5 Media Penyimpanan Komputer (Storage Device) Terbaik

Pasti anda pernahkan menyimpan berbagai file seperti foto, musik, dokumen dan video di komputer yang anda gunakan. Namun anda pernah tidak berfikiran file yang anda simpan itu masuk kebagian apa, Aman atau tidak.

Nah pada artikel ini kami akan jelaskan secara ringkas mengenai Media penyimpanan komputer yang ada pada komputer sobat. Setidaknya ada lima macam media penyimpanan yang bisa dimanfaatkan untuk mengamankan file penting yang anda miliki.

Media penyimpanan komputer adalah tempat menyimpan hasil input dengan berbagai memiliki kekurangan dan kelebihan tergantung dari kapasitas penyimpanan, kecepatan akses.

Kemampuan menulis dan membaca data, mobilitas, serta harga yang ditawarkan. Media penyimpanan dan satuan ukuran kapasitas media penyimpanan yang beredar.

Berikut ini ialah beberapa media Penyimpanan yang sering digunakan di Komputer. Apasajakah itu yuk mari kita simak penjelasannya dibawah ini.

5 Media Penyimpanan Komputer Yang Wajib Anda Ketahui

Media penyimpanan yang sering di pakai pada komputer. Sebagai media menyimpan data dan file – file pengguna. Yang bertujuan untuk menyimpan berbagai data, Agar data pengguna aman. Namun wajib bagi anda untuk mengetahui hal – hal penting dibawah ini mengenai storage device.

1. Hardisk

Media penyimpanan jenis ini terbuat dari magnetic disk dan didesain untuk menyimpan data dalam jumlah besar. Peletakan hardisk ada di dalam CPU. Dalam hal ini, data yang disimpan bisa diakses secara acak dan data tidak hilang.

2. Disket Optik

Beberapa bagian dari disket optik sebagai berikut.

a) CD dan DVD Secara fisik, CD (compact disc) dan DVD (digital versatile disc) sangatlah mirip, tetapi memiliki kapasitas penyimpanan data keduanya terpaut jauh. CD bersifat read only yang artinya hanya dapat dibaca, dan tidak dapat ditulis. Sarana yang digunakan untuk dapat membaca isi CD akan memerlukan alat bernama CD drive.

Jika CD mampu menyimpan data maksimal 700 MB, maka DVD mampu menyimpan data hingga 4,7 GB bahkan 17 GB. Hal ini terus berlangsung hingga kemunculan HD-DVD dikembangkan dengan kapasitas yang jauh lebih besar lagi untuk menandingi keberadaan Bluray. Sejak awal HD DVD telah terlibat dalam perang format video berdefinisi tinggi dengan Bluray yang dikembangkan Sony.

b) Chip

Media penyimpanan chip sebagai prototipe data yang memiliki ukuran 2×2 . cm dan tebal 0,2 cm. Bahan-bahan chip mampu bertahan hingga beberapa ratus juta tahun, kecuali jika chipnya patah ataupun rusak. Chip terbuat dari kaca kuarsa tahan panas hingga pada suhu 1000°c sekalipun. Bahan ini juga tidak terpengaruh oleh radiasi, air dan bahan kimia lainnya.

3. Disket (floppy disk)

Media penyimpanan jenis ini sudah Jarang digunakan pada masa kini, kecuali untuk beberapa keperluan khusus.

Media tersebut terbuat dari cakram magnetik lentur yang dibalut lapisan plastik berbentuk persegi atau persegi panjang. Kapasitas yang paling Umum adalah 1,44 MB meski kapasitas sebenarnya adalah sekitar 1,38 MB, Disket dibaca dan ditulis menggunakan kandar FDD (floppy disk drive).

4. Flash Disk

Fungsi utama flash disk ialah sebagai media penyimpanan data. Alat ini berukuran lumayan kecil dan sangat fleksibel karena mudah di bawa ke mana – mana.

Untuk mengakses flash disk ini cukup dengan menancapkan pada post USB komputer. Nah akan secara otomatis sistem operasi misalkan Windows ATAU Linux dapat mengaksesnya.

5. OTG

Media penyimpanan ini sangat fleksibel dan sekarang sedang viral. Nah media penyimpanan ini sangat disukai oleh banyak orang. Kok bisa sih min? Nah inilah keunikan OTG dibanding dengan media penyimpanan yang lain.

OTG merupakan media penyimpanan yang dapat digunakan secara mudah di komputer dan Smartphone. Karena OTG mempunyai sumbu yang dapat masuk Ke port USB komputer dan Port USB smartphone.

Namun jika smartphone kalian tidak mendukung adanya Pemasangan OTG mungkin akan sedikit menemui kesulitan.

Namun semua media penyimpanan ini ada kelebihan dan Kekurangannya. Untuk itu di artikel selanjutnya kami akan membahas mengenai kelebihan dan kekurangan media penyimpanan komputer.

Nah mungkin itulah sedikit pembasan dan informasi mengenai macam – macam media penyimpanan komputer (storage disk). Semoga artikel ini dapat bermanfaat kepada kalian semua terimakasih atas kunjungannya.

Satu pemikiran pada “5 Media Penyimpanan Komputer (Storage Device) Terbaik”

  1. Ternyata sangat banyak ya media penyimpanan komputer. Terimaksih gan infonya sangat bermanfaat

    Balas

Tinggalkan komentar