Pengertian Digital Marketing beserta Jenisnya

portaljawa.com – Hai sobat kali ini kami akan memberikan informasi mengenai Digital Marketing serta Jenis – jenisnya. kalian sudah tahu pastinya ? atau bahkan baru mendengar.

Apa itu digital marketing? Pertanyaan ini biasanya akan muncul bila mendengar tentang digital markting untuk pertama kalinya dan diikuti dengan “berapa biayanya?” “apakah efektif dan bagaimana caranya?” “dampak terhadap usaha saya apa saja?”

Daftar Isi

Pengertian Digital Marketing

Digital marketing adalah aktivitas promosi untuk sebuah brand atau produk menggunakan media elektronik. Menjadi payung utama dari metode marketing di dunia digitalisasi.

Pada dasarnya segala aktivitas promosi menggunakan alat elektronik seperti dengan akun sosial mediamu sudah bisa dikatakan sebuah digital maketing.

Namun Digital Marketing tidaklah berhenti di situ, Promosi ini memiliki tahap-tahap yang lebih kompleks. Memerlukan strategi yang tepat agar hasil yang didapatkan optimal.

Baca Juga :  10 Kesalahan Strategi Digital Marketing Oleh Pemula (2020)

Promosi secara umum ada dua jenis, mulai dari paid marketing. Ataupun iklan berbayar yang meliputi display ads, search ads, email marketing. Serta yang tidak berbayar menggunakan metode optimasi secara organik atau SEO.

Jenis – Jenis Digital Marketing

Mari kita jabarkan kedua jenis digital marketing yang sudah disebutkan di atas:

Paid Marketing


Paid Marketing atau markting berbayar adalah metode marketing yang ditawarkan oleh pemilik media online. Baik itu media sosial dan blog untuk menuliskan sebuah sponsored post hingga portal berita pada slot-slot banner yang mereka miliki.

Adapun bentuk dari paid marketing ini ada beragam. Mulai dari search ads, display, affiliate, email marketing, affiliate marketing, social media marketing, content marketing.

Google dan Facebook pun menawarkan jasa ini. Bisa menjadi pilihan utama saat ini karena pengguna Google di Indonesia itu hampir 90% dari keseluruhan pengguna internet. Total pemilik akun Facebook di Indonesia berhasil menduduki posisi 10 besar.

Baca Juga :  10 Kesalahan Strategi Digital Marketing Oleh Pemula (2020)

Paid Marketing akan sangat berguna untuk promosi yang dilakukan dalam waktu singkat. Serta juga bisa membantu performa organic untuk memenangkan impression share dari sebuah keyword.

Bisa juga kalian beriklan melalui Jasa Pasang Iklan Google Adword, Jasa ini akan berdampak menaiknya rating atau website kalian. Bisa sebagai pendongkrak posisi website kamu di google search engine. Berikut ini merupakan Rekomendasi Jasa Pasang Iklan Google.

Organic/SEO


Cara marketing ini gratis dan tidak memerlukan uang untuk mendapatkan performa yang baik. Investasi yang diperlukan untuk organik/seo adalah waktu, karena seperti istilahnya organic pasti akan membutuhkan waktu untuk tumbuh dan memberikan hasil.

Paling tidak waktu yang diperlukan untuk mendapatkan hasil adalah 3-6 bulan.

Hal yang dilakukan adalah berfokus pada websitemu, pada halaman toko onlinemu di sebuah marketplace. Serta akun sosial mediamu dengan memasukan keyword yang relevan. Spesifik dengan produk atau brandmu agar dapat ditemukan dengan mudah di search engine.

Setelah memahami apa itu dan jenis-jenis dari digital marketing. kamu akan mampu untuk menentukan apakah akan menggunakannya atau tidak. Serta dengan metode apa yang akan digunakan untuk mempromosikan produk atau barangmu.

Baca Juga :  10 Kesalahan Strategi Digital Marketing Oleh Pemula (2020)

Namun, menjalankan keduanya secara bersamaan akan bisa membuatmu mendapatkan performa yang lebih optimal.

Kalau dari teman” sendiri lebih suka yang mana? Kita coba diskusi di sini yuk, siapa tahu bisa dapet insight dari sharing pengalamannya masing-masing menggunakan kedua metode tersebut.

Nah mungkin itulah sedikit informasi mengenai Pengertian Digital marketing serta jenis – jenis pemasaran. Semoga artikel berikut dapat bermanfaat untuk kalian semua. Silahkan tinggalkan komentar jika ada pertanyaan. Terimakasih sudah singgah.

Default image
Admin
Saya Suka Menulis dan Membagikan Ilmu yang saya Miliki.

Leave a Reply