Pengertian Sistem, Informasi, DFD dan Simbolnya

Portaljawa.com – Halo sobat portaljawa, hari ini kami akan membahas mengenai Analisa sistem informasi. Kenapa kami membahas ini, Ini merupakan Tugas kuliah yang diberikan oleh dosen. Nah dari pada mubazir kami cerna sendiri, Alangkah baiknya kami bagikan untuk kalian semua.

Mata kuliah ini ada pada semester 4 , Ini merupakan tugas yang kami terima selama Lockdown di rumah. Sebenarnya posisi saat ini sangatlah sulit untuk menerima ilmu dari dosen. Karena menurut kami pemberian tugas itu kurang efektif, Karena Materi tidak di sampaikan langsung oleh dosen.

Kami sebagai mahasiswa mungkin sedikit mengalami kesulitan pemahaman. Namun selama kita mempunyai internet dan perangkat , Informasi dan Ilmu bisa kita dapatkan dengan mudah.

Berikut ini merupakan Pertanyaan Quiz yang di berikan oleh dosen kepada Kami. Setidaknya ada beberapa jawaban yang kami kutip dari berbagai situs ternama.

Pengertian Sistem

Dalam suatu sistem terdapat beberapa subsistem – subsistem yang
saling bekerja sama satu dengan yang lainnya guna mendukung semua
kegiatan yang ada dalam perusahaan yang sifatnya rutin. Dengan
menjalankan suatu sistem yang benar, dan teratur sesuai dengan prosedur
yang berlaku, maka hal ini dapat membantu kelancaran semua kegiatan
yang dilakukan perusahaan sehingga tujuan perusahaan dapat tercapai.

Untuk mengenal sistem secara lebih baik dan benar, maka berikut ini pendapat pakar mengenai pengertian sistem :

 a. Menurut Raymond Mc Leod, Jr “ sistem adalah elemen – elemen yang terintegrasi dengan maksud yang sama untuk mencapai tujuan. Suatu organisasi seperti perusahaan atau satu area fungsional cocok dengan definisi ini ”.

Baca Juga :  Cara Menghapus File Sampah di Windows 7

b. Menurut Jogiyanto. H. M “ sistem adalah suatu jaringan kerja dari prosedur – prosedur yang saling berhubungan, berkumpul bersama – sama untuk melakukan suatu kegiatan atau untuk menyelesaikan suatu sasaran tertentu ”.

Dari pendapat pakar di atas, pengertian umum mengenai sistem dapat dirinci sebagai berikut :

a. Suatu sistem terdiri dari sekumpulan elemen – elemen.

b. Elemen – elemen saling bekerja sama untuk mencapai tujuan sistem.

c. Suatu elemen yang telah ada merupakan bagian dari sistem lain yang lebih besar. Jadi keberadaan suatu sistem dibentuk untuk menangani, mengatur serta mengkoordinasikan suatu kegiatan yang rutin terjadi.

Pengertian Informasi

Informasi adalah data yang telah diproses atau data yang memiliki arti. Informasi sesungguhnya berasal dari data yang kemudian diproses sehingga data tersebut memiliki arti bagi pemakianya.

Pengertian Sistem dan Informasi

Suatu sistem yang menyediakan informasi untuk manajemen dalam mengambil keputusan dan juga untuk menjalankan operasional perusahaan, di mana sistem tersebut merupakan kombinasi dari orang-orang, teknologi informasi dan prosedur-prosedur yang tergorganisasi.

Baca Juga : Pengertian Struktur Data Paling Lengkap

Perbedaan Data dan Informasi serta Berikan Contohnya

  • Data lebih cenderung ke penjelasan singkat atau suatu gagasan yang belum menjelaskan peristiwa atau hasil kegiatan, sehingga data tidak dapat digunakan untuk pengambilan keputusan. Sedangkan informasi adalah hasil pengolahan dari data yang dapat digunakan untuk pengambilan keputusan.
  • Data kadang kala tidak bisa digunakan ataupun diterima oleh akal pikiran sipenerima, sedangkan informasi dapat berguna dan dapat diterima oleh akal pikiran sipenerima.
  • Data bersifat teknis dan memiliki ruang lingkup yang lebih detail, sementara informasi menghasilkan penjelasan yang dapat digunakan untuk mengambil suatu keputusan. Misalnya, data penjualan merupakan suatu penjelasan yang masih bersifat mentah, sedangkan informasi penjualan per bulan akan digunakan oleh manajemen untuk mengambil sebuah keputusan.
Baca Juga :  Cara membuat Jaringan 4G sendiri di android Semua operator

Contoh Data :

  • Karyawan A hanya masuk 15 hari dalam satu bulan
  • Kecelakaan di jalan raya
  • Seorang marketing akan membuat sebuah laporan penjualan, kemudian melihat riwayat transaksi para costumer, maka riwayat transaksi ini merupakan data.
  • Persija menang

Contoh Informasi :

  • 75% dari penduduk Lampung cenderung memilih calon Presiden nomor urut 2
  • Selama sebulan ini karyawan A hanya masuk sebanyak 15 kali, ia melakukannya karena istrinya mengalami sakit dan harus keluar masuk rumah sakit dalam sebulan ini.
  • Telah terjadi kecelakaan mobil di Jalan Raya Lintas Barat siang tadi pukul 13:00, korban jiwa sebanyak 4 orang, yang merupakan satu keluarga dan meninggal ditempat.
  • Pertandingan sepakbola dalam Asian Games 2018 antara Indonesia dengan Hongkong pukul 16:30 tadi berakhir dengan skor 3 : 1 untuk kemenangan Indonesia.

Tugas Utama dari Menganalisa Sistem

  • Mempersiapkan gambaran kerja dalam sistem yang baru.
  • Menyusun prosedur untuk pengawasan kerja.
  • Menyusun Data Flow Diagram (DFD), Structured Analysis and Design Technique (SADT) dan FlowChart untuk melaksanakan perancangan pada sistem yang baru dengan lebih mendetail.
  • Merancang pola penagawan pada data yang bersifat sangat pentig.
  • Menjalankan penyusunan terhadap dokumen dan juga berbagai file agar dapat digunakan pada komputer agar sistem yang baru dibuat dapat berjalan dengan efektif dan lancar.
  • Menjalankan perancangan pada bentuk input ataupun outputnya agar lebih mudah dibaca dan dipahami pengguna.
  • Menyusun dokumentasi yang berkaitan dengan pekerjaan yang dilakukan sistem analis dalam merancang suatu sistem baru.

Pengertian DFD dan Sebutkan Simbol – simbolnya dan Jelaskan

Data Flow Diagram (DFD) merupakan suatu model yang dapat memberikan suatu tampilan secara visual, yang mana pada model tersebut dapat menggambarkan suatu aliran data maupun informasi pada sebuah sistem.

Simbol External Entity

External Entity atau biasa disebut juga dengan terminator adalah simbol yang bisa berupa suatu organisasi, orang, sekelompok orang, maupun perusahaan yang sama tetapi yang diluar kendali oleh sistem yang tengah dibuat modelnya.

Baca Juga :  IPhone XR 2 Akan Rilis Menjadi Iphone dengan Baterai Paling Awet

Simbol Process

Sebuah proses yaitu aktivitas maupun kerja yang akan dilakukan oleh mesin, komputer maupun orang dan nantinya akan menghasilkan sebuah arus data yang akan masuk ke dalam suatu proses untuk bisa dilakukan arus data yang akan keluar dari proses tersebut.

Simbol Data Store

Simbol diatas merupakan simbol dari Data Store. Data Store umumnya sangat berkaitan dengan storage atau penyimpanan , contohnya seperti database maupun file yang berkaitan dengan penyimpanan dengan komputerisasi. Dan Data Store juga sering diberikan nama yang sesuai dengan nama dari file penyimpanannya, contohnya yaitu seperti dosen, mahasiswa, matkul dan lain sebagainya.

Simbol Data Flow

Simbol diatas merupakan simbol dari Data Flow. Data Flow juga sering disebut dengan arus data, yang mana sering disimbolkan dengan tanda panah. Arus data tersebut juga mengalir diantara suatu proses, data store, dan juga terminator. Kegunaan arus data juga untuk menunjukkan suatu arus data yang bisa berupa masukkan untuk sebuah sistem maupun hasil dari suatu proses sebuah sistem.

Simbol Input atau Ouput

Simbolnya yaitu berbentuk jajar genjang seperti pada gambar diatas. Simbol tersebut juga meupakan representasi dari input maupun output yang terdapat pada Data Flow Diagram.

Demikianlah informasi pengertian DFD (Data Flow Diagram) beserta fungsi dan simbol-simbolnya. Semoga dengan artikel ini Anda dapat mengetahui lebih dalam mengenai fungsi dan simbol-simbol yang terdapat pada Data Flow Diagram.

Akhir kata kami ucapkan terimakasih sudah membaca dan mengunjungi artikel kami mengenai Pengertian Sistem, Informasi, DFD, dan Simbolnya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat baik untuk kalian semua.

Tinggalkan komentar