7 Peluang Usaha Modal Kecil Di Tengah Pandemi Corona saat ini

85 / 100

7 Peluang Usaha Modal Kecil Di Tengah Pandemi Corona – Pandemi Virus Corona (COVID-19) masih akan terus berlangsung hingga waktu yang tidak bisa ditentukan. Pasalnya, keadaan masih memburuk dan kita tetap dianjurkan untuk di rumah saja.

Meskipun New Normal telah digalakkan, namun tetap saja masih banyak orang yang belum memberanikan diri untuk melakukan rutinitas di luar rumah. Mereka lebih memilih jalan aman daripada mengambil risiko.

Tetapi kabar buruknya, semakin minim aktivitas di luar rumah, keadaan ekonomi suatu keluarga ikut memburuk. Hal ini tentu menjadi masalah internal yang bisa berdampak besar kedepannya. Karena kita tidak tahu kapan Pandemi ini akan berakhir.

Nah, untuk memperbaiki ekonomi seperti semula tanpa harus keluar rumah terlalu sering, maka kita musti pandai memutar otak, salah satunya ialah memulai usaha dari rumah dan dijalankan di rumah pula.

Tetapi, ekonomi yang mulai memburuk menjadi kendala ketika hendak memulai bisnis dari rumah, karena seperti yang kita tahu, modal awal adalah elemen penting sebelum mendirikan sebuah usaha.

Di Indonesia sendiri banyak sekali peluang usaha modal kecil yang bisa kami coba. Salah satunya seperti yang akan kami ulas dibawah ini.

7 Peluang Usaha Modal Kecil Di Tengah Pandemi Corona

Untungnya, ternyata ada beberapa Peluang Usaha dari Rumah dengan modal kecil dan cukup mudah dijalankan, namun memiliki potensi yang besar. Apa sajakah itu? Simak ulasannya di bawah ini.

1. Membuat Masker

Seperti yang kita tahu, pihak pemerintah dan badan kesehatan menekankan kepada semua warga untuk menerapkan physical distancing dalam upaya meminimalisir terpapar virus Corona. Salah satu upaya dalam pertahanan diri ialah selalu menggunakan masker.

Kebijakan tersebut mengakibatkan stok masker di dalam negeri menjadi menipis. Di sisi lain, banyak oknum yang memperjual-belikan masker dengan harga yang tidak masuk akal alias tidak terjangkau oleh semua orang.

Nah, dikarenakan banyaknya waktu luang selama di rumah aja, lebih baik kamu isi dengan membuka usaha bisnis kecil-kecilan, salah satunya ialah sebagai distributor penjual masker, baik secara keliling maupun online.

Namun, kamu juga harus memperhatikan jenis kain apa saja yang cocok untuk dijadikan masker. Pilihlah jenis kain yang bertekstur lembut dan lunak, misalnya seperti sarung bantal, bisa juga yang terbuat dari katun 100%.

2. YouTuber dan Blogger

Di era yang serba ini, pertukaran informasi berjalan sangat cepat tanpa hambatan. Kita bisa tahu apa yang terjadi di luar sana hanya dengan sekali klik. Hal ini tidak lepas dari pertumbuhan pengguna internet di tanah air yang sangat cepat.

Bila internet bisa menghabiskan kuota (uang) kita, itu artinya kita juga bisa mendapatkan uang dari internet. Nah, diantara banyak metode yang bisa kita gunakan, menjadi Blogger dan YouTuber adalah rekomendasi terbaik untuk pemula.

Meski tidak instan, butuh waktu serta perjuangan dan skill, namun keduanya bisa mendatangkan pundi-pundi uang yang tidak sedikit. Sumbernya pun banyak, mulai dari iklan, endorse, afiliasi dan lain sebagainya.

Modal yang diperlukan juga cukup terjangkau, kamu hanya memerlukan jaringan internet dan perangkat untuk mengakses, bisa menggunakan smartphone atau PC. Untuk tips dan tutorial lainnya yang berhubungan dengan ini, kamu bisa browsing di internet.

Menjadi seorang Blogger merupakan salah satu peluang usaha modal kecil yang dapat kamu coba. Kamu hanya bermodalkan sebuah smartphone sudah bisa membuat blog, namun hang gratis. Kamu bisa membaca Tutorial Cara membuat Blog gratis secara lengkap.

3. Catering Keliling

Pemerintah sempat menerapkan kebijakan untuk tidak boleh pulang kampung, dengan tujuan untuk memutuskan mata rantai Covid-19 ini. Sehingga, banyak dari para perantau seperti pelajar tetap stay di kosan / kontrakan mereka.

Kendati demikian, untuk memenuhi kebutuhan makanan, mereka lebih memilih untuk memesan baik secara online maupun catering. Nah, hal ini bisa kamu manfaatkan terlebih jika disekitarmu banyak terdapat anak kosan.

Kamu bisa mempraktekkan kemampuan memasak-mu bila ada, serta mengetes apakah banyak peminat atau tidak. Selain itu, juga akan menjadi personal branding untuk skill yang kamu miliki.

4. Dropshiper

Dropshiper adalah usaha di bidang online yang memperjual-belikan barang tanpa harus melakukan stok. Kamu hanya bertugas mempromosikan barang kepada calon pembeli melalui sosial media, marketplace dan website pribadi.

Setelah mendapat data orderan, lalu kamu memberi detailnya ke produsen, supplier, pengecer lain, atau grosir, kemudian baru mengirimkannya ke konsumen. Dari proses tersebut, kamu akan mendapatkan komisi.

Nah, menjadi Dropshiper adalah salah satu usaha pilihan di tengah Pandemi, dan juga memang sedang marak-maraknya digeluti. Modal awal yang diperlukan hanya jaringan internet dan perangkat untuk mengakses.

Salah satu produk yang tengah booming saat ini yakni persediaan Alat Pancing seperti joran, Essen, dan lainnya. Hal ini disebabkan karena memancing menjadi salah satu rutinitas penghilang rasa bosan di tengah pandemi ini.

5. Penulis rtikel

Di Indonesia, ada banyak sekali website portal berita yang berupaya menyuguhkan informasi secara cepat dan detail. Tentu saja, hal ini membuat mereka membutuhkan Freelancer yang bersedia memberi skill untuk ikut serta dalam menyediakan informasi.

Metode yang digunakan oleh mereka juga berbeda-beda, ada yang langsung membayar ketika artikel disetujui, ada pula yang menggunakan sistem poin. Kamu bisa menjadi kontributor di beberapa website sekaligus, untuk mendapatkan bayaran yang lebih besar.

Selain itu, kamu juga bisa membuat layanan sendiri dengan menawarkan jasa penulisan artikel secara online, dengan mempromosikannya ke media sosial ataupun website pribadi. Jangan lupa sertakan testimoni untuk meningkatkan kepercayaan calon konsumen.

6. Desain Grafis

Bisnis rumahan di tengah Pandemi Corona berikutnya yakni Desain Grafis. Beberapa tahun belakangan ini, trend bisnis yang satu ini melonjak tajam, hal ini tidak lepas dari perkembangan teknologi modern.

Pangsa Pasar Online semakin hari semakin luas. Perusahaan-perusahaan kecil maupun besar berlomba-lomba untuk menarik perhatian pelanggan menggunakan internet. Nah, salah satu daya tarik yang kuat ialah desain brand.

Untuk memulai menjadi desainer grafis, hal utama yang tentunya harus kamu kuasai adalah skill di bidang editing dan desain. Semakin baik karyamu, semakin mahal pula harganya.

Kamu juga bisa mempromosikan karya buatanmu melalui media sosial pribadi, website hingga YouTube untuk Memancing minat para calon pengguna jasa.

Beberapa opsi yang bisa dicoba diantaranya Desain gambar Tshirt, web / blog, animasi 3D, logo, kartu nama, banner iklan, dll.

7. Jual Pulsa dan Kuota Internet

Di kala Pandemi seperti ini, pulsa dan kuota internet sangat dibutuhkan. Dikarenakan tidak bisa pulang kampung, tentu kita akan lebih sering mengabari keluarga melalui smartphone, dan untuk bisa memanfaatkannya maka dibutuhkan pulsa.

Sedangkan untuk kuota internet, selain untuk browsing, juga berguna bagi mereka yang menjalankan program sekah atau kuliah secara online, agar proses pendidikan terus berlanjut. Di sisi lain, juga berfungsi bagi mereka yang suka bermain game dan menonton secara online.

Potensi penjualan pulsa dan kuota internet tercatat memang meningkat drastis dibanding sebelum Pandemi ini. Nah, kamu bisa memanfaatkannya sebagai ladang usaha kecil-kecilan yang optimal.

Nah, demikian beberapa rekomendasi Peluang usaha modal kecil dari rumah saat Pandemi COVID-19, yang bisa dimulai dengan modal kecil dengan potensi untung yang besar. Mari manfaatkan program #StayAtHome dengan kegiatan yang positif dan bermanfaat. Terima kasih.

Default image
Admin
Saya Suka Menulis dan Membagikan Ilmu yang saya Miliki.

Leave a Reply