5 Organ Pernapasan Manusia beserta Fungsinya bagi Tubuh

organ pernapasan manusia beserta fungsinya

5 Organ pernapasan manusia beserta fungsinya– Hai sob ketemu lagi dengan Heripedia, Kali ini saya akan memberikan informasi Tentang Ilmu Pengetahuan Alam. Dalam hal ini saya akan lebih mendalam membahas mengenai 5 Organ Pernapasan Pada tubuh Manusia beserta fungsinya. Organ tubuh ini memiliki peran penting dan memiliki tugas dan fungsi berbeda – beda.

Manusia membutuhkan nafas untuk hidup ,hewan dan tumbuhan juga bisa bernafas namun dengan cara yang berbeda – beda. Adapun organ – organ pernapasan manusia yang harus kalian ketahui sebagai berikut

Beberapa Organ Pernapasan Manusia 

Tubuh manusia memiliki rongga-rongga tempat alat-alat tubuh. Karena alat tubuh itu terletak di dalam rongga. maka disebut alat dalam. Alat dalam tubuh yaitu pemapasan. pencernaan, dan peredaran darah. Alat pemapasan manusia berguna untuk proses pengambilan oksigen.

Serta mengeluarkan karbon dioksida dan uap air. Manusia termasuk mamalia, sehingga bernapas dengan paru. paru. Struktur pemapasan manusia terdiri dari lubang hidung. rongga hidung, pangkal tenggorok, batang tenggorok, cabang besar batang tenggorok, cabang kecil batang tenggorok. dan paru~ paru (paru-paru klri dan paru-paru kanan).

1. Hidung

Hidung merupakan tempat keluar masuknya udara pemapasan.

Udara masuk melalui lubang hidung menuju rongga hidung. Rongga hidung memiliki rambut hidung dan selaput lendir yang berguna untuk:

a. menyaring udara dan kuman

b. menyesuaikan suhu udara dengan suhu tubuh

c. mengatur kelembapan udara. Hidung memiliki rongga yang disekat oleh tulang lempengan tengah. Tulang lunak ini

memisahkan rongga hidung, yaitu rongga hidung sebelah kanan dan rongga hidung sebelah kiri. Udara yang dihirup melalui hidung lebih baik dan’pada udara yang dihirup melalui mulut.

2. Pangkal Tenggorokan

Pangkal Tenggorokan (laring) terdiri atas katup pangkal tenggorokan (epiglotis) dan

beberapa tulang rawan yang membentukjakun. Pada pangkal tenggorokan terdapat pita suara. Saat berbicara. gelombang suara melewati pangkal tenggorokan sehingga menggetarkan pita suara.

3. Batang Tenggorokan 

Batang tenggorokan merupakan saluran yang terdapat dibelakang rongga hidung. Batang tenggorokan tersusun atas tulang – tulang rawan yang membentuk cincin yang berguna sebagai tempat lewatnya udara.

Batang tenggorokan memiliki cabang 2 ,menjadi cabang batang tenggorokan (bronkus) kiri dan bronkus kanan. Pada Dinding tenggorokan terdapat jaringan ikat,cincin, tulang rawan,otot polos ,dan selaput lendir. Permukaan batang tenggorokan terdapat sebuah lendir dan rambut untuk menolak benda asing yang akan masuk seperti debu ,asap ,dan mikroba.

Baca Juga :  4 Tokoh Manajemen Ilmiah dan Teorinya Paling Populer

4. Cabang Batang Tenggorokan

Bronkus membentuk cabang – cabang yang lebih kecil yang disebut bronkiolus dan gelembung – gelembung udara yang disebut alveolus yang berfungsi sebagai tempat pertukaran gas oksigen dengan karbondioksida.

5. Paru – Paru

Paru – paru merupakan organ vital pada manusia yang berfungsi sebagai tempat pernapasan. Paru – paru manusia terdapat dirongga dada. Pada bawah rongga dada terdapat diafragma yang membatasi rongga dada dan rongga perut. Paru – paru ini terdiri dari paru – paru kanan dan paru – paru kiri.

Organ Pernapasan manusia terdiri dari pernapasan dada dan perut :

Seperti yang kalian ketahui bahwa organ pernapasan manusia memiliki 2 metode yaitu dengan menggunakan pernapasan dada dan menggunakan perut, Berikut ini ulasan secara rincinya :

A. Pernapasan perut

Pernapasan perut terjadi jika masuknya udara terjadi ketika rongga dada membesar sehingga paru – paru juga membesar. Keluarnya udara terjadi jika diafragma tertekan ke atas, sehingga paru – paru mengecil dan menekan udara keluar.

B. Pernapasan dada

Pernapasan dada terjadi saat otot antar tulang rusuk mengerut ,sehingga dada membesar, volume paru – paru juga membesar ,udara akan masuk ke paru – paru. Keluarnya udara terjadi saat otot antartulang rusuk melemas, rongga dada mengecil. Akibatnya udara akan keluar dari paru – paru.

Frekuensi udara keluar masuk paru – paru pada kondisi normal berlangsung 18 kali tiap menit. Frekuensi pernapasan setiap menit dipengaruhi oleh usia, jenis kelamin, kegiatan dan posisi tubuh.

Kesimpulan

Setidaknya ada 5 Organ pernapasan manusia antara lain hidung, pangkal tenggorokan, batang tenggorokan, cabang batang tenggorokan, dan paru – paru.

Mungkin itulah sedikit Informasi mengenai Organ pernapasan manusia. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan kalian. Kami ucapkan terimakasih sudah berkunjung ke Website ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.