4+ Cara Mengembalikan File Yang Terhapus Di FlashDisk

Sebenarnya ini merupakan kasus yang sering banget terjadi, Kita secara tidak sengaja sering sekali menghapus beberapa file yang dirasa lumayan penting untuk kita hilangkan. Pasti kalian akan merasa bingung dan kecewa pada awalnya. Namun kekecewaan kalian mungkin akan sedikit terobati. Karena pada kesempatan kali ini kami akan memberikan informasi yang sangat penting yaitu Cara mengembalikan file yang terhapus di FlashDisk secara sengaja maupun tidak sengaja.

Namun disini kita membutuhkan beberapa aplikasi yang bisa kita gunakan untuk membantu kita dalam mengembalikan file yang terhapus tadi. Kamu pasti maukan file yang ada di flashdisk kamu Kembali seperti semula data filenya.

Kami tau kamu pasti ingin banget mengembalikan data – data yang ada dalam flashdisk tersebut. Karena pasti ada foto kenangan Bersama mantan maupun kekasihmu……eiitt jadi baper. Oke intinya tenang kalem kuasai pasti file – file yang kamu inginkan Kembali semuanya seperti sediakala.

Sebenarnya ini artikel kami buat, Karena ada tugas dari salah satu Dosen kami Mata kuliah IT Forensik. Namun tugas yang diberikan ialah kita disuruh membuat video recovery flashdisk lalu menguploadnya di channel Youtube pribadi kami. Kemudian link YT tersebut di kirimkan ke Dosen yang bersangkutan untuk dilakukan penilaian.

Nah berhubung itu kami dengan gembira ingin membaginya kepada kalian. Supaya informasi ini dapat bermanfaat untuk semua orang.

Oke Kembali ke topic pembahasan tadi, Aplikasi yang bakal kita gunakan kurang lebih ada 2 serta ada beberapa Cara lain tanpa harus menggunakan aplikasi. Aplikasi ini ada versi gratis dan berbayar. Aplikasi recovery untuk PC ini dipercaya bisa mengembalikan beberapa file yang terhapus di PC kamu.

Begini Cara Mudah Mengembalikan File Yang Terhapus di FlasDisk

Berikut ini merupakan Cara mudah recovery file yang terhapus di Flashdisk. Oke kita simak saja Langkah – langkahnya dibawah ini ;

#1 Mengembalikan File yang terhapus dengan Aplikasi EaseUS Data Recovery

Apakah kamu tahu ap aitu EaseUS Data Recovery ? EaseUS Data Recovery adalah aplikasi tambahan yang mampu mengembalikan file yang sudah terhapus di PC. Biasanya aplikasi ini mampu mengembalikan lagi data yanga ada di flashdisk, harddisk, SSD card, dan penyimpanan lain.

Aplikasi recovery pc ini bisa kamu dapatkan dengan mudah di internet, ada yang versi Gratisnya kok teman – teman. Oke simak Langkah -langkah mengembalikan file flasdisk yang terhapus berikut ini.

  1. Pertama kalian pilih penyimpanan mana yang ingin dilakukan recovery
  2. Kemudian secara Otomatis Aplikasi ini akan melakukan scanning pada penyimpanan tadi
  3. Setelah selesai, Silahkan centang bagian “Recover” .Pastikan kalian sudah memilih file yang ingin di recovery sebelumnya.
  4. Kemudian siapkan tempat yang ingin dijadikan lokasi penyimpanan file yang hilang tadi. Lalu klik “OK”
  5. Klik Save dan File yang hilang akan tersimpan ke lokasi yang sudah disiapkan tadi
  6. Kemudian lakukan pengecekan apakah file benar – benar sudah Kembali dan tersimpan.
  7. Jika sudah, berarti aplikasi ini terbukti bisa mengembalikan file yang terhapus.
  8. Selesai.

Gimana mudahkan, Silahkan gunakan cara diatas jika dirasa membantu dan bagikan kepada teman – teman kamu.

#2 Mengembalikan File yang terhapus dengan Recuva

Nah salah satu Cara mengembalikan file yang terhapus di flasdisk ialah dengan menggunakan aplikasi recuva. Aplikasi recuva merupakan aplikasi yang bisa mengembalikan file yang sudah terhapus. Kurang lebih aplikasi ini seperti software AaseUS Data Recovery.

  1. Pertama silahkan buka aplikasi Recuva terlebih dahulu
  2. Lalu pilihlah file yang ingin dikembalikan misalnya music, file dokumen, foto, video, dan lain sebagainya. Namun jika ingin mengembalikan semuanya silahkan klik “All File”
  3. Kemudian aplikasi akan mengajukan pertanyaan lokasi file yang hilang. Tadikan kita ingin mengembalikan file yang di flashdisk, Maka pilih bagian flashdisk pada pilihan “In a specific location”. Tapi jika kalian tidak yakin dan memilih “ I’m not sure” Maka aplikasi akan menyaring seluruh bagian PC kalian. Dan ini akan memakan banyak waktu tentunya.
  4. Jika sudah, Silahkan klik Next untuk melanjutkan proses scanning.
  5. Lalu akan muncul file yang tadinya hilang . Silahkan pilih file yang ingin di recovery dengan mengklik “Recover”
  6. Pilih lokasi tempat penyimpanan, kami rekomendasikan membuat tempat baru
  7. Silahkan cek lokasi tempat penyimpanan hasil recovery tadi.
  8. Jika ada filenya, maka berhasil Langkah – Langkah diatas.

Nah gimana mudahkan, kalian mau menggunakan cara yang mana silahkan. Recuva sendiri merupakan salah satu aplikasi recovery pc yang mudah digunakan oleh user pemula. Karena memilki graphic user interface, dengan beberapa perintah yang mudah dijalankan.

Ternyata tidak berhenti disitu, kelebihan Recuva juga dapat mengembalikan data – data

penting lainnya seperti berikut ini ;

  • Dapat mengembalikan Email yang terhapus dengan mudah, Caranya hanya sepele. Kalian buka recuva kemudian buka option. Selanjutnya kalian pilih bagian email, nantinya aplikasi recuva akan menscanning email -email yang sudah terhapus
  • Memulihkan data Microsoft Office
  • Scanning file
  • Mengembalikan Harddisk yang terformat

#3 Menggunakan PC Inspectory File Recovery

Aplikasi ini merupakan aplikasi pihak ketiga yang bisa kita miliki secara gratis, Selain itu cara ini sangat mudah kita gunaka. Apalagi seperti kita yang masih pemula, karena software ini mudah dan bisa dipahami dengan cepat.

  1. Langkah pertama Buka Aplikasi PC Inspectory File Recovery
  2. Kemudian pilih menu Recovery deleted file. Lalu silahkan pilih driver yang ingin dilakukan recovery (jawabannya Flashdisk)
  3. Nah secara otomatis Software ini akan melakukan Scanning pada Flashdisk kalian
  4. Setelah proses scanning selesai, Nantinya file yang tadinya terhapus akan muncul.
  5. Nah jika sudah muncul, Silahkan Pilih file yang ingin dikembalikan atau recovery.
  6. Kemudian klik kanan dan pilih “save to”
  7. Pastikan kalian sudah menyiapkan lokasi penyimpanan baru
  8. Jika sudah, tunggu proses recovery selesai semua.

Cara ini mungkin lumayan lebih simple dan tidak terlalu banyak perintah pada proses pengembalian file – file yang terhapus.

#4 Mengembalikan File yang terhapus Tanpa Aplikasi

Mungkin cara keempat merupakan cara yang paling hemat, Karena kita tidak harus download aplikasi pihak ketiga terlebih dahulu. Lalu sebenarnya kita menggunakan apa sih ? Jawabannya adalah kita akan mengembalikan file yang terhapus di flasddisk menggunakan CMD atau Command Prompt.

Cara ini akan super duper menghemat pekerjaan kalian, selain tanpa harus memiliki aplikasi pihak Ketika. Kalian juga akan menghemat ruang penyimpanan pada pc. Nah berikut ini adalah cara menggunakan CMD untuk recovery data file yang telah terhapus.

  1. Langkah pertama klik menu Start
  2. Lalu ketikan CMD
  3. Ketika sudah muncul Tab CMD silahkan ketikan CD, lalu tekan enter
  4. Kemudian ketikan tempat penyimpanan yang ingin dipilih, Misalkan Flashdisk berada pada Driver F, Maka ketikan F: lalu enter
  5. Selanjutnnya ketikan ATTRIB *.*-S -H -R /S /D Lalu tekan Enter
  6. Setelah itu File yang tadinya tidak ada akan Kembali lagi seperti sediakala.

Mudah sekali bukan, Sangat simple dan mudah dipahami bagi pemula. Silahkan coba sendiri dirumah dan jangan lupa bagikan tutorial ini kepada teman – temanmu.

Akhir Kata

Ada setidaknya 4 Cara mengembalikan file yang terhapus pada penyimpanan pc. Kamu dapat mempelajari cara diatas supaya lebih mahir menggunakan beberapa aplikasi diatas.

Semoga tips ini bermanfaat untuk kalian semua, Selamat mencoba mengembalikan file flashdisk yang terhapus.

Tinggalkan komentar