√ Cara Mengubah WA Menjadi Akun Bisnis Paling Mudah

82 / 100

Cara Mengubah WA Menjadi Akun Bisnis – Saat ini sudah banyak sekali jenis media sosial yang digunakan oleh orang-orang. Berbagai kemudahan yang ditawarkan membuat berbagai aplikasi komunikasi online semakin digandrungi.

Salah satu media sosial yang semakin eksis adalah Whatsapp. Whatsapp atau Whatsapp Massenger adalah aplikasi chatting tanpa dikenai biaya berupa pulsa dan hanya kuota saja.

Mulanya, aplikasi keren ini didirikan oleh dua orang jebolan Yahoo bernama Brian Acton dan Jan Koum pada Januari tahun 2009. Dan pada 2014, Whatsapp resmi dimiliki Facebook.


Fitur-fitur Whatsapp pun sangat banyak dan menarik. Karena selain berkirim pesan dan menelepon, Anda juga dapat membuat story, membuat grup, mengirim audio, video, gambar atau foto, file, bahkan melakukan video call.


Seiring kepopuleran yang semakin mendunia, beberapa waktu yang lalu Whatsapp mengeluarkan aplikasi Whatsapp Business yang akan memudahkan Anda untuk bertransaksi dan komunikasi dengan pelanggan.

Tentunya hal tersebut menjadi angin segar bagi Anda yang bergelut di dunia bisnis berupa online shop, UKM ataupun perusahaan-perusahaan.

Fitur WA Bisnis


Fitur Whatsapp Business juga sedikit berbeda dengan Whatsapp biasa, contohnya terdapat jam operasional responsif, logo akun bisnis, kirim pesan balasan secara otomatis, label pesan dan masih banyak lagi.

Kelebihan Whatsapp Bisnis


Berikut ini beberapa kelebihan yang Anda rasakan ketika menggunakan layanan WA bisnis:

  1. Akun dilihat sebagai akun bisnis.
  2. Lebih mudah dalam promosi
  3. Terdapat lencana hijau yang
  4. Menambah tingkat kepercayaan bisnis Anda
  5. Jalinan komunikasi semakin lancar karena adanya pesan otomatis. Anda dapat membuat pesan balasan dan mengirimnya secara otomatis manakala Anda tidak dapat membalas pesan dari konsumen.
  6. Quick Reply
    Dengan adanya fitur balas cepat, Anda dapat menyapa atau mengucapkan terima kasih ke pelanggan. Anda juga bisa membuat beberapa kalimat hanya dengan mengetik satu-dua kata.
  7. Terdapat label warna
    Anda dapat mengelompokkan pelanggan dengan memberikan label warna. Misalnya saja untuk membedakan pelanggan baru, pelanggan lama, pesanan selesai, menunggu pembayaran, dan sebagainya.
  8. Ada analisis data interaksi dengan pelanggan
    WA bisnis menyediakan informasi mengenai interaksi bisnis dengan pelanggan. Seperti jumlah pesan yang telah dikirim, diterima, terkirim, dan dibaca.

Cara Mengubah WA Menjadi Akun Bisnis

mengubah wa menjadi akun bisnis


Nah, bagi Anda yang tertarik mengubah WA menjadi akun bisnis, caranya sangat gampang! Silakan simak tutorial berikut ini:

  1. Anda harus mem-backup terlebih dahulu semua chat yang ada di WA biasa. gunanya adalah pesan-pesan tersebut akan dipindahkan ke akun bisnis nantinya.
  2. Silakan download aplikasi Whatsapp Business yang berlogo huruf kapital B di Google Play Store ponsel Anda.
  3. Apabila sudah diunduh, bukalah aplikasi dan ketuk Setuju dan Lanjutkan
  4. Untuk memverifikasi nomor, silakan masukan nomor ponsel Anda yang aktif pada kolom yang telah disediakan. Setelah itu, klik lanjut
  5. Usai verifikasi, akan terdapat perintah memulihkan cadangan pesan. Silakan Anda pulihkan pesan dan tunggu sampai proses selesai.
  6. Terakhir, Anda dapat dengan bebas membuat profil bisnis sesuai keinginan. Masukan informasi-informasi yang dirasa cocok dan dibutuhkan. Seperti nama bisnis, kategori, alamat, detail kontak, jam kerja, website (jika ada) dan lain-lain. sangat disarankan untuk memikirkan betul-betul nama akun Anda karena pergantian nama terbatas.
  7. Selain itu, Anda juga sebaiknya tidak asal-asalan dalam mengisi informasi di atas, hal ini ada hubungannya dengan kepercayaan pelanggan terhadap toko atau perusahaan Anda.
    Berikutnya, Anda tinggal mengatur beberapa fitur lain di WA Bisnis yang sesuai kebutuhan.

Itulah beberapa langkah yang dapat Anda terapkan dalam mengubah WA Menjadi Akun Bisnis. Cara untuk meningkatkan dan melebarkan sayap Anda di dunia Marketing. Semoga tulisan ini bermanfaat. Selamat mencoba!

Default image
Admin
Saya Suka Menulis dan Membagikan Ilmu yang saya Miliki.

Leave a Reply