkan untuk apa saja, salah satunya untuk usaha dan bisnis. Ada 2 cara yang bisa kamu gunakan untuk berbisnis menggunakan sebuah ponsel, yang pertama adalah bisnis melalui aplikasi android, contohnya seperti agen pulsa seperti kudo, ayopop dan lain-lain.

Yang kedua adalah dengan menjadi reseller atau dropshipper, artinya adalah kamu menjual dan menawarkan suatu produk kepada pengguna sosial media.

5. Mempermudah segala urusan

Sekarang apa saja sudah serba online, mau mengurus ini itu juga sangat mudah karena sistemnya sudah dialihkan ke online, tinggal memainkan smartphone maka segala urusan akan mudah diselesaikan. Tentu saja hal ini sangat mempermudah manusia dalam mengurus sesuatu, urusan apa saja kah itu? Saya membaginya menjadi beberapa poin.

Kependudukan

Saat ini dalam membuat berkas-berkas apapun sudah sangat mudah dengan adanya sistem online, contohnya membuat NPWP, kamu bisa membuatnya di situs ereg.pajak.go.id, caranya juga cukup mudah, kamu cuma tinggal mengisi data diri dan nantinya NPWP akan dikirimkan ke rumah kamu dalam beberapa minggu.

Selain pembuatan berkas, untuk mengecek sesuatu saat ini juga sangat mudah, misalnya cek saldo jamsostek ataupun cek pengiriminan melalui pos, kini sudah dapat dilakukan melalui online.

Belanja
Pada zaman yang canggih ini, berbelanja sudah tidak perlu lagi datang ke mall atau pusat perbelanjaan, karena toko online sudah banyak sekali tersedia di internet. Hanya dengan menggunakan sebuah ponsel pintar maka barang yang kamu inginkan akan datang ke rumah kamu.

Bepergian

Transportasi online semakin kesini sudah semakin banyak populasinya, dengan begitu tentu saja kamu tidak perlu khawatir jika ingin bepergian kemana-mana. Tinggal pencet-pencet HP saja maka driver akan datang menemui kamu, mudah bukan.

Pembayaran online

Tau OVO? Ya itu adalah aplikasi pembayaran online yang kini hadir di Indonesia. Dengan adanya aplikasi ini tentunya mau bayar apapun sudah sangat mudah tanpa harus membawa uang kertas. Selain dapat mempermudah, menggunakan pembayaran online artinya juga mendukung upaya pemerintah dalam mengurangi uang kertas dan menggantinya ke pembayaran online agar lebih mudah didata dan mencegah inflasi.

Kesimpulannya adalah sebenarnya banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan dari sebuah smartphone, tinggal bagaimana cara si pengguna menggunakannya, apakah dimanfaatkan dengan baik atau tidak. Kalau kamu hanya menggunakannya untuk bermain sosmed saja maka kamu rugi telah membeli smartphone. Jadilah pengguna yang pintar karena yang kamu gunakan adalah ponsel pintar, jangan jadi bodoh karena smartphone karena sebenarnya orang yang menyebar fitnah, kebencian ataupun hoax di sosmed adalah orang yang tidak tau cara menggunakan smartphone.

Heri Prasetyo
Saya Suka Menulis dan Membagikan Ilmu yang saya Miliki.