Mengapa Loading Website Sangat Lama? Ini Penjelasannya

Mengapa loading website sangat lama? Ini solusinya
Portal Jawa – Website merupakan sumber informasi dizaman sekarang, didalam sebuah website kita bisa menemukan beberapa atau bahkan banyak informasi sekaligus. Bayangkan saja jika kita mengetik keyword yang kita ingin cari di google, sangat banyak sekali website yang muncul, oleh sebab itu website menurut saya sih sangatlah membantu mencari informasi tanpa ribet.
Tapi pernah ga sih ketika kalian ingin membuka suatu website ternyata loadingnya sangat lama, gambar tidak muncul atau bahkan error? Pasti pernah bukan? Sebenarnya ada beberapa faktor yang menyebabkan loading lama atau bahkan error pada saat membuka suatu website, untuk penjelasan lebih detailnya mari simak dibawah.

1. Internet

Yap internet memang menjadi sebuah nyawa bagi sebuah device, baik itu komputer, laptop, maupun smarthphone, bayangkan saja jika kalian ingin mencari informasi di google tapi tidak memiliki internet, ya jelas tidak akan bisa.
Bagaimana jika internetnya ada tapi masih loadingnya lama? Bisa jadi koneksi internet kalian bermasalah, lelet, lemot, atau bahkan terhubung tapi no internet access. Untuk mengeceknya sangat mudah sekali, kalian hanya tinggal membuka CMD (Command Prompt) pada komputer atau laptop dan ketik ping 8.8.8.8 lalu enter (8.8.8.8 adalah DNS google, kalian bisa merubahnya dengan yang lain seperti ping youtube.com).
Jika status yang muncul adalah reply berarti koneksi kalian terhubung ke internet, tapi lihat dulu timenya, berapa ms kah? semakin kecil angkanya maka semakin bagus, contoh time=2ms lebih bagus dari pada time=100ms. Tapi jika status yang muncul adalah Request time out maka sudah jelas bahwa koneksi kalian tidak tersambung ke internet.

2. Server Hosting

Server hosting? yap kenapa server hosting, ini ada hubungannya dengan poin nomor satu diatas, internet juga memiliki keunggulan dan kekurangan, ibaratkan saja internet itu jasa pengiriman barang, lebih cepat mana mengirim barang ke area lokal (indonesia) atau internasional (luar negri)? yang pastinya ke area lokal dong.
Begitu juga internet, tersedia pasti kalian akan lebih cepat mengakses website lokal dibandingkan website internasional. Hal ini berhubungan dengan server hosting, pembuat website dengan menggunakan platform CMS seperti WordPress ataupun Joomla pasti harus menyewa layanan hosting, jika ingin menyewa layanan hosting saya sarankan yang menggunakan server lokal, kenapa? ya itu tadi, lebih cepat aksesnya dibandingkan dengan menggunakan server internasional

3. Plugin

Plugin juga sangat berpengaruh untuk website, terlalu banyak plugin hanya akan membuat website berat dan sulit untuk dimuat. Saran saya buang saja plugin yang tidak bermanfaat, memang sih biasanya di WordPress ada notifikasi untuk install maupun update plugin, tapi ada baiknya kalian search dulu di google tentang fungsi plugin tersebut, apakah bermanfaat bagi web kalian atau tidak.
Oke sekian artikel ini saya buat, semoga bermanfaat. Jika ada pertanyaan silahkan komen dikolom komentar. Terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Kuota habis !!
%d bloggers like this: