Pengertian UBKD Sebagai Pengganti UNBK secara Lengkap

Pengertian UBKD Sebagai Pengganti UNBK – Pemerintah telah resmi meniadakan UN ( Ujian Nasional ) dengan menggantinya dengan AKM ( Asesmen Kompetensi Minimal ). Pada tahun sebelumnya UN dilaksankan dengen metode UNBK ( Ujian Nasional Berbasis Komputer ). Sedangan untuk tahun ini diganti menjadi UBKD.

Apa Pengertian UBKD ?

UBKD merupakan singkatan dari Ujian Berbasis Komputer Dalam jaringan dimana proses pelaksanaanya dilakukan dengan sistem full online ( Daring ). UBKD adalah proses ujian mengerjakan soal dengan menggunakan komputer secara online sebagai pengganti UNBK. Soal yang dikerjakan dalam UBKD adalah bermodel AKM ( Asesment Kompetensi Minimal ).

Sehingga UBKD ini berbeda dari UNBK mulai dari segi teknis, Model Soal, Peserta dan masih banyak lagi perbedaan diantar keduanya. Jadi perlu diketahui bagi guru dan siswa mengenai pengertian UBKD.

Baca Juga : Kenali EF Adults Kursus Bahasa Inggris Profesional Terbaik dan Terpercaya

Baca Juga :  5 Bahan Campuran Beton Terbaik Agar Kuat Tahan Lama

Simulasi UBKD akan Dilaksanalan Bulan November

Berdasarkan informasi dari website UBKD bahwa pelaksanaan simulasi akan dilakukan pada akhir bulan November dan bulan Desember. Hal ini dimaksudkan untuk menguji coba dengan sistem baru yang ada pada UBKD. Berikut ini dafta tanggal pelaksanaan Simulasi UBKD tahun 2020.

NoJenjang SekolahTanggal Pelaksanaan SSB UBKD
1SMK / MAK17 November 2020
2SMA / MA24 November 2020
3SMP / MTs1 Desember 2020
4SD / MI8 Desember 2020

Menurut Tim Teknis UBKD pusat pelaksanan UBKD akan membutuhkan Bandwidth internet yang cukup lumayan besar. Rasio kebutuhan Bandwidth pada UBKD membutuhkan 20 Mbps per 50 Peserta Ujian.

UBKD membutuhkan Bandwidth yang cukup banyak karena semua clientnya terhubung dengan Internet dan semua full online. Client UBKD langsung terhubung ke Server pusat melalui INTERENT jadi koneksi memang harus maksimal dan stabil sesuai dengan pengertian UBKD diatas tadi.

Baca Juga :  5 Organ Pernapasan Manusia beserta Fungsinya bagi Tubuh

Jika demikian maka lembaga sekolah harus menambah bandwidth Internet ke masing – masing provider internetnya. Misalnya pada provider Indihome bisa melakukan negosiasi untuk menaikkan Bandwidth Internet ketika pelaksanaan saja untuk menghemat anggaran.

Mungkin hal tersebut dapat dilakukan karena Indihome merupakan perusahan Telkom yang termasuk BUMN. Sedangkan pelaksanaan UBKD adalah Agenda Negara yang wajib didukung untuk keberhasilan pelaksanaanya.

Kesimpulan

Berdasarkan pembahasan diatas bahwa terdapat perbedaan yang sangat kontras antara UNBK dengan UBKD. Dari segi pengertian UBKD dan UNBK sudah berbeda, apalgi dari sistem pelaksanaan dan teknis pelaksanaan UBKD.

Untuk mengetahui lebih dalam lagi tentang UBKD dan UNBK bisa mengnjungi link berikut : Perbedaan UNBK dengan UBKD yang wajib DIketahui .

Baiklah demikian informasi tentang Pengertian UBKD Sebagai Penganti UNBK. Semoga bermanfaat bagi pembaca semuanya. Terima Kasih.

Tinggalkan komentar