Penyakit Jantung Koroner : Pengertian, Gejala, & Penyebab (2021)

Penyakit Jantung Koroner – Jantung merupakan salah satu organ tubuh manusia yang perannya sangatlah vital. Jantung sendiri berfungsi untuk mempompa darah mengalir ke seluruh tubuh manusia.

Jantung manusia akan selalu memompa darah dari ujung kepala hingga ujung kaki selama hidup kalian.

Namun apakah kamu memiliki jantung yang sehat ? Lalu apakah kamu mengerti mengenai penyakit atau kelainan yang bakal jantung mu alami. Lalu Apa itu Penyakit Jantung koroner ?

Nah pada kesempatan ini, Kami akan memberikan informasi seputar Jantung Koroner.

Apa Itu Penyakit Jantung Koroner ?

Penyakit jantung koroner merupakan kondisi ketika pembuluh darah utama, yang memberi pasokan darah, oksigen, serta nutrisi untuk jantung menjadi rusak.

Kondisi seperti ini biasanya di sebabkan oleh plak kolesterol dan peradangan di pembuluh darah.

Penjelasan lain, Penyakit jantung koroner ialah penyakit yang terjadi akibat terhambatnya suplai otot jantung dengan darah kaya oksigen akibat adanya plak di pembuluh darah jantung atau arteri koroner.

Semakin besar plaknya maka pembuluh arteri jantungnya menyempit, sehingga suplai darah semakin berkurang. Jika terjadi penyumbatan pada aliran darah di arteri koroner, kondisi ini bisa menyebabkan serangan jantung.

Hal itu menyebabkan kinerja jantung mengalami penurunan hingga terjadinya jantung koroner.

Beberapa gejala penyakit ini bisa kamu ketahui setelah membaca secara keseluruhan postingan ini.

Gejala Penyakit Jantung Koroner

Biasanya sebelum ketahuan dan pasti dinyatakan bahwa penderita mengidap jantung koroner, terdapat gejala – gejala antara lain ;

  • Nyeri pada dada atau ketidaknyamanan di area dada. Nyeri ini dapat menyebar ke leher, rahang, bahu, tangan kiri, punggung, dan perut bagian kiri (sering dianggap sebagai maag). Nyeri ini ringan sampai berat.
  • Nyeri di sekitar dada ini disebut “angina” dan dapat berlangsung selama beberapa menit. Jika plak tidak sepenuhnya menyumbat arteri koroner, angina akan mereda dengan sendirinya. Jika angina terus berlanjut, segera bawa diri Anda ke dokter.
  • Berkeringat dingin, mual, muntah, dan mudah lelah.
    Aritmia jantung (aritmia) dapat menyebabkan serangan jantung mendadak, yang jika tidak ditangani dengan cepat, dapat berakibat fatal.

Setelah terjadinya gejala, pasti akan timbul sebab atau penyebabnya apa ya ? Biasanya ini sering menjadi pertanyaan.

Analisa Penyebab Penyakit Jantung Koroner

Ada beberapa penyebab penyakit jantung koroner. Namun, penelitian menunjukkan bahwa tekanan darah tinggi, kolesterol dan trigliserida tinggi, diabetes, obesitas, kebiasaan merokok, dan vaskulitis adalah faktor utama yang merusak dinding arteri dan menyebabkan penyakit arteri koroner.

Saat arteri rusak, plak akan menempel di arteri dengan mudah dan bertahap. Penyempitan pembuluh darah menghalangi aliran darah yang membawa oksigen ke jantung. Jika plak ini pecah, trombosit akan menempel pada luka di arteri dan membentuk gumpalan darah yang menghalangi arteri. Ini bisa memperburuk angina.

Tahap Pengobatan Jantung Koroner

Beberapa obat yang digunakan untuk mengobati penyakit jantung koroner meliputi:

  • Obat penurun kolesterol, termasuk statin, niasin, dan fibrat. Obat-obatan ini membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah, sehingga mengurangi jumlah lemak yang menempel pada pembuluh darah.
  • Aspirin: Obat ini atau pengencer darah lainnya membantu melarutkan darah yang tersumbat dan mencegah risiko stroke atau infark miokard. Namun, dalam beberapa kasus, aspirin mungkin bukan pilihan yang baik. Beritahu dokter Anda jika keluarga atau kerabat Anda mengalami gangguan pembekuan darah.
  • Beta blocker: Obat ini menurunkan tekanan darah dan mencegah risiko infark miokard.
  • Penghambat nitrogliserin dan angiotensin converting enzyme (ACE): Obat-obatan ini dapat membantu mencegah risiko infark miokard

Metode Operasi :

  • Pemberian stent untuk memperlebar arteri koroner yang menyempit.
  • Operasi bypass arteri koroner adalah pengobatan yang paling umum untuk penyakit jantung koroner. Dokter juga dapat melakukan kateter jika diperlukan.

Sebenarnya jantung koroner bisa kita cegah dengan melakukan pola hidup yang sehat. Dengan menerapkan pola hidup seperti ini dijamin jantung akan tetap sehat dan tidak khawatir akan terjadi penurunan alias terjangkit koroner.

Lalu Pola Hidup sehat seperti apa yang di anjurkan oleh Dokter agar tubuh tetap fit dan sehat jasmani.

Nah dibawah ini sudah dirangkum beberapa hal yang bisa kamu gunakan sebagai tameng agar kesehatan jantungmu tidak mudah di rusak oleh penyakit.

  1. Menerapkan pola makan sehat. …
  2. Hindari kebiasaan merokok. …
  3. Rutin berolahraga. …
  4. Menjaga berat badan ideal. …
  5. Menjaga tekanan darah tetap normal. …
  6. Mengendalikan kadar gula darah normal. …
  7. Mengurangi konsumsi alkohol. …
  8. Mengonsumsi obat-obat yang diresepkan oleh dokter.

Pola seperti itu akan membawa kenyamanan dan kebahagiaan. Selain tubuh terasa sehat pola hidup seperti itu juga bisa menghindarkan kita dari berbagai macam penyakit lainnya.

Semoga bermanfaat, Sekian artikel mengenai Apa itu penyakit jantung koroner. Jangan lupa bagikan kepada sanak saudara mu jika postingan ini memberikan dampak manfaat yang baik.

Tinggalkan komentar